Donasi masyarakat melalui rekening Giropos dan Transfer Bank cq Pos Peduli Gempa Lombok sd tgl 31 Agustus 2018 jam 17.16 WIB berjumlah : Rp. 2.056.472.847,-

Sinergi Pos Indonesia – Mandiri Perluas Layanan Top Up e-money

Jakarta, 9 Januari 2019  – Bank Mandiri bersinergi dengan PT Pos Indonesia (Persero) memperluas layanan top up Mandiri e-money untuk mengakselerasi gerakan nasional non-tunai. Peresmian kerjasama layanan ini dilakukan oleh Direktur Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Eddy Santosa dan SEVP Consumer and Transaction Bank Mandiri Jasmin, di Kantor Pos Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Dengan kerjasama ini, Bank Mandiri secara bertahap akan menempatkan mesin pembaca (reader) e-money di loket-loket Kantor Pos di seluruh Indonesia. Rencananya, layanan top up e-money ini akan dapat dinikmati pada 3.000 loket Kantor Pos.

“Melalui kerjasama ini, pengguna layanan pos yang merupakan pemegang mandiri e-money akan dapat melakukan transaksi top up secara tunai di jaringan loket Kantor Pos. Harapan kami, langkah ini dapat semakin mensosialisasikan penggunaan uang elektronik ke berbagai lapisan masyarakat, termasuk para pengguna jasa Kantor Pos,” kata Jasmin.

Menurut Jasmin, sinergi ini sangat strategis karena akan mengoptimalisasi jaringan loket Kantor Pos yang saat ini telah melayani berbagai jenis transaksi pembayaran dan pembelian seperti tagihan utilitas, pembelian tiket dll.

“Ke depan, kami akan terus mengeksplorasi potensi kerjasama dengan korporasi yang memiliki jaringan bisnis atau value chain untuk semakin membudayakan cara pembayaran non tunai di masyarakat,” katanya.

Jasmin menambahkan, saat ini penetrasi mandiri e-money ke masyarakat sangat baik. Hingga Desember 2018, perseroan telah menerbitkan sebanyak 16,4 juta kartu dengan akseptansi mandiri e-money di lebih dari 45 ribu merchant dan 60 ribu lokasi top up.

Dari jumlah tersebut, frekuensi transaksi Mandiri e-money pada Januari-Desember 2018 telah mencapai 1,1 Milyar dengan nominal transaksi Rp 13,4 triliun. Frekuensi transaksi terbesar terjadi di sektor transportasi yang mencapai 94%, terutama jalan tol seperti ruas tol Trans Jawa, tol Bali Mandara, ruas tol Medan-Kualanamu serta ruas tol Ujungpandang Seksi 1 dan 2.

Sementara itu Direktur Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Eddi Santosa menjelaskan, bahwa keberadaan outlet Pos Indonesia yang saat ini berjumlah lebih dari 4.800 (operated by own) dan 24.500 titik layanan dan agen Pos yang terkoneksi secara real time online, terus ditingkatkan peran dan fungsinya dalam melayani kebutuhan masyarakat khususnya dalam bidang pengiriman barang, pengiriman uang dan pembayaran.

Salah satu upaya peningkatan utilitas outlet Pos adalah melalui penambahan fitur layanan.  Dengan semakin lengkapnya layanan pengiriman barang, pengiriman uang dan berbagai pembayaran maka masyarakat akan lebih mudah melakukan berbagai transaksi (one stop service). Jasa Keuangan Pos Indonesia melayani pengiriman uang baik cash2cash, cash2account, giropos, penerimaan setoran, tabungan, pendistribusian dana dan berbagai pembayaran biller.

Kami terkoneksi ke lebih dari 420 biller dengan jumlah transaksi sebanyak 180 juta transaksi selama tahun 2018. Kerjasama dengan Bank Mandiri dalam top up Mandiri e-money ini akan memudahkan masyarakat dalam melakukan top up dan transaksi secara non tunai. Kedepan akan terus dikembangkan kerjasama khususnya dalam rangka mendukung penggunaan uang elektronik ke berbagai lapisan masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan antusiasme pemegang mandiri e-money untuk melakukan top up terhitung mulai 09 Januari 2019 sampai dengan 31 Januari 2019, untuk transaksi top up mandiri e-money yang dilakukan di loket Kantor Pos tidak dikenakan biaya administrasi.

