Ingin Kirim HP dengan Cepat, Tepat dan Aman? Lewat Pos Indonesia Saja!

Sejak beberapa tahun terakhir ini, handphone atau kerap disingkat dan disebut dengan nama HP dapat dikatakan sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang. Bahkan mungkin semua orang di seluruh dunia mayoritas memiliki perangkat komunikasi kecil ini.

Untuk itu, bisnis HP merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan walaupun banyaknya persaingan sejenis yang juga bermunculan. Tidak sedikit orang yang akan memperjual-belikan perangkat HP secara online atau offline.

Terkait dengan penjualan secara online, tentunya setiap seller membutuhkan jasa pengiriman untuk dapat mengirimkan produk HP yang mereka jual kepada pembeli atau buyer. Dan sampai sekarang ini, sudah ada banyak sekali bermunculan perusahaan penyedia jasa pengiriman dan salah satunya sekaligus sebagai pioneer adalah Pos Indonesia.

Memang tidak dapat dipungkiri jika mungkin sampai sekarang pun masih ada pandangan bahwa mengirimkan barang, termasuk contohnya adalah HP melalui Pos Indonesia tidak semudah atau secepat melalui perusahaan pengiriman lainnya.

Namun perlu diketahui, dengan semakin berkembangnya zaman, Pos Indonesia juga telah berkembang dan mengadopsi metode pengiriman perusahaan-perusahaan swasta lainnya dan sekarang ini mampu bersaing dalam hal pelayanannya.

Dengan semakin berkembang dan bertambah baiknya performa juga kualitas Pos Indonesia, maka tidak perlu lagi ada perasaan was-was atau khawatir terkait dengan barang yang dikirimkan. Nah, kembali ke masalah cara kirim HP lewat Pos Indonesia tadi, Anda juga dapat mengirimkan barang tersebut menggunakan layanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia.

Tentunya seperti perusahaan-perusahaan penyedia layanan pengiriman pada umumnya, ada cara kirim HP lewat Pos Indonesia yang sudah ditetapkan secara resmi atau ketentuan-ketentuan khusus untuk Anda ketahui untuk dapat mengirimkan barang berupa HP melalui Pos Indonesia. Berikut cara kirim HP lewat Pos Indonesia:

 

  1. Sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh Pos Indonesia di mana HP merupakan suatu barang yang masuk kategori benda berharga, maka Anda sebagai pengirim wajib untuk menjelaskan dengan jujur, barang apa yang Anda kirim, berapa jumlahnya dan lain sebagainya.
  2. Selain menjelaskan tentang barang yang Anda kirim, HP merupakan salah satu benda yang masuk kategori barang elektronik, maka ketika menyerahkannya ke petugas loket harus dalam posisi terbuka atau tidak tertutupi sesuatu, seperti contohnya berada di dalam kotak atau dibungkus erat menggunakan kertas atau benda lainnya. Hal tersebut untuk dijadikan bukti keberadaan barang dan kepemilikannya, serta sudah sesuai dengan aturan cara kirim HP lewat Pos Indonesia secara resmi.
  3. Setelah pihak petugas loket mengetahui HP yang akan dikirimkan, maka Anda sebagai pengirim akan diberikan lembaran formulir Bukti Pemeriksaan Isi Kiriman (BPIK) yang wajib diisi secara jelas dan benar sesuai dengan kondisi barang.
  4. Petugas loket juga akan meminta kepada pengirim biaya tambahan sebagai jaminan asuransi  terhadap barang yang dikirimkan dan juga jika tempat untuk mengemas barangnya dirasa kurang kuat, petugas loket akan menyarankan kepada pengirim agar barang tersebut dikemas ulang menggunakan kemasan kayu atau bahan lainnya dengan tujuan agar barang tetap aman dan terlindungi selama dalam perjalanan.
  5. Setelah semua prosedur awal dilalui, petugas loket akan mencocokkan data yang sudah Anda tuliskan di lembar BPIK dengan barang yang bersangkutan. Apabila barang merupakan barang baru, petugas loket pada umumnya juga akan mencocokkannya dengan kuitansi atau faktur pembelian.
  6. Khususnya untuk barang-barang elektronik yang dilengkapi dengan baterai, laptop atau HP contohnya, pada umumnya akan disarankan untuk melepas baterai pada perangkat dan memisahkannya. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya overheat yang dapat mengakibatkan kebakaran. Apabila baterai HP adalah baterai tanam, biasanya akan disarankan untuk mengirimkannya melalui pengiriman darat atau laut, bukan udara.
  7. Setelah barang sesuai dengan yang ada di BPIK dan lolos pemeriksaan, maka barang akan dibungkus ulang dengan baik, kemudian diberikan segel khusus Pos Indonesia berupa lakban resmi yang hanya dikeluarkan oleh PT Pos Indonesia sesuai dengan jenis pengirimannya, contoh lakban berwarna hijau adalah untuk Pos Express dan lakban berwarna oranye adalah untuk Pos Kilat Khusus.

Walaupun dirasa cara kirim HP lewat Pos Indonesia dirasa agak ribet, namun hal tersebut merupakan prosedur tetap dan berfungsi untuk melindungi barang yang dikirimkan dari kerusakan atau juga incaran orang-orang yang tidak bertanggung jawab.