Management Trainee (MT) for Business Development

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

PT. Pos Indonesia (Persero) bring together diverse and talented workforce to take on the world’s toughest business development in the fields : logistics, mail & parcel, financial services, e-commerce, property, business card, billing, post-shop and many others business.

Qualified Candidates :

 

  • University Graduates (S1), GPA preferably min 3,00
  • Fields : Accounting, Financial, Law, Marketing, Business Management, Information Management, IT, Industrial Engineering, Architecture, Graphic Design
  • Ability to read, write and speak English (TOEFL : 500)
  • Single, Max. around 28 years old per 01 October 2013
  • Self motivated, innovative and high level of commitment
  • Good analytical thinking, organizational & interpersonal skill

 

Send your resume and relevant references at latest 26 October 2013 to :

 

AIDA Consultant – Menara Hijau Lt.7  Jl. MT Haryono Kav.33 Jakarta 12770

 

Selection process will be held in Jakarta, Bandung, Yogyakarta and Surabaya

PT Pos Indonesia (Persero) dan PT ASABRI (Persero) Perpanjang Pembayaran Pensiunan

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita


Bandung – PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Asabri (Persero) menandatangani perpanjangan perjanjian kerjasama tentang penyaluran gaji pensiunan dan dana santunan bagi pensiunan TNI, POLRI serta PNS Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Penandatangan dilakukan antara Direktur Utama Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Budi Setiawan dan PT Asabri (Persero) Adam Damiri di Gedung Wahana Bhakti Pos pada tanggal 10 Oktober 2013.  

INDOSAT MENGGANDENG POS INDONESIA KERJASAMA PEMANFAATAN INFRASTRUKTUR & LAYANAN BERSAMA

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

Bandung, 27 September 2013 – PT Indosat Tbk dan PT Pos Indonesia (Persero) hari ini sepakat melakukan kerjasama untuk pemanfaatan infrastruktur dan penyediaan layanan telekomunikasi bersama untuk masyarakat. Penandatanganan dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Bhakti Postel di Bandung, oleh President Director & CEO Indosat Alexander Rusli dan Direktur Utama Pos Indonesia Budi Setiawan serta disaksikan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Bapak Tifatul Sembiring.

Bentuk kerjasama saling menguntungkan antara kedua belah pihak antara lain meliputi pengembangan branding bersama (co-branding), penjualan Starter Pack, kerjasama pengembangan Postal Mobile Financial Services, pengembangan agen e-money Dompetku, serta pemanfaatkan masing-masing infrastruktur kedua belah pihak dalam memberikan layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

Khusus kerjasama tentang pengembangan Postal Mobile Financial Services akan meliputi 3 bentuk kerjasama yaitu distribusi dan penggunaan Stater Pack  untuk pelanggan Pos Indonesia, pengembangan Value Added Service (VAS) dan e-commerce bersama, serta kerjasama agen pembayaran tagihan (pospay). Kerjasama juga akan diperluas dalam berbagai bentuk lain yang dapat dikembangkan di kemudian hari.

President Director & CEO Indosat Alexander Rusli mengatakan, “Kerjasama strategis ini bertujuan untuk semakin meningkatkan layanan dan semakin memperluas channel transaksi pembayaran baik yang dimiliki oleh Indosat dan yang dimiliki oleh Pos Indonesia. Kami berharap kerjasama ini akan semakin mempermudah masyarakat dalam mendapatkan dan menikmati layanan baik dari Indosat maupun dari Pos Indonesia.”

Sementara itu Direktur Utama Pos Indonesia Budi Setiawan mengatakan, “Dengan dilakukannya kerjasama ini, diharapkan dapat meningkatkan kelengkapan layanan-layanan di Kantor Pos  sehingga masyarakat khususnya para pelanggan pos dapat benar-benar melakukan one stop payment di Kantor Pos, juga dapat meningkatkan kualitas jaringan diseluruh Kantor Pos karena akan didukung oleh perangkat telekomunikasi Indosat”.

