Distribusi Kiriman Bantuan Bencana Lombok

Berkenaan dengan penghentian fasilitas pengiriman gratis kiriman bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, disampaikan penjelasan sebagai berikut :

1.    PT. Pos Indonesia (Persero) menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas antusiasme masyarakat menggunakan fasilitas pengiriman gratis untuk mengirimkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok.

2.    Fasilitas pengiriman gratis untuk mengirimkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, merupakan program kepedulian PT Pos Indonesia (Persero) dalam membantu dan memudahkan masyarakat menyalurkan kiriman bantuan. Penyerahan bantuan yang dikirimkan melalui fasilitas pengiriman gratis ini dapat kami pastikan tidak akan diklaim sebagai program bantuan PT Pos Indonesia (Persero). Bagi masyarakat yang ingin mengetahui status penyerahan kiriman, dapat menggunakan fasilitas jejak lacak dengan memasukkan nomor kiriman yang tertera pada resi pengiriman, dan mengakses www.posindonesia.co.id

3.   Fasilitas pengiriman gratis untuk mengirimkan bantuan bagi korban bencana gempa bumi di Pulau Lombok, semula direncanakan akan ditutup tanggal 31 Agustus 2018 namun dimajukan penutupannya dengan pertimbangan sebagai berikut:

a. Tingginya antusiasme masyarakat untuk mengirimkan bantuan, yang hanya dalam waktu 8 hari volume kiriman diterima telah melebihi kapasitas (tenaga dan ruang simpan) yang tersedia, sehingga untuk menghindari keterlambatan proses penyaluran maka dengan berat hati batas waktu pengiriman gratis dimajukan menjadi tanggal 16 Agustus 2018.

b. Sampai dengan tanggal 16 Agustus 2018, volume kiriman bantuan yang tiba di Kantor Pos Mataram, telah mencapai lebih dari 1.000 ton atau lebih dari 100.000 koli. Disamping itu saat ini masih terdapat penumpukan ratusan ton dan ribuan koli di beberapa kota, menunggu untuk diberangkatkan ke Mataram.

c. Membludaknya kiriman yang menggunakan fasilitas gratis ini, disamping karena semangat masyarakat yang tinggi untuk saling membantu, namun juga didapati penyalahgunaan fasilitas tersebut untuk mengirim bantuan yang ditujukan kepada pribadi-pribadi maupun untuk tujuan komersial, sehingga akhirnya dengan berat hati kami menyalurkan distribusi kiriman yang diterima melalui BPBD Provinsi NTB.

d. Mengingat keterbatasan fasilitas dan relawan yang ada, sehingga untuk menghindari penumpukan kiriman dan keterlambatan proses distribusi, maka PT Pos Indonesia (Persero) cq Kantor Pos Mataram dan Kantor Pos Selong dijadikan sebagai Posko Peduli Gempa, yang penyalurannya bekerjasama dengan BPBD Provinsi NTB.

4.     Kiriman bantuan yang sudah diterima akan diperlakukan sebagai berikut :

a. Untuk kiriman dengan alamat “Posko Peduli Gempa cq Kantor Pos Mataram atau Kantor Pos Selong” akan diserahkan ke BPBD Provinsi NTB

b. Untuk kiriman yang sudah terlanjur menggunakan alamat pribadi dan disertai dengan nomor telepon, maka penerima akan dihubungi untuk mengambil kiriman dimaksud ke kantorpos dengan menunjukkan identitas diri.

c. Untuk kiriman yang alamatnya tidak sesuai dengan butir a dan b di atas, akan diupayakan penyerahannya semaksimal mungkin disesuaikan dengan kondisi lapangan yang ada.

5.   Untuk donasi dalam bentuk uang masih dapat diterima sampai tanggal 31 Agustus 2018.

Segenap jajaran PT Pos Indonesia (Persero) berkomitmen untuk mendistribusikan bantuan korban bencana dengan sebaik-baiknya. Terima kasih.

