Mudah dan Aman Kirim Uang Lewat Kantor Pos, Ini Caranya!

Selama ini, pengiriman uang atau yang lebih dikenal dengan transfer lebih sering dilakukan melalui perantara bank. Namun tahukah Anda kalau PT Pos Indonesia juga bisa melayani pengiriman uang baik ke dalam maupun luar negeri? Ya, ternyata Kantor Pos tak hanya berfungsi untuk mengirim surat atau paket saja, tapi juga bisa mengirim uang ke banyak wilayah tentunya dengan keamanan terjamin.

Untuk Anda yang belum pernah melakukannya, yuk simak cara kirim uang lewat Kantor Pos berikut ini:

Pilih Jenis Layanan Yang Tepat

Layanan pengiriman uang melalui Kantor Pos sering juga disebut dengan Weselpos. Ada beberapa jenis Weselpos yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, antara lain:

  • Layanan Domestik (Nasional)
    1. Weselpos Instan adalah layanan Weselpos dengan waktu tempuh real time, pembayaran menggunakan PIN dan NTP yang dikirimkan langsung oleh Pengirim kepada Penerima.
    2. Weselpos Prima adalah layanan Weselpos yang menggunakan surat pemberitahuan, diantar oleh Kantorpos Tujuan kepada Penerima.
    3. Weselpos Transfer Tunai (Cash To Account) adalah pengiriman uang secara tunai melalui Kantorpos dengan tujuan semua rekening bank secara real time.
    4. Weselpos Kemitraan adalah layanan Weselpos hasil kerja sama dengan pihak lain, dilakukan dengan suatu perjanjian kerjasama dengan tarif dan layanan sesuai kesepakatan.
  • Layanan Luar Negeri (Internasional)
    Western Union, International Express Money Order (IEMO), International Money Order (IMO), BNI Wesel PIN, Wesel Instan BCA, Wesel Instan BSM dan Wesel Instan CIMB Niaga.

Keunggulan Dari Layanan Weselpos

  • Jangkauan luas
    Didukung oleh Kantorpos online yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga memudahkan Anda untuk melakukan pengiriman dan pencairan uang melalui Kantorpos terdekat.
  • Cepat dan mudah
    Anda tinggal datang ke Kantorpos terdekat serta mengisi formulir. Setelah menerima Bukti Pengiriman (Resi) maka pada saat itu juga kiriman uang Anda sudah dapat dicairkan di Kantorpos tujuan.

    Untuk layanan Weselpos Instan, Anda dapat memberitahu secara langsung informasi kiriman uang kepada penerima melalui ponsel. Sedangkan untuk kiriman Weselpos Prima informasi kiriman uang akan disampaikan melalui surat pemberitahuan (RS-2) oleh Pengantar Pos.
  • Aman dan Handal
    Tingkat keamanan yang berlapis dari transaksi kirim sampai dengan transaksi pencairan, memberikan kepastian bahwa kiriman uang Anda akan diserahkan kepada orang yang benar-benar berhak menerima.
  • Terlacak
    Pelacakan kiriman melalui : www.posindonesia.co.id.

Setelah itu, lakukan cara kirim uang melalui Kantor Pos berikut ini:
  • Cari Kantor Pos terdekat. Hal ini akan sangat mudah dilakukan sebab Kantor Pos tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
  • Datang ke petugas pelayanan dan sebutkan jenis Weselpos yang ingin Anda gunakan.
  • Anda akan diberikan formulir pengiriman uang. Isilah sesuai dengan data yang diminta, antara lain nama dan alamat pengirim, nama dan alamat penerima, serta besrnya uang yang akan dikirim.
  • Periksa dan pastikan tak ada kesalahan dalam pengisian formulir terutama alamat penerima.
  • Tanda tangani formulir yang telah terisi dengan benar.
  • Serahkan formulir ke petugas bersama dengan uang yang akan Anda kirimkan.
  • Petugas akan memasukkan data ke dalam komputer, setelah itu Anda akan menerima slip bukti transaksi dan juga PIN serta NTP (Nomor Transaksi Pusat). PIN dan NTP akan digunakan si penerima uang untuk mengambil uangnya di Kantor Pos.
  • Hubungi penerima uang, beritahukan PIN dan NTP yang telah Anda dapatkan dari petugas.
  • Penerima bisa langsung mengambil uangnya di Kantor Pos terdekat dengan menyebutkan PIN, NTP, serta membawa KTP asli dan 2 lembar fotokopi KTP.

Mudah sekali kan, cara kirim uang lewat Kantor Pos? Pengiriman ini dijamin aman dan memudahkan pengirim serta penerima yang tidak memiliki rekening bank. Cara kirim uang lewat Kantor Pos juga bisa digunakan oleh mereka yang tinggal di daerah terpencil dan kesulitan menjangkau fasilitas bank.