Dalam kerjasama ini Indosat akan dapat memanfaatkan infrastruktur Pos Indonesia khususnya untuk layanan pengiriman barang dan pemanfaatan lahan untuk perangkat telekomunikasi. Sebaliknya Pos Indonesia dapat memanfaatkan infrastruktur telekomunikasi Indosat untuk layanan back up link, layanan Closed User Group, penggunaan Paket Data GPRS serta layanan Cloud Computing Indosat.

Indosat sendiri merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi seluler terintegrasi dan terkemuka di Indonesia. Hingga semester I/2013, Indosat telah melayani lebih dari 56 juta pelanggan di seluruh Indonesia dengan berbagai layanan seluler, telekomunikasi tetap dan MIDI (multimedia, data dan internet) dan didukung oleh infrastruktur telekomunikasi terkini. Terakhir, Indosat baru saja meresmikan Jaringan UMTS 900MHz di Bali untuk memenuhi kebutuhan akses internet yang lebih cepat bagi masyarakat Indonesia, yang dapat dinikmati pelanggan melalui layanan IM3 Super Internet. Indosat merupakan operator pertama di Indonesia yang mengoperasikan secara komersial jaringan UMTS 900MHz yang menyediakan layanan broadband selular dengan sinyal lebih kuat, baik outdoor maupun indoor, cakupan layanan lebih luas dan akses internet lebih cepat.  Layanan IM3 Super Internet menyediakan paket beragam layanan data dengan kapasitas besar dan kecepatan tinggi.

Tentang Indosat

Indosat adalah operator penyelenggara telekomunikasi dan informasi terkemuka di Indonesia yang memberikan layanan telepon selular, telepon tetap, komunikasi data dan internet (MIDI). Di semester pertama tahun 2013, perusahaan memiliki  56,5 juta pelanggan selular melalui berbagai merek antara lain, IM3, Mentari dan Matrix. Indosat mengoperasikan layanan sambungan langsung internasional (SLI) melalui kode akses 001, 008 dan Flatcall 01016. Perusahaan juga menawarkan layanan solusi korporat yang didukung oleh jaringan telekomunikasi terintegrasi di seluruh Indonesia serta jasa layanan satelit melalui satelit PALAPA-C2 dan PALAPA-D. Indosat adalah anak perusahaan dari Grup Ooredoo (sebelumnya lebih dikenal dengan Qtel Group). Saham Indosat tercatat di Bursa Efek Indonesia (IDX:ISAT).

Tentang POS Indonesia

Pos Indonesia mempunyai jaringan yang sangat luas yaitu kurang lebih 3.800 Kantor Pos di Indonesia, dan 3.726 diantaranya telah Online. Sedangkan jumlah titik layanannya (Point of Sales) mencapai 24.410 titik dalam bentuk Kantorpos sendiri, Agensi/agenpos, Pos Keliling Kota/Desa, Pos Sekolah, Postmall, dll. Dengan jaringan yang sangat luas ini, Kantorpos merupakan media yang sangat strategis  menjual dan atau mendistribusikan barang atau jasa. Kami memiliki jaringan yang didecated, sistem distribusi, Track&Trace, Layanan Prima, kecepatan dan ketepatan serta harga yang kompetitif.

Inovasi terus dilakukan oleh Pos Indonesia antara lain pengembangan Postshop yang merupakan pengembangan bisnis ritel Pos Indonesia yang diimplementasikan untuk merubah Kantorpos Konvensional menjadi Kantorpos masa depan (modern) dengan pola layanan one stop shopping, yaitu melayanai Postal Services (jasa ritel pos) berupa pengiriman surat, paket, jasa keuangan (pospay, remmitance, dll) , Postal items (meterai, prangko, produk filateli), Books & Gifts, Stationery, Digital Imaging, Gadget, Organizer, Convience Goods, Consumer Goods, Bread, Drinks&Cofee Shop, Handycraft, Online shopping dan lain sebagainya dalam satu atap. Hingga saat ini Pos Indonesia telah mempunyai 53 PostShop yang tersebar di Indonesia yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari ditempat yang mudah dijangkau.

