Creative Writing ke-29 di Slawi

PT Pos Indonesia (Persero) kembali menyelenggarakan Pelatihan Creative Writing ke – 29 pada tanggal 15 – 17 November lalu. Pelatihan kali ini diselenggarakan di Slawi, Kabupaten Tegal. Di ikuti oleh perwakilan beberapa sekolah SMA, SMK, MAN, MTS dan SMP yang berada di wilayah Slawi diantara nya SMAN 1 Slawi, SMKN 1 Slawi, SMK Muhammadiyah Slawi, SMK Bina Nusa Slawi , MTS N Slawi , MAN Bakakan Lebaksiu Tegal dan SMPN 1 Adiwerna . Sebanyak  77 siswa dan 20 orang guru pendamping mengikuti  Pelatihan Creative Writing, yang berlangsung di SMA N 1 Slawi ini. Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya pemerintah melalui PT Pos Indonesia (Persero) untuk meningkatkan budaya literasi di kalangan remaja.

Diawali acara Pembukaan yang di hadiri oleh  Kepala Dinas Pendidikan  Kabupaten Tegal Salu Panggalo, SH, yang dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk PT Pos Indonesia (Persero) yang menyelenggarakan kegitan ini, karena telah  memberikan kesempatan dan membuka wawasan kepada generasi muda yang menyukai  bidang tulis menulis yang merupakan bekal bagi masa depan mereka. Menurut Salu Panggalo  ada 4 aspek yang menentukan seseorang bisa atau berkemampuan menulis yakni, membaca, mendengarkan, berbicara dan menulis ditambah dengan latihan, disiplin dan  keinginan yang kuat dari diri sendiri. Hadir pula pada kesempatan itu Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Slawi Agus Dwiprodo Spd, Manajer Media Komunikasi Tita Puspitasari, Kepala Kantor Pos Tegal Indriyatmoko, dan Kepala Kantor Pos Cabang Slawi Kustiono.

Pelatihan diawali dengan sesi Pengenalan PT Pos Indonesia (Persero) oleh Manajer Media Komunikasi, yang menyampaikan Visi dan Misi  Perusahaan serta pengenalan produk layanan Pos Indonesia. Dilanjutkan materi Pengenalan Majalah Sahabat Pena oleh FP Media Komunikasi Gun Gun Hamdani, dan sesi berikutnya materi Penulisan Artikel  oleh Mahpudi. Hari kedua para peserta pelatihan diajak berkunjung ke Kantor Pos Tegal  untuk lebih mengenal secara langsung proses kerja mulai dari front office sampai back office yang dipandu langsung oleh Kepala Kantor Pos Tegal  dan Manajer terkait dari bagian masing-masing. Selanjutnya para peserta diberi pelatihan  materi Penulisan Skenario/Script oleh Dian Sukmawan dan  Menulis Cerpen oleh  Irfan Hidayatullah. Di hari terakhir para peserta mendapat materi Penulisan Puisi oleh Tedi Tardiana dan Pengantar Filateli oleh Mahpudi.

Di akhir kegiatan ini  Panitia mengumumkan para peserta yang mendapat nilai terbaik selama mengikuti pelatihan yang terdiri dari 3 Juara Terbaik dan 3 Juara Harapan. Peserta Terbaik 1 dimenangkan oleh Isabella Khusnul P dari SMAN 1 Slawi, Juara Terbaik 2 Sekar Wulandari dari SMKN 1 Slawi dan Juara ke 3 Nabila Aulia SMK NU 1 Slawi. Selanjutnya untuk Juara Harapan 1dimenangkan oleh Mailan Lasagi dari SMAN 1 Slawi, Harapan 2 Yani Ramdhan Ningsih dari SMAN 2 Slawi dan Harapan ke 3 Hasna Asjad dari SMAN 1 Slawi. Acara Penutupan dihadiri langsung oleh Kepala Regional VI Jateng dan DIY Dwi Indarmani beserta jajarannya yang sekaligus menutup rangkaian acara pelatihan, Kepala Kantor Pos Tegal  dan Kepala Sekolah SMA N 1 Mimik Supriyatin.(asri suwidaz)