 

Penyesuaian Tarif Pos Indonesia

PENGUMUMAN
Diinformasikan bahwa mulai 1 Januari 2019, Pos Indonesia akan melakukan penyesuaian tarif untuk kategori layanan sebagai berikut:
1. Express Mail Service
2. Pos Ekspor
3. Paketpos Cepat Internasional
4. Tercatat (R) Internasional

Kami telah melakukan segala upaya untuk menghindari penyesuaian tarif layanan. Namun demikian penyesuaian tarif ini adalah sesuatu yang harus kami lakukan untuk memastikan kualitas layanan yang tinggi bagi pelanggan kami.

Kami mengupayakan penyesuaian tarif tetap terjangkau oleh masyarakat di tengah meningkatnya biaya operasi.

Terima kasih atas kepercayaan Anda menggunakan layanan Pos Indonesia.


ANNOUNCEMENT
Please be informed that effective January 1, 2019, Pos Indonesia will make tariff adjustments for the service categories as follows:
1. Express Mail Service
2. Export Post
3. International Fast Package
4. International Recorded (R)

We have made every effort to avoid tariff adjustments. However, this adjustment is something we had to undertake in order to maintain the high quality of service to our customers.

Be assured that we have kept the adjusment as low as possible amidst the rising operating costs.

Thank you for your continuous trust and support.

 

Pos Indonesia Gelar Upacara Hari Bela Negara

Pos Indonesia melaksanakan upacara Hari Bela Negara di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Jalan Cilaki No 73 Bandung (19/12). SVP Sumber Daya Manusia Ali Fahmi bertindak sebagai Pembina pada upacara yang diikuti oleh seluruh karyawan di lingkungan Kantor Pusat tersebut.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pembina upacara, Presiden Republik Indonesia menyampaikan “Hari Bela Negara ini dicanangkan untuk menghormati dan mengajak semua warga negara untuk membela negara melebihi panggilan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, bela negara tidak bisa hanya dilakukan dengan kekuatan fisik dan senjata semata, namun harus dilakukan melalui beragam upaya dan profesi”.

Hari Bela Negara diperingati tiap 19 Desember untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia oleh Sjafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

 

Penandatanganan MoU Kolaborasi Pembentukan Pusat Logistik Berikat e-Commerce

Jakarta, 12 Desember 2018 – Pada hari Rabu, 12 Desember 2018, Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi W. Setijono, telah menandatangani Nota Kesepahaman Kolaborasi Pusat Logistik Berikat e-Commerce atau PLB e-Commerce dengan PT Angkasa Pura II (Persero), PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Ampat Yasa Intermoda, PT Hike Inovasi Total, dan PT Pindad Internasional Logistic.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Direktur Jenderal Bea dan Cukai sebagai perpanjangan tangan Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan yang menjalankan fungsi di bidang kepabeanan dan cukai.

PLB e-Commerce yang akan dibangun bersama ini merupakan bentuk pengejawantahan Peraturan Presiden No.74 Tahun 2017 tentang Peta Jalan Sistem Perdagangan Nasional Berbasis Elektronik (Road Map e-Commerce) 2017-2019, dalam hal ini khususnya pada Pasal 21, Pos diarahkan untuk dapat berperan sebagai backbone e-Commerce Logistik Nasional. Selain itu dilatarbelakangi oleh terbitnya Peraturan Menteri Keuangan No.28/PMK.04/2018 tentang Pusat Logistik Berikat (G2) yang di Launching oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 27 Maret 2018. Adapun maksud dan tujuan Pusat Logistik Berikat adalah untuk supporting industry, economy digital, ketahanan nasional, distribusi dan hub logistic, IKM.

Pusat Logistik Berikat (PLB) adalah salah satu kebijakan pemerintah yang revolusioner dan tercantum dalam Kebijakan Ekonomi Volume II yang diterbitkan oleh Presiden Indonesia dengan harapan dapat mengurangi biaya logistik dan transportasi, serta mendukung pertumbuhan industri – industri domestik, termasuk kelas kecil dan menengah, meningkatkan investasi asing dan lokal serta dapat membantu membina Indonesia sebagai pusat logistik di kawasan Asia Pasifik.

PLB e-Commerce merupakan gudang logistik multi fungsi dilengkapi Platform e-Commerce yang digunakan oleh importir dan eksportir untuk menyimpan barang-barang e-Commerce yang berasal dari luar wilayah pabean Indonesia dan/atau dari tempat lain di wilayan pabean Indonesia, dengan fasilitas seperti:
•    Fleksibilitas Jenis Barang Inbound & Outbound.
•    Fleksibilitas Kepemilikan.
•    Fleksibilitas Kegiatan Sederhana.
•    Fleksibilitas Jangka Waktu Penyimpanan.
•    Fasilitas Fiskal.
•    Penyimpanan yang Dikelola Sendiri.
•    Penyelesaian Barang Impor Sementara.