FAQ Pos Peduli Korban Bencana Alam Gempa Bumi di Pulau Lombok

Pos Indonesia Peduli Korban Bencana Gempa Bumi Pulau Lombok

 

 





Upacara Bendera Memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia

Kerja Kita Prestasi Bangsa

Bandung, 17 Agustus 2018 – Memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) menyelenggarakan upacara bendera bertempat di Gedung Kantor Pusat PT. Pos Indonesia (Persero) Jl. Cilaki No.73 Bandung.

Upacara diikuti seluruh Direktorat yang ada di Kantor Pusat, Anak Perusahaan dan Badan Afiliasi Perusahaan. Hadir juga dalam kesempatan upacara tersebut para Pensiunan Pos Indonesia dan Veteran Perjuangan Kemerdekaan yang tergabung dalam KVK Postel LVRI. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Direktur Sumber Daya Manusia, Agus F Handoyo.

Upacara Bendera Memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia bertempat di Kantor Pusat PT Pos Indonesia Jalan Cilaki No.73 Bandung

Tepat pukul 07.00 WIB Upacara Bendera dimulai, dengan Tema “Kerja Kita Prestasi Bangsa”. Didahului dengan menaikkan Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera diiringi Korp Musik Nawala Pos Indonesia.

Dalam sambutan Direktur Utama yang dibacakan oleh Pembina Upacara Direktur Sumber Daya Manusia Agus F Handoyo, “Hari Kemerdekaan ini diperingati sebagai momentum perjuangan ‘Heroik’ dari para pendahulu negeri ini”. “Wajib bagi kita untuk memanjatkan doa dan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah menjaga Negara dan Bangsa ini sampai dengan perjalanan kemerdekaan ke-73”.

Dalam sambutan lainnya, mengutip bagaimana perjuangan seorang Muhammad Zohri yang menjadi juara lari Dunia 100 meter pada tanggal 11 Juli 2018 di Tampere – Finlandia. Di tengah keterbatasan yang dimiliki, Zohri bisa dijadikan sebagai figure bagi seluruh Insan Pos dimanapun berada, untuk memberikan perjuangan yang sama. Sehingga dapat memberikan prestasi bagi bangsa melalui kemajuan perusahaan tercinta, perusahaan yang menjadi ladang hidup dan mencari nafkah bagi seluruh keluarga Pos Indonesia.

Selesai upacara diadakan acara ramah tamah dengan para pensiunan dan juga anggota KVK Postel LVRI yang hadir dalam upacara tersebut.

 

 





Apresiasi Pelanggan Pos Indonesia & Western Union Bagikan Hadiah Gebyar Ramadhan 2018

Bandung, 11 Agustus 2018 – Kemitraan antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan Western Union (WU) di bidang pengiriman uang dari dan ke luar negeri sudah terjalin lebih dari 14 tahun. Dari waktu ke waktu kedua belah pihak secara bersama-sama terus berupaya meningkatkan kualitas dan kinerja layanan.

Dari dua jenis layanan WU yang tersedia yakni Layanan Pencairan (incoming) dan Layanan Pengiriman uang (outgoing), Layanan Pencairan (incoming) lebih dominan karena banyaknya Tenaga Kerja Indonesia yang berkerja di luar negeri yang membutuhkan layanan ini untuk mengirimkan uang kepada sanak saudara mereka di Indonesia. Layanan WU melalui Pos Indonesia dinilai cukup memuaskan pelanggan, sehingga banyak kiriman uang Wester Union dari luar negeri dicairkan di Kantorpos.

