4 Langkah Mudah Cek Ongkir POS Secara Online

4 Langkah Mudah Cek Ongkir POS Secara Online

 

PT Pos Indonesia telah lebih dari dua abad menjadi pionir jasa pengiriman di Indonesia. Maka tidak diragukan lagi pengalaman dan kualitas pelayanannya. PT Pos Indonesia juga terus berbenah ke arah lebih baik  untuk mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya dengan memberikan kemudahan pelanggan untuk cek ongkir  atau ongkos kirim secara  online melalui website.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini hampir semua urusan akan lebih mudah dengan bantuan internet. Dahulu, orang membeli sesuatu dengan belanja mengunjungi toko atau pasar. Untuk menjadi pedagang pun biasanya harus membuka toko di lokasi strategis dan menunggu pembeli datang. Sekarang belanja dan berjualan online sudah berkembang sedemikian pesat.

Banyak orang cukup berjualan dari rumahnya melalui gadget dan koneksi internet. Barang yang dibeli pelanggan akan dikirimkan melalui jasa pengiriman barang terpercaya, seperti melalui PT Pos Indonesia. Untuk cek ongkir atau ongkos kirim, pedagang maupun pembeli tidak perlu khawatir. Keduabelah pihak dapat cek ongkir langsung di website PT Pos Indonesia. Caranya tidak sulit, cukup mengikuti 4 langkah mudah cek ongkir POS secara online berikut ini :

  1. Buka situs resmi PT Pos Indonesia di alamat posindonesia.co.id.

Setelah halaman website terbuka, anda bisa langsung memilih menu bar sebelah kiri untuk cek ongkir. Untuk lebih mudahnya, anda juga dapat klik pranala berikut ini http://www.posindonesia.co.id/tarif/ agar terhubung langsung dengan laman cek ongkir.

  1. Isilah data pada formulir isian dengan benar.

Untuk kolom isian “Asal”, anda dapat memasukan nama desa atau kelurahan maupun kecamatan dan kota/kabupaten tempat asal anda mengirim barang. Sedangkan kolom “Tujuan” diisi dengan nama desa atau kelurahan maupun kecamatan dan kota/kabupaten tujuan anda mengirim barang. Masukan berat barang dalam satuan gram, contohnya jika barang yang anda kirimkan beratnya satu kilo gram, makan kolom “Berat” ini diisi dengan angka 1000. Selanjutnya anda dapat memilih jenis kiriman, pilih salah satu : surat atau paket. Untuk kolom isian “Dimensi kiriman” dan “Nilai barang” dapat anda isi atau dikosongkan saja, karena ini sifatnya optional.

  1. Periksa kembali data anda dan masukan kode keamanan.

Agar cek ongkir yang anda lakukan lebih akurat, periksa kembali apakah data yang telah anda masukan telah sesuai. Jangan lupa untuk mengisi kolom “Kode Keamanan” dengan mengetik ulang kombinasi angka dan huruf yang muncul di bagian atas kolom isian.

  1. Klik tombol “Cek Tarif”

Setelah semua data terisi dengan benar, anda dapat klik tombol “cek tarif” untuk cek ongkir atau ongkos kirim melalui PT Pos Indonesia. Dalam hitungan detik (tergantung kecepatan internet) akan muncul daftar tarif beberapa jenis layanan lengkap dengan estimasi waktu pengiriman. Untuk pengiriman paket, ada layanan paket kilat khusus, express next day barang, paket pos dangerous goods, dan paket pos valuable goods. Sedangkan untuk pengiriman surat, anda dapat memilih layanan surat kilat khusus atau express next day dokumen.

Itulah 4 langkah mudah cek ongkir atau ongkos kirim Pos secara online. Anda dapat dengan cepat mengetahui berapa tarif yang dikenakan untuk pengiriman paket maupun dokumen dari suatu tempat ke tempat tujuan. Pilihan layanan juga terlihat jelas dengan informasi yang akurat.

Dengan cek ongkir terlebih dahulu sebelum mengirimkan barang, pengirim dan penerima barang akan lebih leluasa untuk mendiskusikan layanan Pos mana yang akan dipilih. Karena berbeda jenis layanan pengiriman, berbeda juga ongkos kirim yang harus dibayar. Tentu saja, perkiraan waktu barang akan sampai ke tangan penerima juga akan berbeda.