Mau Kirim Barang? Cek Tarifnya di Pos Indonesia di Sini

Sejarah telah mencatat bahwa keberadaan Pos Indonesia begitu penting di bumi pertiwi ini. Pos Indonesia didirikan pertama kali oleh Gubernur Jenderal pada waktu itu yaitu G.W Baron van Imhoff pada 26 Agustus 1946. Tujuan didirikannya Pos Indonesia adalah untuk menjamin keamanan surat-surat penduduk, khususnya bagi mereka yang berniaga dari kantor-kantor yang berada di wilayah luar Jawa dan juga bagi mereka yang datang dan pergi ke Belanda.

Semenjak itu, pelayanan pos hadir untuk mengemban peran dan fungsi sebagai layanan publik. Setelah 4 tahun didirikan, Kantor Pos Batavia memiliki kantor perbantuan yaitu Pos Indonesia yang didirikan di Semarang. Tujuannya yaitu tuntuk mengadakan perhubungan pos yang cepat dan teratur antara kedua tempat tersebut. Rute perjalanan pos pada saat itu melalui Karawang, Cirebon dan juga Pekalongan.

Saat ini, melakukan pengiriman barang sangat mudah berkat adanya berbagai layanan pengiriman yang tentunya cepat dan aman. Salah satu perusahaan jasa pengiriman atau ekspedisi barang yang telah lama dipercaya oleh masyarakat adalah Pos Indonesia.

Perusahaan ini memiliki jaringan yang luas sampai 4.800 Pos Indonesia online. Point of Sales atau jumlah titik layanan yang mencapai 58.700 titik Pos Indonesia, Mobile Postal Service, Agenpos, dan lain-lain. Pos Indonesia memiliki jaringan yang well dedicated, Track and Trace, system distribusi yang handal, pelayanan prima, ketepatan, kecepatan dan juga harga yang kompetitif.

Cara Mengecek Tarif Pengiriman Pos Indonesia

Pos Indonesia adalah tempat strategis bagi Anda untuk bertransaksi penjualan dan juga distribusi barang maupun jasa.

Berikut cara mengecek tarif pengiriman Pos Indonesia:
1. Anda dapat mengunjungi langsung situs resmi dari Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id kemudian pilih menu “Layanan Pelanggan” atau “Layanan Domestik”.
2. Perhatikan pada form “Hitung Kiriman Dalam Negeri”, berikut langkah-langkahnya:
# Kota asal (lokasi Anda akan mengirim barang atau paketan).
# Kota tujuan (kota tujuan Anda akan mengirim barang atau paketan).
3. Jika Anda telah melengkapi data diatas, Anda dapat meng-klik tombol “Tampilkan Tarif” kemudian tunggu beberapa saat sampai estimasi tariff kirim pos Indonesia muncul di layar.

Berikut kami berikan salah satu contoh mengenai estimasi tarif pengiriman Pos Indonesia dari kota Semarang menuju kota Cirebon dengan berat paket 500 gram. Setelah melakukan cek tarif, maka akan muncul daftar harga pengiriman barang sebagai berikut sesuai dengan jenis layanan:
#Pos Kilat Khusus dengan harga Rp 12.000.
#Pos Express Dokumen dengan harga Rp 14000.
#Pos Express Barang dengan harga Rp 14500.

Pada saat tampilan tarif muncul, Anda akan dihadapkan pada tiga pilihan pengiriman yang dapat Anda gunakan beserta dengan estimasi waktu pengiriman. Cara yang akurat untuk mengecek tarif Pos Indonesia adalah dengan memasukkan data berdasarkan kecamatan asal dan juga kecamatan tujuan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai langkah-langkah mudah untuk mengecek tarif Pos Indonesia yang dapat Anda lakukan secara online dengan mengakses langsung di alamat resmi Pos Indonesia yaitu www.posindonesia.co.id.

Jika rumah atau domisili Anda belum terjangkau oleh akses internet, Anda dapat memperoleh informasi cek tarif Pos Indonesia dengan menghubungi HaloPOS 161. Layanan cek tarif membantu Anda untuk memperkirakan biaya yang Anda perlukan untuk melakukan pengiriman barang. Setelah mengecek tarif harga, Anda akan percaya bahwa Pos Indonesia memiliki tarif yang paling terjangkau.