Selain cepat, layanan pengirman uang kerja sama antara Pos dengan WU memiiki keunggulan, antara lain :

  • Dilayani lebih dari 5.000 Kantorpos di seluruh Indonesia
  • Menjangkau 200 negara dan 170.000 agen WU di luar negeri.
  • Aman
  • Tidak perlu memiliki nomor rekening Bank
  • Tidak ada batasan jumlah minimal uang yang dikirim
  • Biaya pengiriman terjangkau

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang masih setia mencairkan kiriman WU di Kantorpos, Pos Indonesia bersama WU pada tahun 2018 mengadakan program Gebyar Ramadhan 2018”, sebuah program yang memungkinkan pelanggan memenangkan hadiah undian dengan berbagai hadiah menari anatara lain : sepeda Motor, Kulkas dan TV dll. Pengundian Gebyar Ramadhan 2018 telah dilakukan di Graha Pos Indonesia Bandung (8/8) oleh Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Ihwan Sutardiyanta serta disaksikan oleh Notaris, Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Dinas Sosial Kota Bandung dan Kepolisian.

Sehubungan dengan itu, diharapkan dengan adanya program Gebyar Ramadhan tahun 2018 tersebut dapat meningkatkan kinerja layanan WU di  Pos Indonesia.

Terkait layanan pencairan kiriman uang dari Luar Negeri di Kantorpos, selain layanan WU juga di Kantorpos terdapat layanan serupa yaitu :

  • Wp Instan BNI
  • Wp Instan BCA
  • Wp Instan Arsema Moneygram
  • Wp Instan Transfast
  • Wp Instan Ebays
  • Wp Instan CIMB Niaga
  • International Money Order (IEMO) Post Malaysia

Diharapkan, bila mempertimbangkan berbagai aspek : biaya kirim, kurs beli bank penerima, lead time, kemudahan, urgency-nya dan keamanan, maka transaksi kiriman uang dari/ke Luar Negeri terutama layanan WU melalui Kantorpos bisa menjadikan pilihan yang reasonable dan dapat diandalkan. Terutama bila Pengirim menginginkan uang yang dikirimkannya dapat langsung dicairkan secara tunai (Cash).

 

Daftar Nama Pemenang Gebyar Ramadhan 2018

 

 





Pos Indonesia Fasilitasi Kiriman Bantuan Gempa Lombok Gratis Tanpa Ongkos Kirim

Selain menyerahkan bantuan kemanusiaan dari Perusahaan sendiri, kini Pos Indonesia membuka layanan bagi masyarakat yang ingin memberikan sumbangan bagi para korban bencana gempa di Pulau Lombok. Pos Indonesia telah menyiapkan sistem yang terintegrasi sehingga dapat memfasilitasi kiriman bantuan bagi korban bencana gempa di Pulau Lombok dari seluruh pelosok negeri.

Sebagai bentuk empati dan kepedulian kepada korban bencana alam ini Pos Indonesia menggelar program Pos Peduli Korban Bencana Gempa Bumi di Pulau Lombok dan berkomitmen untuk membantu pengiriman bantuan maupun donasi berupa uang dan barang dari seluruh wilayah Indonesia tanpa dipungut biaya melalui seluruh Kantorpos. Kiriman bantuan dapat dialamatkan ke Pos Peduli Korban Bencana Gempa Bumi di Pulau Lombok di Kantor Pos Mataram 83000 atau ke posko-posko bencana di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Barat, dan Kabupaten Lombok Timur.

Bantuan yang dapat disalurkan melalui Kantorpos berupa barang keperluan harian para korban seperti popok bayi, handuk, perlengkapan sanitasi wanita, perlengkapan mandi, selimut, masker, makanan kering dan tidak basi, serta pakaian layak pakai.

Selain barang Pos Indonesia juga menyalurkan kiriman bantuan dalam bentuk uang melalui jasa layanan giropos MPospay dan transfer melalui bank dengan memasukkan kode virtual account pada Bank BTN .