PERKUMPULAN FILATELIS INDONESIA GELAR PAMERAN NASIONAL FILATELI BANDOENG 2013

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

Bandung – Perkumpulan Filatelis Indonesia bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) akan menggelar Pameran Nasional Filateli (PANFILA) “Bandoeng 2013” yang akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari terhitung dari tanggal 25 – 29 September 2013.

PANFILA “Bandoeng 2013”  digelar dalam rangka Hari Ulang tahun (HUT) Kota Bandung ke – 203, bertempat di Gedung Wahana Bakti Pos, dimana akan menampilkan 320 Frame  koleksi pameran yang berasal dari 15 daerah Perkumpulan Filatelis Indonesia.

Pameran ini bersifat kompetitif dimana koleksi yang dipamerkan tersebut juga akan bertanding menjadi yang terbaik untuk menjadi Koleksi Filateli terbaik Nasional, memperebutkan Piala Bergilir Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) yang akan diberikan kepada Provinsi atau pengurus Daerah Perkumpulan Filatelis Indonesia yang meraih nilai tertinggi dalam ajang PANFILA “Bandoeng 2013”.

Berbagai kegiatan akan memeriahkan Pameran ini, diantaranya adalah Pameran Prangko dan Surat Indonesia Termahal, Bursa Filateli dan Numismatik, Lomba Menata Prangko, Lomba Mewarnai Prangko, Seminar Filateli dan Workshop Filateli serta hadir pula Stand dari Stamp Dealer yang akan menyediakan Prangko, serta Stand Numismatik yang akan menyediakan Mata Uang yang terbilang unik dan langka, hal ini akan menjadi menarik dan merupakan peluang yang baik bagi para kolektor ataupun masyarakat untuk melengkapi koleksi Filateli miliknya.

Untuk mengabadikan moment tersebut akan di terbitkan pula benda-benda Filateli edisi khusus antara lain Souvenir Sheet PANFILA “Bandoeng 2013” , Sampul Peringatan PANFILA “Bandoeng 2013”, dan yang lainnya berkaitan dengan kegiatan tersebut yang dicetak dalam jumlah yang terbatas.

Cetak Tindih Logo Pameran Nasional Filateli “Bandoeng 2013” , hanya dicetak 1000 buah
Cetak Tindih Logo Pameran Nasional Filateli “Bandoeng 2013” , hanya dicetak 1000 buah
Uncut Souvenir Sheet Pameran Nasional Filateli “Bandoeng 2013” , hanya dicetak 1500 buah

SELAMA SEPEKAN FOTO PARA PEMENANG LOMBA FOTO JURNALISTIK PT POS INDONESIA (PERSERO) DIGELAR DI BANDUNG INDAH PLAZA (BIP)

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

 

 

Bandung – PT Pos Indonesia (Persero) bersama Bandungnewsphoto.com bekerjasama untuk melaksanakan Lomba Foto Jurnalistik dengan mengusung Tema “Toward The Leading Network Company”. Kegiatan ini kali keduanya dilakukan oleh PT Pos Indonesia (Persero), Lomba Foto Jurnalistik ini dipilih sebagai salah satu apresiasi kepada para pewarta foto di seluruh Indonesia.

PT POS INDONESIA (PERSERO) MENERIMA PENGHARGAAN BUMN MARKETING AWARD 2013

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

Jakarta – PT Pos Indonesia (Persero) kembali memperoleh penghargaan atas program marketing yang dijalankan berupa BUMN Marketing Award 2013 pada acara “BUMN Marketing Days 2013”.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh BUMN Track bekerjasama dengan MarkPlus Inc dan BUMN Marketeers Club serta didukung oleh Kementerian BUMN ini, PT Pos Indonesia (Persero) meraih  dua penghargaan “Silver Winner BUMN Marketing Award 2013” untuk kategori Strategic dan Tactical.

