Adu Ide di Pos Indonesia Creative Writing Challenge

Setelah menggelar kegiatan Creative Writing sejak 2007 lalu, PT Pos Indonesia (Persero) berinisiatif mengumpulkan para alumninya dalam sebuah kegiatan lomba penulisan. Menggandeng Harian Umum Bandung Ekspres, terbentuklah kegiatan bertajuk ‘Pos Indonesia Creative Writing Challenge: Create Your Wor(L)d’.

Dengan memperlombakan tiga kategori yakni Puisi, Artikel dan Cerita Pendek (Cerpen), kegiatan tersebut diselenggarakan se-Jawa Barat dengan melalui tiga tahap. Untuk tahap satu, para peserta dibagi kepada 3 zona dengan mengusung tema yang berbeda-beda. Untuk zona 1 (satu) yang melingkupi Bogor, Cianjur dan Sukabumi, tema yang diangkat adalah tentang ‘Pemuda’. Selanjutnya pada zona 2 (dua) yakni daerah-daerah di Cirebon, Sumedang, Tasik, Garut, tema yang diangkat mengenai ‘Jawa Barat’. Untuk zona 3 (tiga) di Subang, Bandung dan Purwakarta, para peserta mengirimkan tulisan mereka dengan tema ‘Kasih Ibu’.

Pengumuman peserta yang lolos ke tahap selanjutnya, dilakukan dengan menampilkan tulisan para peserta yang telah di halaman khusus di jaringan Jawa Pos Grup di Jawa Barat. Yakni di Harian Umum Bandung Ekspres, Cianjur Ekspres, Sukabumi Ekspres, Radar Bogor,Karawang Ekspres, Radar Cirebon, Radar Tasikmalaya, Radar Garut dan Sumedang Ekspres. Setelah mendapatkan peserta yang lolos ke tahap 3, mereka kemudian dikumpulkan dalam sebuah penjurian langsung yang dilakukan di Graha Pos Indonesia pada Senin (11/1).

Penjurian langsung dilakukan oleh para juri terpilih yang memiliki kompetensi yang mumpuni di bidangnya masing-masing, dan juga memang ikut membidani kegiatan Creative Writing karena menjadi bagian dari tim instruktur. Mereka adalah Dian Sukmawan; Tedi Tardiana, dan Irfan Hidayatullah.

Setelah proses penjurian, pada Selasa (12/1) digelar kegiatan penganugerahan bagi para peserta yang lolos di tahap tiga dan berhak menyabet gelar juara. Dalam kegiatan tersebut, terdapat beberapa tamu undangan. Yakni Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Duta Bahasa Jawa Barat, Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung, dan lain sebagainya.

Hadiah yang diperebutkan juga menarik. Untuk para juara pertama di setiap kategori, mereka akan diajak jalan-jalan ke Universal Studio Singapura. Untuk juara keduanya akan diajak berwisata ke Malang dan Bromo. Untuk pemenang ketiga akan dapat hadiah laptop. Setiap pemenang juga berhak mendapatkan uang pembinaan. (*)