Syarat dan ketentuan pengiriman bantuan dapat dilihat di website www.posindonesia.co.id. (http://www.posindonesia.co.id/index.php/pos-indonesia-peduli-korban-bencana-gempa-bumi-pulau-lombok)

Dalam menjalankan usahanya Pos Indonesia sebagai BUMN yang bergerak dalam bisnis jasa kurir tidak hanya menjalankan misi bisnis melainkan juga mengemban misi sosial.  “Kami menetapkan kebijakan pengiriman bantuan maupun donasi dalam bentuk uang dan barang tanpa dipungut biaya atau gratis ongkos kirim ini sebagai bentuk solidaritas, kebersamaan, kepedulian dan empati Pos Indonesia bagi para korban bencana di Lombok dan sebagai perwujudan BUMN Hadir Untuk Negeri”, ujar Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Cahyat Rohyana.

http://www.posindonesia.co.id/wp-content/uploads/2018/08/pos-peduli-gempa-lombok-1.jpg
pos-peduli-gempa-lombok (1)
http://www.posindonesia.co.id/wp-content/uploads/2018/08/pos-peduli-gempa-lombok-11.jpg
pos-peduli-gempa-lombok (11)
http://www.posindonesia.co.id/wp-content/uploads/2018/08/pos-peduli-gempa-lombok-10.jpg
pos-peduli-gempa-lombok (10)
http://www.posindonesia.co.id/wp-content/uploads/2018/08/pos-peduli-gempa-lombok-9.jpg
pos-peduli-gempa-lombok (9)
http://www.posindonesia.co.id/wp-content/uploads/2018/08/pos-peduli-gempa-lombok-8.jpg
pos-peduli-gempa-lombok (8)

 

 





Pos Indonesia Serahkan Bantuan Kepada Korban Gempa Lombok

Pasca gempa bumi yang mengguncang Lombok Timur, NTB, Minggu (29/07), PT Pos Indonesia (Persero)  menyerahkan bantuan bagi para korban yang terdampak.

Pos Indonesia menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban bencana gempa Lombok Timur melalui Posko Bantuan Bencana Gempa Bumi Sugian Kabupaten Lombok Timur. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Pos Selong Dadang Hermawan. Bantuan yang diberikan berupa 800 kg beras, 50 dus mie instan, makanan sehat ibu dan anak, susu, pampers, biskuit sehat, perlengkapan sekolah dan sejumlah bantuan lainnya dengan total bantuan senilai Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah).

“Bantuan yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban korban gempa. Bantuan ini juga merupakan bentuk solidaritas, kebersamaan dan kepedulian Pos Indonesia terhadap sesama atas musibah yang dialami saudara-saudara kita di Lombok. Hal ini sejalan dengan tagline BUMN yaitu BUMN Hadir Untuk Negeri.” ujar Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Cahyat Rohyana.

 





Sinergi BUMN

Bertempat di Gedung Kementerian BUMN Jakarta telah dilakukan “Penandatanganan perjanjian kerjasama Sinergi BUMN Untuk penyambungan Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu Di Wilayah Jawa Barat & Banten” (selasa, 7/8).

Penandatangan dilakukan oleh Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero), Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PT PLN (Persero), Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Direktur Utama Perum Percetakan Negara RI.

Hadir untuk menyaksikan penandatanganan tersebut Menteri BUMN Rini Sumarno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan serta Diretur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono.

 





ANTAM dan POS INDONESIA Melanjutkan Kerjasama Penjualan Emas

Jakarta, 17 Juli 2018- PT ANTAM Tbk (ASX: ATM, IDX: ANTM, ANTAM) dan PT Pos Indonesia (Persero) dengan bangga mengumumkan bahwa kedua perusahaan kembali melanjutkan kerjasama penjualan emas ANTAM di Kantorpos. Hal itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Direktur Pemasaran ANTAM, Tatang Hendra dengan Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta di Jakarta, Selasa (17/07). Kedua perusahaan optimis kesadaran masyarakat terhadap investasi dan kepemilikan emas sebagai lindung nilai semakin meningkat.