Menteri Negara BUMN Dahlan Iskan menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Direktur Keuangan Tavip Parawansa dan Direktur Ritel dan Property Setyo Riyanto mewakili Direktur Utama  dalam acara BUMN Marketing Day 2013 yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Selasa 27 Agustus 2013.

PT Pos Indonesia (Persero) dinilai berhasil dalam program marketing yang dijalankan, berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap tiga aspek marketing yaitu strategic yang terdiri dari brand, product dan consumer management, serta tactical yang terdiri dari communication, sales dan service.

Penghargaan ini membuktikan bahwa kinerja PT Pos Indonesia (Persero) terus meningkat seiring dengan perkembangan perusahaan dan terus memaksimalkan bisnis yang tengah dijalani. Pertumbuhan yang signifikan akan terus diupayakan untuk mencapai target perusahaan, yaitu PT Pos Indonesia (Persero) menjadi perusahaan pos peringkat pertama di Asia Tenggara.

KONFERENSI PERS KICK OFF PENYALURAN BLSM TAHAP II 2013

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

 

 

Bandung – Setelah dinilai berhasil dan mendapatkan banyak pujian dari Pemerintah atas pelaksanaan pembayaran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap pertama pada bulan Juli lalu dan setelah dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembayaran BLSM tahap pertama,PTPos Indonesia (Persero) kembali siap menyalurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap kedua kepada 15.530.897 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Pembayaran akan dimulaisecara serentak pada hari Senin, tanggal 2 September 2013 dengan system penjadwalan yang disepakati oleh masing-masing Kantor Pos dengan Pemda setempat. Pembayaran ditetapkan sampai akhir September telah dapat dilakukan pembayaran RTS yang berhak.

"Kami sudah siap, baik berupa infrastruktur dan petugas diseluruh lokasi pembayaran di Kantor Pos dan menitik beratkan di komunitas-komunitas. Pengaturan tempat bayar 70 % di komunitas dan 30 % di Kantor Pos, TNP2K dan Kemensos menetapkan pengiriman FRD (Formulir Rekapitulasi Pengganti) tanggal 31 Agustus 2013 dan pengentrian terakhir tanggal 7 September 2013." Ucap Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Budi Setiawan.

Budi menambahkan penyaluran BLSM tahap kedua ini akan dilakukan di KantorPos dan komunitas-komunitas yang menjadi lokasi bayardengan memaksimalkan sarana dan prasarana infrastruktur yang dimiliki serta pengalaman dalam menyalurkan BLSM tahap pertama, setelah melakukan evaluasi internal dan melakukan perbaikan-perbaikan agar pembayaran BLSM tahap kedua berjalan lebih baik lagi.

PT Pos Indonesia (Persero) Siap Bayarkan BLSM Tahap II

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

NEWS   RELEASE
Nomor : 37/PR/0813


Bandung – Setelah dinilai berhasil dan mendapatkan banyak pujian dari Pemerintah atas pelaksanaan pembayaran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap pertama pada bulan Juli lalu dan setelah dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pembayaran BLSM tahap pertama,PTPos Indonesia (Persero) kembali siap menyalurkan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap kedua kepada 15.530.897 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Pembayaran akan dimulaisecara serentak pada hari Senin, tanggal 2 September 2013 dengan system penjadwalan yang disepakati oleh masing-masing Kantor Pos dengan Pemda setempat. Pembayaran ditetapkan sampai akhir September telah dapat dilakukan pembayaran RTS yang berhak.

"Kami sudah siap, baik berupa infrastruktur dan petugas diseluruh lokasi pembayaran di Kantor Pos dan menitik beratkan di komunitas-komunitas. Pengaturan tempat bayar 70 % di komunitas dan 30 % di Kantor Pos, TNP2K dan Kemensos menetapkan pengiriman FRD (Formulir Rekapitulasi Pengganti) tanggal 31 Agustus 2013 dan pengentrian terakhir tanggal 7 September 2013." Ucap Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Budi Setiawan.

