Kini Masyarakat Bisa Membeli Emas ANTAM di 205 Kantor Pos

Manado, 11 September 2017 – PT ANTAM (Persero) Tbk (ASX: ATM, IDX: ANTM, ANTAM) dan PT Pos Indonesia (Persero) (Pos Indonesia) melanjutkan kerja sama strategis bidang penjualan emas. Setelah Februari 2017 lalu diluncurkan dengan menyediakan 109 Kantor Pos yang bisa diakses masyarakat untuk membeli emas ANTAM, kini kedua Perusahaan memperluas jangkauan penjualan menjadi 204 Kantor Pos di Indonesia. Hal tersebut ditandai melalui launching tahap ke-2 di Kantor Pos Manado, 11 September 2017 oleh Wakil Walikota Manado, MOR Dominus Bastian, disaksikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Propinsi Sulut, Muhammad Rudi Mokoginta, Direktur Jaringan, Ritel dan Sumber Daya Manusia Pos Indonesia, Ira Puspadewi dan Direktur Pemasaran ANTAM, Tatang Hendra.

Seperti diketahui bersama, kerja sama ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat membeli emas ANTAM di seluruh Kantorpos di Indonesia dan sebagai sarana me-leverage bisnis masing-masing BUMN. Bagi ANTAM dengan adanya kerjasama ini, jaringan pemasaran produk emas semakin luas dan menjadi salah satu bentuk peningkatan pelayanan kepada konsumen. Sedangkan bagi Pos Indonesia, kerjasama ini meningkatkan pendapatan melalui bisnis layanan baru dengan segmen pasar pelanggan yang datang ke Kantorpos (walk-in customer), membentuk citra positif bahwa Pos Indonesia telah mampu menangani kiriman barang dengan kategori valuable goods, meningkatkan daya saing perusahaan dengan kompetitor, serta turut mengedukasi masyarakat untuk berinvestasi atau menabung dengan membeli emas untuk masa depan.

Direktur Pemasaran ANTAM, Tatang Hendra mengatakan bahwa ANTAM berkomitmen kepada praktik pelaksanaan operasional yang baik, mulai dari eksplorasi, penambangan, pengeloaan lingkungan, pengolahan dan pemurnian sampai dengan penjualan. “Kerjasama dengan Pos Indonesia ini diharapkan akan mendukung kinerja bisnis emas Perseroan. Melalui jaringan distribusi produk yang lebih kuat akan semakin mengokokohkan ANTAM sebagai satu-satunya produsen emas bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang menjamin kepastian berat dan kemurnian emas.

Direktur Jaringan, Retail dan Sumber Daya Manusia PT Pos Indonesia , Ira Puspadewi mengatakan bahwa dukungan jaringan Pos Indonesia yang tersebar luas berjumlah lebih dari 24.000 titik layanan akan lebih memudahkan masyarakat untuk membeli emas, baik di Kantorpos Pemeriksa (Kprk) maupun Kantorpos Cabang Dalam Kota (Kpc DK) dan Luar Kota (Kpc LK).

Ira juga menjamin, program ini didukung oleh kehandalan teknologi informasi untuk proses pembelian/pemesanan dan transaksi pembayaran pengiriman (delivery) barang kategori valuable goods. “Sehingga data transaksi dapat terekam dengan benar, akurat, cepat, memudahkan proses rekonsiliasi, settlement dan pelaporan untuk keperluan pemantauan dan evaluasi, baik dari sisi perusahaan maupun dari sisi mitra,” terangnya.

Ruang lingkup kerjasama ANTAM dan Pos Indonesia mencakup penyediaan fasilitas penjualan, serta pembayaran dan distribusi produk emas Logam Mulia (LM) di Kantorpos. Pelanggan melakukan pembelian emas LM di kantor pos dengan sistem pemesanan. Selanjutnya ANTAM akan menggunakan layanan Pos Indonesia dalam hal pengiriman emas LM dari butik emas LM terdekat menuju lokasi Kantorpos tempat pembelian.

Sebanyak 205 kantor pos  diseluruh Indonesia merupakan bagian dari perjanjian kerjasama ANTAM dan Pos Indonesia. Pelanggan sudah dapat memesan emas LM mulai 0,5 gram sampai dengan 50 gram di 205 Kantorpos tersebut sejak tanggal 11 September 2017.

Mengenai PT ANTAM (Persero) Tbk (ASX: ATM, IDX: ANTM, ANTAM)
ANTAM adalah perusahaan berbasis sumber daya alam terkemuka yang terdiversifikasi dan memiliki kegiatan yang terintegrasi secara vertikal dengan komoditas utama bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, batubara, alumina dan jasa pengolahan dan pemurnian logam mulia. Berpengalaman lebih dari 49 tahun, ANTAM memiliki cadangan nikel dan bauksit yang berkualitas tinggi dan berjumlah besar. Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia milik ANTAM merupakan satu-satunya entitas pengolahan dan pemurnian logam mulia di Indonesia yang telah memiliki sertifikasi London Bullion Market Association (LBMA). 65% saham ANTAM dimiliki oleh Pemerintah Indonesia dan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (IDX) dan Bursa Efek Australia (ASX). ANTAM mendapatkan predikat khusus IDX Best Blue 2016 dari Bursa Efek Indonesia atas pertumbuhan kinerja terbaik yang dinilai atas saham tercatat di BEI satu tahun terakhir, jumlah investor yang memiliki saham, tingkat transaksi perdagangan saham, memiliki pertumbuhan harga saham yang signifikan serta memiliki fundamental yang sehat.

Mengenai PT Pos Indonesia (Persero)
Pos Indonesia mempunyai jaringan yang sangat luas yaitu lebih dari 4.800 Kantorpos di Indonesia, dan lebih dari 4.300 diantaranya telah online. Sedangkan jumlah titik layanannya (Point of Sales) mencapai 24.410 titik dalam bentuk Kantorpos sendiri, 11.835 Agenpos, dll. Dengan jaringan yang sangat luas ini, Kantorpos merupakan media yang sangat strategis dalam menjual dan atau mendistribusikan barang atau jasa. Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi, Track and Trace, Layanan Prima, kecepatan dan ketepatan serta harga yang kompetitif. Inovasi terus dilakukan oleh Pos Indonesia antara lain pengembangan Postshop yang merupakan pengembangan bisnis ritel Pos Indonesia yang diimplementasikan untuk merubah Kantorpos Konvensional menjadi Kantorpos masa depan (modern) dengan pola layanan one stop shopping, yaitu melayani Postal Services (jasa ritel pos) berupa pengiriman surat, paket, jasa keuangan (pospay, remittance, dll), Postal items (meterai, prangko, produk filateli), online shopping dan layanan e-commerce (galeriukm.com), aplikasi myPos serta layanan m-pospay.