Direkur Pemasaran ANTAM mengatakan: “ANTAM menyambut baik kerjasama dengan Pos Indonesia tetap berlanjut. Bagi Perusahaan, sinergi ini merupakan salah satu kesempatan bagi Perusahaan agar mendukung penjualan emas ANTAM. Dengan 250 kantorpos, ANTAM berharap penjualan emas domestik dapat meningkat. Kami yakin saat ini kesadaran investasi masyarakat terhadap emas makin tumbuh dan menjadikan emas menjadi salah satu alternatif investasi”.

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia, Ihwan Sutardiyanta mengatakan bahwa ANTAM dan Pos Indonesia telah memulai kerjasama penjualan emas sejak 6 Februari 2017 dan kini kedua perusahaan telah  melakukan perbaikan dan pengembangan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Selama kerjasama ini, Pos Indonesia mampu menjual sebanyak 30 kg emas Logam Mulia.

Dengan didukung jaringan Pos Indonesia yang tersebar luas di lebih dari 4.000 titik layanan akan lebih memudahkan masyarakat untuk membeli emas, baik di Kantor pos pemeriksa (Kprk) maupun Kantor pos cabang Dalam Kota (Kpc DK) dan Luar Kota (Kpc LK).
Hal ini merupakan sinyal positif bagi kedua perusahaan untuk melanjutkan kembali kerjasama penjualan emas.

Lebih lanjut Ihwan menyampaikan bahwa melalui kerja sama yang dilanjutkan pada hari ini, PT Antam dan PT Pos Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk dapat melayani masyarakat di pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke dengan sinergi kekuatan masing-masing perusahaan.

Ihwan juga menjamin, bahwa program ini didukung oleh kehandalan teknologi informasi untuk proses pembelian/pemesanan dan transaksi pembayaran pengiriman (delivery) barang kategori barang berharga (valuable goods). “Sehingga data transaksi dapat terekam dengan benar, akurat, cepat, memudahkan proses rekonsiliasi, settlement dan pelaporan untuk keperluan pemantauan dan evaluasi, baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi mitra,” terangnya.

Dalam kerjasama lanjutan ini, kedua perusahaan menambah layanan pecahan 100 gram emas dalam sistem penjualan emas di kantorpos. Hal ini sebagai bentuk respon kepada permintaan konsumen khususnya segmen korporasi. Pembelian emas ANTAM dapat dilayani di 205 Kantor pos pemeriksa di Indonesia. Pecahan emas yang tersedia di Kantor pos pemeriksa adalah 0,5 gram s.d 100 gram.

Harga emas Logam Mulia di kantorpos sama dengan harga emas batangan yang dijual di Jaringan Butik Emas Logam Mulia (BELM) milik ANTAM. Dengan pick up point di BELM terdekat, maka biaya kirim makin kompetitif. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan konsumen, kini pengambilan emas ANTAM di kantorpos  telah dilengkapi dengan password. Pembelian emas ANTAM di kantorpos dilayani pada hari Senin sampai dengan Sabtu pada jam kerja. Jenis pembayaran yang diterima adalah tunai, transfer dan debit.

 

 





PT Pos Indonesia (Persero) luncurkan layanan Setoran Haji Khusus dan Umroh

Bandung, 25 Juni 2018 – PT Pos Indonesia (Persero) jalin kerjasama dengan PT Gaido Azza Darussalam Indonesia tentang Penerimaan Setoran Haji Khusus, Umrah dan Halal Travel Melalui Giro Pos Serta Refferal Produk Haji Khusus, Umrah dan Halal Travel Melalui Kantorpos.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Ihwan Sutardiyanta dan Direktur Utama PT Gaido Azza Darussalam Indonesia H. Nana Sujana di Graha Pos Indonesia jl Banda no 30 Bandung (25/18).
“Diharapkan pada tanggal 1 Juli 2018 sudah dilakukan sosialisasi sekaligus pembukaan layanan secara bertahap.” ujar Ihwan pada sambutannya.

Untuk tahap awal, layanan ini akan dibuka di 3 (tiga) Kantor Pos besar pada setiap Regional, dengan target pada bulan Agustus 2018 layanan sudah dapat di nikmati masyarakat di Kantorpos seluruh Indonesia.