Bagi PT Pos Indonesia (Persero), kolaborasi yang dilakukan dengan BUMN, anak usaha BUMN, serta Pihak Swasta ini adalah untuk menunjang kebijakan dan program pemerintah atas kelancaran ekspor dan impor, mendukung pertumbuhan IKM dan UMKM untuk Go-Internasional, menjadi Gateway atas masuk dan keluarnya arus barang dan transaksi perdagangan yang berbasis digital, memperkuat pengembangan bisnis usaha pos dari hulu ke hilir, khususnya kiriman e-Commerce.

Yang terpenting dari kolaborasi ini adalah masing-masing Pihak dapat tumbuh dan maju bersama memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia dalam menghadapi era digitalisasi dan perdagangan bebas.

 

 

Pos Indonesia Jalin Kerja Sama Dengan Pertamina

Bertempat di Gedung Kementerian BUMN, Senin 26 November 2018 telah dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PT Pos Indonesia (Persero) dgn PT Pertamina (Persero) yg ditanda tangani oleh Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus dan Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas’ud Khamid. Penandatangan disaksikan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Direktur Utama Pos Indonesia Gilarsi W. Setijono dan Dirut Pertamina Nicke Widyawati.

Perjanjian kerja sama yang berintikan pemanfaatan potensi masing-masing pihak tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi ikut menunjang program pemerintah dan pembangunan nasional disamping membawa manfaat lebih bagi kedua BUMN.

Ikut mendukung slogan BUMN Hadir Untuk Negeri, pada kesempatan tersebut dilakukan pula beberapa kesepakatan antara PT Pertamina (Persero) dengan BUMN lainnya yaitu PT Jasa Marga (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Pos Indonesia (Persero) sendiri sebagai wujud nyata Sinergi BUMN.

 

 

Informasi Kiriman Pos Indonesia

Pos Indonesia turut prihatin atas terjadinya bencana alam di beberapa daerah di Indonesia. Kami tetap berupaya menjaga komitmen untuk menyampaikan kiriman anda agar tetap aman dan tepat waktu.

Terima kasih untuk tetap setia mengunakan layanan Pos Indonesia.

Berikut informasi tentang kiriman Pos Indonesia di wilayah bencana :

(07/11) Wilayah Mandailing Natal dan sekitarnya Propvinsi Sumatera Utara
(07/11) Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat

 

Pos Indonesia Raih Indonesia Digital Populer Brand Award 2018

Jakarta, 2 November 2018. Bertempat di Ballroom A Shangri -La Hotel Jakarta. Pos Indonesia mendapat Penghargaan Indonesia Digital Populer Brand Award (IDPBA) tahun 2018 untuk kategori Jasa Pengiriman Uang Non Bank.

Penghargaan diterima oleh Kepala Sentral Giro dan Layanan Keuangan PT. Pos Indonesia (Persero) Ringgo Latupeirissa.

Penghargaan Indonesia Digital Populer Brand Award (IDPBA) merupakan penghargaan digital yang diselenggarakan oleh Infobrand.id.

 

 

Pos Indonesia Luncurkan Sampul Peringatan TNI Mandalika International Marathon 2018

Lombok, NTB (4/11). Pos Indonesia hadir pada puncak acara peringatan HUT TNI ke-73 yang berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang dibuka oleh Panglima TNI  Marsekal  Hadi Tjahjanto, S.I.P.  Kehadiran Pos Indonesia ditandai dengan diluncurkannya Sampul Peringatan dan Prangko Prisma seri TNI Mandalika International Marathon 2018.

Dalam sambutannya Panglima TNI mengatakan acara ini digelar  untuk memberitahukan kepada masyarakat Indonesia dan Internasional bahwa Lombok akan segera berbenah dan pulih pasca dilanda bencana gempa bumi yang telah meluluhlantakkan seluruh infrastruktur beberapa waktu yang lalu.

Pada acara ini Sampul Peringatan dan Prangko Prisma seri TNI Mandalika International Marathon 2018 ditandatangani bersama oleh Panglima TNI dan Dirut PT Pos Indonesia (Persero) yang diwakili oleh Direktur Hubungan Strategis dan Kelembagaan Noer Fajrieansyah.

