Cara Memilih Jasa Pengiriman Motor yang Aman dan Terpercaya

Sekarang ini, memilih jasa pengiriman motor bukan merupakan hal sulit dibandingkan jaman dulu. Saat ini sudah tersedia banyak jasa ekspedisi pengiriman motor mulai dari antar kota, pulau maupun propinsi yang menawaran jasa mereka bahkan lebih canggih lagi. Sudah banyak pula yang menggunakan system aplikasi online berbasis mobile dan website sehingga lebih memudahkan konsumen.

Jika Anda masih ragu, silakan Anda cek menggunakan browser pada gadget Anda dan carilah kata kunci pada kolom pencarian, ketiklah “jasa pengiriman motor”. Anternatif lain selain melalui online, Anda dapat bertanya kepada rekan atau kerabat mengenai jasa pengiriman motor terpercaya terutama kepada mereka yang tahu dengan baik mengenai dunia otomatif khususnya sepeda motor. Anda dapat bertanya kepada montir, dealer, pembalap, dan lainnya.

Cara Memilih Jasa Pengiriman Motor

Sudah jelas sekarang bahwa untuk menemukan perusahaan jasa pengiriman motor bukan merupakan hal yang sulit. Namun, bagaimana Anda mengetahui jasa pengiriman motor yang aman, bagus dan murah tentunya. Maka dari itu, Anda perlu melakukan penelitian kecil mengenai profil perusahaan ekspedisi motor yang bagus. Berikut tips yang perlu Anda ketahui untuk memilih jasa pengiriman motor.

1. Transportasi Apa yang Digunakan untuk Mengangkut Motor Anda
Pertanyaan penting yang harus Anda pikirkan ketika mencari jasa pengiriman motor adalah menanyakan armada apa yang digunakan untuk mengangkut motor Anda?

Anda patut mencurigainya jika ekspedisi menawarkan harga yang terlalu murah. Mengapa demikian? Hal ini karena jasa ekspedisi yang terlalu murah akan mengirim motor Anda dengan menggunakan truk atau mobil bak terbuka tanpa atap yang akan melindungi motor dari sinar matahari, hujan dan debu.

2. Lama Pengiriman
Perusahaan ekspedisi pengiriman motor yang bagus tentunya memiliki standar estimasi waktu yang sesuai dengan rute yang dipilih dan ini diberitahukan kepada pelanggan meskipun Anda belum deal melakukan transaksi.

3. Menghindari Kerusakan Motor Pada Saat Pengiriman
Anda wajib mengetahui bagaimana sebuah perusahaan ekspedisi motor melayani dengan jasa yang baik. Jika perusahaan tersebut memiliki tenaga ahli profesional, maka mereka akan memberitahukan Anda seluruh panduan pengiriman motor yang benar seperti berikut ini:
• Menguras bahan bakar motor hingga 1/3 liter untuk menghindari terjadinya kebakaran.
• Melepas aksesoris motor seperti kaca spion dan sebagainya.
• Pengepakan seluruh body dan juga mesin motor.
• Melepas aki motor.

4. Tanyakan Sopir yang Mengirim Motor Anda
Jika Anda mempunyai kesempatan untuk bertanya mengenai hal ini, mengapa tidak? Legalitas seorang sopir sangat dibutuhkan untuk membuktikan bahwa sebuah perusahaan ekspedisi memang memiliki sumber daya manusia yang memang ahli dan terpercaya. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memilih jasa pengiriman motor.

5. Biaya Pengiriman Motor
Berbeda rute yang dipilih oleh pelanggan akan berpengaruh terhadap harga. Jika Anda akan mengirim motor dalam dan antar kota, maka tentunya biaya yang Anda keluarkan akan lebih murah dibandingkan pengiriman motor antar pulau atau antar propinsi.

Hal ini berlaku juga untuk pemilihan armada. Pilihlah armada truk dan mobil terbuka agar Anda mendapatkan harga yang lebih murah, namun resiko kerusakan lebih besar dibandingkan jika Anda menggunakan armada full box.

6. Jenis Layanan Kirim yang Digunakan
Perlu Anda ketahui bahwa jenis layanan angkut motor ada 3 jenis yaitu angkut motor door to door, port to port dan juga door to port. Anda akan memperoleh penawaran harga angkut motor yang murah jika Anda menggunakan layanan dengan jenis port to port. Namun jika Anda memilih jenis layanan ini, Anda harus meluangkan sedikit waktu Anda untuk menaruh dan juga menjemput kendaraan Anda di terminal atau pelabuhan terdekat di kota Anda.

7. Dapat Melihat Status Pengiriman Motor
Cara memilih jasa pengiriman motor terakhir adalah pastikan perusahaan jasa ekspedisi pengiriman motor yang Anda pilih memiliki fitur pelacakan menggunakan nomor resi. Hal ini tentu akan membantu Anda untuk membantu melihat status motor Anda yang sedang dikirim.

Demikian tadi telah kami uraikan 7 tips memilih jasa pengiriman motor yang aman, bagus dan murah. Semoga dapat membantu Anda. Terima kasih.