Pos Indonesia Berangkatkan 1.500 Peserta Mudik Gratis

Mudik merupakan sebuah tradisi silaturahmi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di Indonesia mudik selalu menjadi sebuah ritual yang seakan-akan menjadi kewajiban tersendiri bagi mereka untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman bersama keluarga dan sanak saudara lainnya

Untuk memperkuat tali silaturahmi antara pelanggan, mitra dan Perusahaan, pada tanggal 11-12 Juni 2018 PT Pos Indonesia (Persero) memberangkatkan 1.500 peserta mudik gratis. Kegiatan mudik gratis ini diharapkan dapat meningkatkan rasa solidaritas serta mempererat ikatan emosional yang terjalin antara pelanggan, mitra dan Perusahaan.

Pada tanggal 11 Juni 2018 Pos Indonesia memberangkatkan 514 peserta mudik dengan rute Bandung-Semarang, Bandung-Solo dan Bandung-Yogyakarta. Program ini merupakan sinergi Pos Indonesia dengan Kementerian BUMN dengan mengusung tema Mudik Bareng BUMN yang secara resmi, simbolis pelepasan dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno di Kawasan Ancol Jakarta pada tanggal 9 Juni 2018. Rombongan peserta mudik akan di lepas oleh jajaran Direksi Pos Indonesia di Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) Jl Cilaki No 73 Bandung.

Pada tanggal 12 Juni 2018 dengan mengusung tema Mudik Mudah Bareng Pos Indonesia diberangkatkan 1.000 peserta mudik yang berasal dari Pebisnis Online, Karyawan Agenpos, dan Oranger dengan pembagian 2 titik pemberangkatan yaitu Jakarta dan Surabaya. Adapun untuk rute pemberangkatan dari Jakarta adalah Jakarta-Bandung-Tasikmalaya, Jakarta-Banjar, Jakarta-Cirebon-Semarang, Jakarta-Yogyakarta/Solo, Jakarta-Surabaya, Jakarta-Jember, Jakarta-Purwokerto, Jakarta-Palembang, dan Jakarta-Padang. Sedangkan rute pemberangkatan Surabaya adalah Surabaya-Jember/Banyuwangi, Surabaya-Semarang, Surabaya-Yogyakarta/Solo, Surabaya-Denpasar

“Program Mudik Bareng Pos Indonesia ini merupakan perwujudan dari tanggung jawab dan kepedulian Pos Indonesia kepada masyarakat Indonesia yang akan mudik.” ujar Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono.

Tidak hanya itu, Gilarsi menambahkan, Pos Indonesia turut mensukseskan Porgram pemerintah dengan bersinergi dengan Kementerian BUMN untuk bersama-sama memberikan kemudahan dan meringankan beban masyarakat Indonesia melalui program mudik gratis.

“Program ini diharapkan dapat memberikan sarana dalam menjawab kebutuhan mudk yang setiap tahun terus melonjak serta memberikan rasa aman selama perjalanan ke kampung halaman masing-masing.” pungkas Gilarsi.

 

 





Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Insan PT Pos Indonesia (Persero) ikut serta memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-73 pada tanggal 1 Juni 2018. Sebanyak sekitar 23.000 karyawan baik di Kantor Pusat, Kantor Regional maupun UPT (Unit Pelayananan Teknis) dengan antusias mengikuti upacara bendera di lingkungan kantor mereka masing-masing meskipun Pemerintah menetapkan 1 Juni 2018 sebagai hari libur nasional.

Pada kesempatan itu, Pembina Upacara membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila. Dengan inti sambutan berupa himbauan untuk bahumembahu menuju cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional.

Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2018 mengusung tema “Bersatu, Berbagi, Berprestasi” yang ditetapkan oleh Pemerintah. Pos Indonesia memilih “Pancasila dan Inspirasi Berprestasi” sebagai sub temanya.