Budi menambahkan penyaluran BLSM tahap kedua ini akan dilakukan di Kantor Pos dan komunitas-komunitas yang menjadi lokasi bayar dengan memaksimalkan sarana dan prasarana infrastruktur yang dimiliki serta pengalaman dalam menyalurkan BLSM tahap pertama, setelah melakukan evaluasi internal dan melakukan perbaikan-perbaikan agar pembayaran BLSM tahap kedua berjalan lebih baik lagi.

Beberapa kendala seperti faktor lokasi atau daerah yang sulit dijangkau oleh RTS, petugas Pos Indonesia akan mendatangi langsung warga. “Untuk daerah yang sulit dijangkau, petugas kami akan langsung mendatangi warga guna menyalurkan BSLM tersebut mengingat kawasan yang sulit dijangkau dan membutuhkan biaya transportasi yang tinggi.” jelas Budi.
Data-data RTS untuk tahap kedua ini, Pos Indonesia mendapatkannya dari Kementerian Sosial dan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Pos Indonesia Memberangkatkan 1.000 Peserta Mudik Gratis

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

NEWS  RELEASE
NOMOR: 36/PR/0713


Jakarta - Mudik merupakan sebuah tradisi silaturahmi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Hari raya Idul Fitri setelah selesai menunaikan ibadah puasa ramadhan sebulan lamanya. Seperti halnya Lebaran tahun-tahun sebelumnya mudik selalu menjadi sebuah ritual yang seakan-akan menjadi kewajiban tersendiri bagi mereka untuk bisa merayakan Lebaran di kampung halaman bersama keluarga dan sanak saudara.

PT Pos Indonesia (Persero) sebagai BUMN yang bertujuan untuk turut serta melaksanakan dan menunjang kebijaksanaan dan program pemerintah di bidang ekonomi dan pembangunan nasional pada umumnya, khususnya di bidang pelayanan jasa layanan pos bagi masyarakat baik di dalam maupun di luar wilayah Indonesia. Untuk mewujudkan itu semua, pada tahun ini Pos Indonesia menyelenggarakan Mudik Gratis. 1.000 peserta mudik gratis (20 bus) tersebut dilepas oleh Direktur Utama Pos Indonesia Budi Setiawan dihalaman Kantor Pos Jakarta Pusat (2/7).

“Program Mudik Gratis tahun ini merupakan kedua kalinya dilakukan oleh Pos Indonesia, sebelumnya Pos Indonesia memberangkatkan 500 pemudik sekarang kita tingkatkan menjadi 1000 pemudik dengan harapan tahun-tahun berikutnya terus bertambah” Jelas Budi Setiawan.

Program ini juga tambahnya merupakan perwujudan dari tanggung jawab dan kepedulian Pos Indonesia kepada masyarakat Indonesia yang akan mudik, agar terbangun kualitas hidup masyarakat dan lingkungan sekitar yang lebih baik khususnya dalam memberikan rasa aman dan tertib ketika mudik ke kampung halaman.

Mudik Gratis Tahun ini merupakan program mudik gratis yang diselenggarakan untuk yang kedua kalinya setelah pada tahun lalu dapat diselenggarakan dengan baik dan sukses . Pada tahun 2012 Program Mudik Gratis berhasil mengantarkan sebanyak 500 orang pemudik yang terdiri pelanggan Produk Weselpos Instant dengan menggunakan 10 bis dari Jakarta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

PT Pos Indonesia (Persero) Menerbitkan Prisma Seri : Ucapan Selamat 2013

Written by Admin PIOL on . Posted in Berita

NEWS  RELEASE
No.  35/PR/0713


Bandung – PT. Pos Indonesia (Persero) menerbitkan Prangko PRISMA Seri : Ucapan Selamat 2013. Tanggal terbit Prangko PRISMA tersebut adalah 1 Juli 2013. PRISMA Ucapan Selamat 2013 terdiri atas 2 (dua) lembar desain, yaitu: 1) Bingkai-Bendera, dan 2) Bingkai-Tradisional.

