Cara Kirim Dokumen Penting Antar Propinsi Dengan Pos Indonesia

Meskipun saat ini kita dihadapkan dengan era digital, yang dapat dengan mudah mengirimkan dokumen melalui email atau media digital. Tetapi ada saja waktunya melakukan kirim dokumen penting antar propinsi dengan menggunakan jasa ekspedisi.

Sebab, tidak semua masyarakat telah mengenal internet. Dalam prakteknya dibeberapa tempat, melakukan pengiriman dokumen dengan menggunakan jasa ekspedisi.

Untuk memudahkan dalam pekerjaan atau dalam mengirim dokumen, Pos Indonesia selalu siap dalam melakukan pengiriman dokumen. Terlebih lagi Pos Indonesia memiliki jangkauan yang sangat luas di seluruh Indonesia hingga kepelosok daerah. Lalu bagaimana cara melakukan kirim dokumen penting antar propinsi dengan Pos Indonesia? Ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan apabila Anda ingin kirim dokumen penting antar propinsi:

Packing dokumen/kemas

Ketika Anda ingin melakukan kirim dokumen penting antar propinsi, hal yang pertama adalah melakukan packing dokumen. Bungkuslah dengan rapih dan seaman mungkin dokumen/paket yang akan Anda kirim. Jika dokumen/paket yang dikirim mudah pecah atau rusak, sebaiknya berikan pengaman tambahan. Seperti steorofoam, koran, bubble wrap, atau lainnya.

Apabila Anda memang hanya mengirimkan dokumen surat penting saja, maka sebaiknya amplop yang Anda gunakan di kemas secara aman. Jangan buat dokumen Anda terlalu kecil, karena dapat mengakibatkan dokumen tersebut rawan terselip.

Tulis Alamat Lengkap

Tulislah alamat selengkap mungkin supaya tidak akan ada masalah, dalam kesamaan nama kota atau desa. Jangan pernah berfikir bahwa semua orang mengetahui nama jalan atau kota, penulisan alamat sangat mempengaruhi dalam pengiriman. Berikut alamat lengkap yang bisa Anda ikuti:

  • Nama penerima
  • No telpon yang bisa dihubungi
  • Nama jalan
  • Nomor rumah
  • Nomor RT/RW
  • Nama kelurahan
  • Nama kecamatan
  • Nama provinsi
  • Kode pos
  • Nama pengirim
  • Nomor telpon pengirim

Cek Tarif Ongkos Kirim

Sebelum datang ke Pos Indonesia ada baiknya Anda melakukan pengecekan harga dari tarif ongkos kirim ke alamat yang nantinya Anda tuju. Agar Anda bisa lebih mempersiapkan biaya yang akan dibayarkan dalam kirim dokumen penting antar propinsi tersebut. Besarnya biaya pengiriman dipengaruhi oleh:

  • Jarak dan daerah pengiriman
    Beda kecamatan bisa membedakan biaya ongkos kirim, walaupun dalam hal ini masih dalam satu kota. Untuk daerah yang sulit dijangkau oleh transportasi atau jauh dari kantor cabang ekspedisi, biasanya cenderung memiliki tarif ongkos kirim lebih mahal.
  • Berat atau volume barang
    Untuk mengetahui tarif ongkos kirim dokumen antar kota, juga dapat dipengaruhi dalam segi berat atau volume barang. Semakin berat dokumen/barang maka akan semakin mahal ongkos kirimnya. Selain berat, faktor lainnya adalah ukuran/volume barang. Jika barangnya ringan, tetapi memiliki ukuran yang besar. Maka akan dihitung berdasarkan ukuran. Untuk lebih pastinya dapat mengunjungi website dari Pos Indonesia www.posindonesia.co.id

Datang Ke Pos Indonesia

Usai menyiapkan dokumen dan biaya pengiriman, Anda bisa datang langsung ke Pos Indonesia terdekat. Ambil antrian yang sudah disiapkan, dan nanti akan ada petugas yang memanggil nomer antrian Anda tersebut. Jika sudah dipanggil, nanti akan ada petugas dari Pos Indonesia yang akan melayani Anda, petugas akan melakukan pengecekan dokumen yang akan Anda kirim tersebut, mulai dari menimbang berat dokumen dan mengimput data-data pengiriman.

Kemudian petugas akan menginfokan berat dokumen dalam bentuk gram dan biaya ongkos kirimnya. Anda juga akan ditawarkan dalam menggunakan metode pengiriman, mulai dari metode kilat dan metode pengiriman reguler dengan waktu yang sudah diperkirakan. Setelah Anda melakukan pembayaran ongkos kirim, Anda akan menerima form terkait dengan data bukti pengiriman beserta nomer resinya.

Nomor resi yang tercantum dalam bukti pengiriman, dapat memudahkan Anda dalam melakukan tracking atau memudahkan dalam memantau dokumen yang anda kirim tadi. Anda bisa melakukan cek atau tracking melalui website www.posindonesia.co.id. Dengan cara mengimput nomer resi tadi pada kolom cari pengiriman.

Bagaimana mudah bukan dalam kirim dokumen penting antar propinsi dengan Pos Indonesia? Tidak hanya melayani kirim dokumen penting antar propinsi yang bisa Anda lakukan di Pos Indonesia, tetapi Anda juga bisa melakukan pengiriman dokumen/paket ke luar negeri dengan fitur EMS. Anda juga membeli emas dan membayar tagihan rumah tangga di Pos Indonesia