Bayar dan Antar Pajak Kendaraan Bermotor Kini Bisa Melalui Kantor Pos

Bandung, 26 Oktober 2016 – Provinsi, POLDA dan Jasa Raharja Jawa Timur terus melakukan inovasi layanan publik. Setelah sukses dengan inovasi ATM SAMSAT pada tahun 2014,  kini pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) kian mudah dengan tersedianya jaringan SAMSAT Payment Point dan SAMSAT Delivery  di Kantor Pos.

Setiap kantor pos di seluruh Indonesia dapat menerima pembayaran PKB bernopol Jawa Timur secara online. Selain itu juga tersedia SAMSAT Delivery Pos yaitu  jasa jemput antar (pick up – delivery) berkas perpanjangan PKB atau STNK bagi mereka yang karena kesibukan tak sempat mengurusnya.

“Saat ini yang sudah tanda tangan PKS (Perjanjian Kerjasama,-red) baru PT Pos Indonesia (Persero) dengan POLDA, Dispenda dan Jasa Raharja Propinsi Jawa Timur. Wajib pajak yang memiliki nomor polisi Jawa Timur bisa membayar PKB dari mana pun di penjuru Nusantara melalui Kantor Pos terdekat,” jelas Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero)  Gilarsi W. Setijono.

“Pelaksanaan di Jawa Timur akan menjadi model atau percontohan. Sejak diperkenalkan awal September 2016, sambutan masyarakat sangat menggembirakan.  Kantor Pos di Jawa Timur juga kerap didatangi rombongan studi banding dari Polda atau Propinsi lain. Melihat keberhasilan Jawa Timur, kami optimis tahun 2017  seluruh  propinsi  akan mengimplementasikan layanan inovatif ini bekerjasama dengan Kantor Pos.”

Gilarsi menegaskan bahwa hadirnya SAMSAT Payment Point dan Delivery di Kantor Pos sejalan dengan kebijakan pemerintahan Jokowi untuk menghilangkan pungutan liar (pungli) dalam pelayanan publik.

Masyarakat yang menginginkan layanan jemput antar dapat men-download aplikasi SAMSAT Delivery pada Google Playstore. Begitu melakukan order, Pak Pos akan langsung meluncur menjemput berkas dan mengurus seluruhnya hingga tuntas serta mengantarkan langsung ke alamat wajib pajak. Besaran pajak yang harus dibayar dan biaya admin tercantum secara transparan pada aplikasi.

PROSEDUR UNTUK MELAKUKAN ORDER  MELALUI TELEPON KE HALOPOS 161, YAITU :

Menghubungi HALOPOS 161 Melalui Telepon Lokal Atau 021-161 (Melalui Handphone)
Menyampaikan maksud kepada petugas HALOPOS 161, yaitu untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta pengurusan pencetakan notis dan pengesahan melalui Kantor Pos.
Petugas HALOPOS 161 akan menanyakan nomor Polisi  dan nomor mesin kendaraan untuk mengetahui kewajiban pajak kendaraan.
Petugas HALOPOS 161 akan memberitahukan jumlah seluruh tagihan yang harus dibayar dan akan menanyakan kembali kepastian WAPA, apakah akan melanjutkan transaksi dan membayar seluruh tagihan tersebut. Jika Ya, petugas HALOPOS 161 akan memberitahukan petugas Pick Up (Dilengkapi surat tugas) untuk melakukan penjemputan dokumen berupa STNK Asli dan KTP Asli Pemilik Kendaraan.
Wapa menyiapkan STNK Asli + KTP Asli pemilik kendaraan + Surat Kuasa (Disiapkan Oleg Petugas Kantor Pos, tinggal di tandatangani WAPA). Data pemilik kendaraan harus sama dengan KTP.
Petugas Pick Up akan melakukan transaksi di tempat WAPA serta memberikan Resi sebagai bukti transaksi pembayaran pajak dan layanan Pick Up dokumen serta bukti penerimaan dokumen.
Petugas Pos akan melakukan pengurusan pencetakan notis dan pengesahan melalui mesin embosser elektronik di Kantor Pos atau di kantor Layanan Samsat setempat.
Paling cepat dua hari kemudian setelah transaksi, dokumen yang telah diuruskan tersebut diantar kembali untuk diserahkan kepada WAPA.

PROSEDUR UNTUK MELAKUKAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI  LOKET KANTOR POS, YAITU:

Wajib Pajak (WAPA) datang ke Kantor Pos terdekat dengan membawa STNK Asli + KTP Asli pemilik kendaraan (Data pemilik di STNK harus sama dengan data KTP).
Petugas loket Pos akan menanyakan nomor polisi kendaraan dan nomor mesin kendaraan serta memberitahukan jumlah seluruh tagihan yang harus dibayar.
Setelah seluruh tagihan dibayar WAPA, petugas loket akan memberikan resi pospay, sebagai bukti transaksi.
Selanjutnya WAPA melakukan pencetakan Notis dan pengesahaan melalui mesin Embosser elektronik dibantu oleh petugas Kantor Pos.
Prosedur pelaksanaan pencetakan notis dan pengesahan di mesin emboser elektronik.
Wajib pajak melakukan pencetakan Bukti Pembayaran Pajak (PKB) dan pengesahan
STNK di mesin embrosser elektronik menggunakan Smart Card dengan dipandu oleh
Petugas Pos dengan cara sebagai berikut :

Meletakkan Smart Card pada card reader mesin embosser elektronik.
Menginput PIN yang diberikan oleh petugas Pos
Menginput nomor bukti bayar sesuai dengan resi SOPP sebanyak 15 digit numeric
Menginput nomor polisi (nopol)
Menjalankan perintah cetak bukti pembayaran PKB/notice pajak
Melakukan pengesahan STNK dengan cara meletakkan STNK pada lubang pengesahan di mesin embosser elektronik dan menjalankan perintah Pengesahan

Mengembalikan Smart Card Kepada Petugas Loket.