Noer Fajrieansyah mengatakan merupakan suatu kehormatan bagi Pos Indonesia untuk berpartisipasi pada acara tersebut.“Pos Indonesia telah lama menjalin kerjasama strategis dengan TNI dan  kegiatan ini merupakan implementasi BUMN Hadir untuk Negeri dimana Pos Indonesia terus mendukung upaya-upaya pemulihan Lombok untuk kembali bangkit dan dapat menatap masa depan dengan positif”,  ungkapnya.

Sampul Peringatan adalah salah satu produk Filateli PT Pos Indonesia (Persero) yang diterbitkan pada acara peringatan suatu peristiwa atau momen istimewa. Sampul ini diterbitkan bersamaan dengan Prangko Peringatan yang memuat gambar yang sama. Kedua produk ini dapat digunakan dalam berbagai event baik untuk pribadi maupun institusi.

Sampul Peringatan dan Prangko Prisma seri TNI Mandalika International Marathon 2018 diterbitkan  terbatas sebanyak 200  lembar.4 (empat) pasang Sampul Peringatan yang telah ditandatangani pada acara ini akan menjadi dokumentasi di   Mabes TNI Cikangkap Jakarta Timur,  Kementerian Kominfo, Museum Pos  Indonesia di TMII, dan  Museum Pos Indonesia di Bandung.

 

Pos Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Asuransi Jasa Indonesia

Perjanjian Kerjasama antara PT Pos Indonesia (Persero) dgn PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) tentang Asuransi Kiriman Kurir dan Logistik ditandatangani di Jakarta, Rabu (31/10).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus dan Direktur Operasi Ritel PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Sahata L.Tobing.

Kerjasama Asuransi Kiriman Kurir dan Logistik meliputi :

  1. Asuransi Pengiriman Kurir dan Logistik Ritel
  2. Asuransi Pengiriman Logistik Proyek
  3. Asuransi Pengiriman E-Commerce
  4. Asuransi Pengiriman Valuable Goods Khusus Logam Mulia

 

Penandatanganan MoU Pos Indonesia Dengan ASDP Indonesia Ferry

Pada Hari Rabu tanggal 31 Oktober 2018 bertempat Kantor PT ASDP Indonesia Ferry telah dilaksanakan Penandatandatangan MOU antara PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dengan PT Pos Indonesia (Persero) yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ibu Ira Puspadewi dan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Bapak Gilarsi W. Setijono.

Adapun ruang lingkup kerjasama adalah Rencana kerjasama untuk pemanfaatan potensi masing-masing pihak :

  1. Pemanfaatan layanan jasa yang dikelola oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)
  2. Pemanfaatan layanan jasa yang dikelola oleh PT Pos Indonesia (Persero) meliputi:
    a.    Layanan Pengiriman Surat, Paket dan Logistik
    b.    Layanan Jasa Keuangan (Pembayaran Tiket Penumpang ASDP melalui Layanan PosPay)
    c.    Aset dan Properti
  3. Kerja  sama  di bidang lainnya yang   dapat    dikembangkan    secara     sinergis   yang menguntungkan bagi  PARA PIHAK di kemudian hari.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) saat ini mengelola 221 lintasan penyebrangan, 151 Kapal Penyebrangan (ferry), 35 Pelabuhan dan mempunyai 29 Kantor Cabang di seluruh Wilayah Indonesia

PT Pos Indonesia (Persero) mempunyai 4.135 Kantorpos dan 16.000 Agenpos yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia

Direktur Utama  PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa pelabuhan dan angkutan penyeberangan di seluruh wilayah perairan Negara Kesatuan Republik Indonesia menyambut baik MOU dengan PT Pos Indonesia (Persero) sebagai bentuk Sinergi BUMN. Kerjasama akan sangat membantu PT ASDP dalam ,memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan mengembangkan penjualan tiket secara online melalui e-ticketing, diharapkan dalam waktu dekat pembelian Tiket Penyebrangan dapat dilakukan di Loket Kantorpos.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara yang bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program Pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya sangat antusias menyambut kerjasama ini.. PT ASDP dan PT Pos Indonesia adalah sama-sama BUMN yang mempunyai kewajiban membangun Negeri dan berkonstribusi langsung untuk meningkatkan GDP (Gross Domestic Product)  Negara Indonesia. PT  PT Pos Indonesia (Persero) yang berdiri tahun sejak 1746 yang punya motto “connecting people”  sangat selaras dengan dengan motto ASDP yaitu “connecting islands” hal ini sangat cocok untuk berkolaborasi dan saling melengkapi dengan memanfaatkan potensi masing-masing pihak.

 

PT Pos Indonesia (Persero)

PT Pos Indonesia (Persero)