7 Dokumen Wajib yang Diperlukan untuk Menempuh Pendidikan ke Luar Negeri

Walaupun di Indonesia sendiri tidak kalah banyaknya universitas-universitas dari yang memiliki kualitas standar sampai yang bagus, namun tidak sedikit dari pelajar atau mahasiswa di Tanah Air yang memiliki impian untuk dapat kuliah ke luar negeri.

Untuk merealisasikannya, ada yang berusaha dengan menggunakan biaya sendiri atau juga ada yang melalui program beasiswa atau pertukaran pelajar atau mahasiswa. Namun terlepas dari bagaimana proses yang akan diambil untuk dapat kuliah ke luar negeri, tentunya satu hal yang terpenting untuk diketahui adalah masalah kelengkapan dokumen. Nah, berikut ini adalah dokumen yang diperlukan untuk kuliah di luar negeri:

Ijazah dan Transkrip Nilai

Ya, ijazah dan transkrip nilai adalah dokumen atau syarat penting untuk dapat berkuliah di sebuah universitas di luar negeri, baik itu melalui jalur beasiswa atau mandiri. Tentunya, karena universitas yang dituju adalah berada di luar negeri, ijazah dan transkrip nilai yang wajib dibawa haruslah yang dalam format Bahasa Inggris.

Letter of Acceptance (LOA)

Dokumen yang diperlukan untuk kuliah di luar negeri  kedua yang perlu dibawa serta jika ingin melamar sebagai mahasiswa di universitas di luar negeri adalah Letter of Acceptance atau disingkat LOA. Dokumen yang berbentuk surat tersebut merupakan randa bukti bahwa Anda memang telah mendapatkan undangan atau juga telah diterima di universitas yang dituju.

Essay dan CV

Seperti halnya melamar pekerjaan, maka untuk dokumen yang diperlukan untuk kuliah di luar negeri adalah CV atau ringkasan biodata pribadi dan essay. Kedua dokumen tersebut haruslah dituliskan dalam format Berbahasa Inggris.

TOEFL dan IELTS

Lembar hasil TOEFL dan IELTS adalah salah satu syarat mutlak yang harus dipunyai setiap orang yang ingin melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. TOEFL dan IELTS disebut sebagai dokumen yang diperlukan untuk kuliah di luar negeri  karena keduanya merupakan sarana untuk mengetahui level kemampuan berbahasa asing yang Anda miliki, dalam hal ini adalah Bahasa Inggris.

Paspor dan Visa

Tentu saja tidak hanya untuk tujuan menempuh pendidikan saja, untuk dapat masuk dan mendapatkan izin tinggal sementara di negara lain, maka Anda membutuhkan paspor serta visa. Memang tidak semua negara mewajibkan setiap orang asing yang akan masuk ke negaranya untuk mengikutsertakan visa, namun sampai sekarang ini hanya sedikit sekali negara yang dapat dimasuki oleh orang Indonesia tanpa menggunakan visa.

Letter of Recommendation

Dokumen yang diperlukan untuk kuliah di luar negeri selanjutnya adalah letter of recommendation atau surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh pemberi beasiswa, bagi pelajar atau mahasiswa yang menempuh jalur beasiswa. Surat rekomendasi tersebut dapat berasal dari lembaga atau juga perusahaan yang menyediakan beasiswa tersebut. Surat rekomendasi tersebut berfungsi sebagai bukti bahwa Anda sudah mendapatkan rekomendasi dan wajib diketahui pihak universitas yang dituju.

Berkas diri

Dokumen lainnya berupa berkas diri ini berupa akta kelahiran, KTP sampai dengan surat keterangan kesehatan dan surat keterangan berkelakuan baik.

Nah, semua dokumen ini bisa dikirimkan dengan aman melalui POS Indonesia. Ada beberapa layanan yang bisa Anda pilih untuk mengirimkan dokumen ke luar negeri, misalnya menggunakan layanan Express Mail Service.