PRISMA atau Prangko Identitas Milik Anda adalah Prangko (asli) yang dapat menampilkan gambar, wajah, logo atau image lainnya sesuai permintaan. PRISMA dapat digunakan untuk pengiriman surat dengan desain Prangko yang tentunya unik, berbeda dan menjadi sangat pribadi.

PRISMA seri Ucapan Selamat 2013 terdiri dari 8 (delapan) keping prangko dengan nominal Rp. 2.500,00. Harga jual per lembar PRISMA adalah Rp. 28.000,00 dengan perincian : nominal Rp. 2.500,00 x 8 keping ditambah dengan biaya personalisasi Rp. 1.000,00 x 8 keping.

Berbeda dengan prangko PRISMA seri sebelumnya, personalisasi prangko PRISMA seri Ucapan Selamat 2013 dibubuhkan ditengah-tengah prangko yang bertalian, sehingga benar-benar memberikan nilai personal bagi pelanggan. Personalisasi prangko PRISMA seri Ucapan Selamat 2013 dapat dibuat secara melintang (landscape) maupun membujur (potrait). Untuk pengamanan, prangko akan memuat tanda khusus berupa logo Pos Indonesia yang hanya dapat dilihat dengan sinar ultra violet.

Setyo Riyanto, Direktur Ritel dan Properti PT Pos Indonesia (Persero) menyatakan bahwa “Penerbitan prangko dengan PRISMA seri Ucapan Selamat 2013 ini merupakan upaya untuk memberikan variasi untuk pengiriman surat dengan desain Prangko yang tentunya unik, berbeda dan menjadi sangat pribadi”.

Pembuatan PRISMA secara langsung atau yang dapat ditunggu dan dilakukan foto setempat, dapat dilayani di Kantor Filateli Jakarta atau di beberapa Kantor Pos antara lain di kota Medan, Batam, Pekanbaru, Palembang, Bogor, Serang, Bandung, Cirebon, Semarang, Jogjakarta, Solo, Surabaya Utara, Surabaya Selatan, Jember, Malang, Madiun, Kediri, Denpasar, Kupang, Pontianak, Makassar dan Jayapura. Untuk pelanggan PRISMA yang berada di kota-kota lain yang tidak terdapat mesin PRISMA, dapat melakukan pemesanan melalui Kantor Pos terdekat.

Tentang PT Pos Indonesia (Persero)
Pos Indonesia is The Network Company, Pos Indonesia mempunyai jaringan yang sangat luas yaitu kurang lebih 3.800 Kantor Pos di Indonesia, dan 3.726 diantaranya telah Online. Sedangkan jumlah titik layanannya (Point of Sales) mencapai 24.410 titik dalam bentuk Kantorpos sendiri, Agensi/agenpos, Pos Keliling Kota/Desa, Pos Sekolah, Postmall, dll. Dengan jaringan yang sangat luas ini, Kantorpos merupakan media yang sangat strategis  menjual dan atau mendistribusikan barang atau jasa. Kami memiliki jaringan yang didecated, sistem distribusi, Track&Trace, Layanan Prima, kecepatan dan ketepatan serta harga yang kompetitif. Kini, Pos Indonesia tengah menjalankan layanan e-commerce yaitu Plazapos.com. Plazapos.com adalah layanan ecommerce satu-satunya yang mengintegrasikan kekuatan collecting dan delivery dalam satu pengelola, yaitu PT Pos Indonesia (Persero). Dengan 3.726 kantor pos yang sudah online di seluruh Indonesia, kehadiran plazapos.com akan memudahkan masyarakat di daerah pelosok sekalipun untuk berbelanja karena tinggal datang ke Kantor Pos terdekat dan memesan barang.  Soal pembayaran, cukup dilakukan di Kantor Pos. Barang yang dipesan kemudian diantarkan ke rumah pemesan oleh kantor pos. Untuk pilihann barang, sudah bekerja sama dengan salah satu perusahaan di Singapura yang memiliki 2 juta produk, yang kemudian akan menggandeng perusahaan lokal.

Manajer Public Relations
A.    SOFIAN