Pos Indonesia Kerjasama Dengan Pos Malaysia Bidang IEMO dan Parcel

Written by Super User on . Posted in Berita

NEWS RELEASE
No. 9/PR/0312

POS INDONESIA BEKERJASAMA DENGAN POS MALAYSIA DALAM BIDANG INTERNATIONAL EXPRESS MONEY ORDER (IEMO) dan PREPAID PARCEL

Jakarta, 8 Maret 2012 – Pada hari ini dilakukan penandatangan kerjasama antara PT Pos Indonesia (persero) dengan Pos Malaysia Berhad dalam bidang Wesel Ekspres Internasional (International Express Money Order) dan Paket Cepat PRIMA Internasional (Prepaid Parcel). Penandatanganan dilakukan oleh masing-masing CEO yaitu Direktur Utama Pos Indonesia DR. I Ketut Mardjana dan Group Chief Executive Officer Pos Malaysia Berhad, Dato’ Khalid Abdol Rahman serta disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI Tifatul Sembiring dan Menteri Informasi, Komunikasi dan Budaya Diraja Malaysia, Dato’ Seri Utama Dr Rais Yatim. Melalui kerjasama ini, maka sistem layanan Weselpos Internasional dan mutu pengiriman barang melalui layanan Paketpos Internasional akan semakin meningkat.

Peluncuran Wesel Ekspress Internasional ini merupakan inovasi yang diciptakan oleh Pos Indonesia sebagai jawaban dalam menghadapi tantangan bisnis dalam persaingan global serta respons atas kebutuhan pelanggan yang memerlukan layanan pengiriman uang dan barang dalam waktu cepat dan terjangkau. Layanan ini sepenuhnya didukung pada kehandalan teknologi komunikasi dan informasi yang selalu dikembangkan oleh Pos Indonesia dalam menjalankan bisnisnya.

“Menurut statistik nasional tahun 2011 terdapat sekitar satu juta pekerja Indonesia yang mewakili 50% pekerja asing di Malaysia. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa terdapat pasar berpotensi besar untuk layanan transfer uang dan pengiriman barang melalui Pos. Melalui kerjasama ini pekerja Indonesia di Malaysia dapat lebih mudah melakukan pengiriman uang secara elektronis demikian juga dalam hal pengiriman barang,” ujar Ketut Mardjana, Direktur Utama Pos Indonesia.

Sementara, berdasarkan data statistik Bank Dunia, para pekerja tersebut mengirimkan uang melalui layanan pengiriman uang (remittance) lebih dari 2,6 miliar Dolar AS setahun. Selain itu, mereka juga menggunakan layanan pengiriman barang dengan jumlah lebih dari 25.000 setahun melalui layanan pos. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa terdapat potensi pasar yang besar untuk pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia.

Kerjasasama ini merupakan sinergi yang dibentuk antara anggota Perhimpunan Pos Sedunia atau Universal Postal Union (UPU) dimana Pos Indonesia dan Pos Malaysia telah menjalin hubungan yang panjang berkaitan dengan implementasi Akta UPU yang menyediakan prinsip dasar untuk layanan pos universal.

“Kerjasama ini juga merupakan langkah strategis bagi Pos Indonesia untuk masuk pada pasar global. Kedepan, Pos Indonesia juga akan melakukan kerjasama dengan Pos negara lainnya, seperti Pos Korea, Saudi Arabia Pos dll. Kerjasama tidak hanya terbatas pada Negara-negara anggota Universal Postal Union (UPU) tetapi juga dengan Negara-negara non UPU. Bahkan dalam waktu dekat, akan pula dilakukan penandatangan kerjasama terkait dengan United Parcel Service (UPS),” jelas Ketut.

  • Langkah awal Pos Indonesia masuk pasar global
  • Inovasi produk Pos Indonesia dalam memfasilitasi kebutuhan sekitar satu juta pekerja Indonesia di Malaysia

Tentang Layanan Wesel Ekspres Internasional dan Paket Cepat PRIMA International

Layanan Wesel Ekspres Internasional atau International Express Money Order (IEMO) adalah pengiriman uang secara elektronis yang dikembangkan berdasarkan Sistem Keuangan Internasional (International Financial System/IFS) UPU dalam menggantikan wesel fisik konvensional. Sistem ini memungkinkan diuangkannya kiriman dalam waktu hanya dua jam. Proses transfernya jauh lebih cepat daripada pengiriman wesel tradisional. Sedangkan Layanan Paket Cepat PRIMA Internasional atau Prepaid Parcel adalah pengiriman paket melalui penjualan kotak/kemasan yang sudah termasuk juga biaya pengiriman. Kotak/kemasan tersebut dapat dibeli di mal atau pusat perbelanjaan tertentu yang ditunjuk dan dapat dikirimkan langsung di tempat pembelian tersebut.

Di Indonesia, Prepaid Parcel diperkenalkan dengan nama Paket Cepat PRIMA Internasional. Sedangkan di Malaysia diperkenalkan dengan nama Paket Pos Terus. Kata PRIMA sendiri mempunyai dua arti: pertama adalah singkatan dari “Pengiriman Indonesia – Malaysia”; kedua adalah “Layanan yang Prima”. Pengembangan Wesel Ekspres Internasional atau International Express Money Order (IEMO), sebagai salah satu rencana besar Perhimpunan Pos Sedunia atau Universal Postal Union (UPU) untuk menciptakan jaringan pembayaran elektronik sedunia. Hal ini akan menjadi batu loncatan bagi kedua negara untuk lebih membuka koridor pengiriman uang dengan negara anggota UPU lainnya. Pos Indonesia kedepan akan segera melakukan perjanjian bilateral dengan Korea Post, Saudi Arabia Post, United of Arab Emirates Posts, dan Japan Post.

Hal tersebut sejalan dengan strategi UPU untuk membangun “tiga pilar” jaringan pos sedunia yaitu jaringan fisik, keuangan dan elektronik. Pos Indonesia berharap bahwa perjanjian kerjasama ini akan segera diikuti oleh kerja sama bisnis lainnya antara Pos Indonesia dengan Pos Malaysia Berhad, antara lain penanganan kiriman barang jemaah haji dari Arab Saudi ke Indonesia dan juga untuk pertukaran langsung kiriman pos di perbatasan kedua negara. Pos Indonesia terus masju ke dalam arena persaingan atau mengambil peluang untuk mengalihkan bisnis dengan berfokus kepada kebutuhan pelanggan dan mengambil kembali peran sebagai pemimpin.

Jakarta, 8 Maret 2012
Manajer Public Relations
PT Pos Indonesia (Persero)
A. Sofian