Pengumuman Pemenang Moviestival 2016 – Ajang Kreasi Anak Bangsa

moviestival2016-1

Komunitas Film Pendek Indonesia (KFPI) bekerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) kembali menggelar Festival Film Pendek Pos Indonesia “Moviestival 2016” untuk yang kedua kalinya. Kompetisi ini sudah berlangsung sejak bulan Juni 2016 hingga bulan Oktober 2016. Tema yang diusung pada Moviestival 2016 ini adalah “Nurani Bangsaku”.

Tercatat sebanyak 149 Film Pendek hasil karya anak bangsa dari seluruh Indonesia telah masuk ke meja panitia. Mereka saling berkompetisi untuk memperebutkan 3 kategori yang dilombakan yakni, Film Pendek dengan Ide Cerita Terbaik, Film Pendek Favorit dan Film Pendek Terbaik. Panitia telah melakukan beberapa tahap seleksi awal dari film-film yang masuk, dan pada tanggal 20 Oktober 2016 Dewan Juri yang terdiri dari Asaf Antariksa, Viva Westi, Adhytia Gumay, Eddy D Iskandar dan Tubagus Deddy telah menetapkan 15 nominasi untuk 3 kategori sbb :

NOMINASI FILM PENDEK TERBAIK
1. Permainan Naluri
Produksi Kerabat Creative, Sidoarjo
2. Ijolan
Produksi Sinar Moeda Film, Purbalingga
3. Tafsir
Produksi Komunitas Pelem Indie Tenggarong, Kutai Kartanegara
4. Do’a Mati Lampu
Produksi Karya Kita Kreatif, Aceh
5. Ruwat
Produksi Tanah Hijau Creative, Yogyakarta

NOMINASI FILM PENDEK IDE CERITA TERBAIK
1. Mencari Imam
Produksi Soca Film/Interakta ITB, Bandung
2. Ir. Soemarno
Produksi Jamaah Cinema, Yogyakarta
3. Ruwat
Produksi Tanah Hijau Creative, Yogyakarta
4. Kembalikan!
Produksi Blackpepper, Majalengka
5. Tafsir
Produksi Komunitas Pelem Indie Tenggarong, Kutai Kartanegara

NOMINASI FILM PENDEK TERFAVORIT
1. Jika Salah Karena Aku Berbeda
Produksi The Prosessor Studios, Situbondo
2. Kudanan Lambe
Produksi Wathon Films, Yogyakarta
3. Mimpi Ayah
Produksi Surya Maja Pictures, Jakarta
4. Paket Cinta
Produksi Canting Cinema, Pekalongan
5. Pinjam Kamusnya
Produksi Dipoduction, Semarang

Dari kelima nomine tersebut telah terpilih satu pemenang untuk setiap katagori. Hasil dari malam penghargaan yang diselenggarakan kamis 27 Oktober 2016 bertempat di gedung Graha Pos Indonesia telah terpilih 3 film sebagai pemenang di masing-masing kategori sbb:

KATEGORI FILM PENDEK TERBAIK
Permainan Naluri
Produksi Kerabat Creative, Sidoarjo

KATEGORI FILM PENDEK IDE CERITA TERBAIK
Tafsir
Produksi Komunitas Pelem Indie Tenggarong, Kutai Kartanegara

KATEGORI FILM PENDEK TERFAVORIT
Jika Salah Karena Aku Berbeda
Produksi The Prosessor Studios, Situbondo

Untuk Film Pendek Terbaik dan Favorit masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp. 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) dan Film Pendek Ide Cerita Terbaik mendapatkan 15.000.000,- (lima belas juta rupiah). Sementara film pendek yang berhasil masuk nominasipun mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing sebesar Rp. 4.000.000,- (empat juta rupiah).

Menurut Sekretaris Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) Amrizal, Pos Indonesia sangat mendukung event ini, karena sesuai dengan komitmen Pos Indonesia untuk turut serta memajukan edukasi & kreatifitas anak-anak bangsa. Selain itu masih menurut Amrizal bahwa dengan event ini Pos Indonesia merasa lebih dekat dengan generasi muda, karena mereka adalah potensial customer bisnis perposan di Indonesia pada masa yang akan datang yang juga dapat lebih berperan dalam turut memajukan dan mengembangkan Pos Indonesia.

Menurut Ketua Panitia Teddy Tardiana, semangat dan kreatifitas para peserta di ajang kompetisi ini sangat luar biasa. Hasil karya film pendek peserta banyak yang sarat dengan nilai edukasi dan nilai – nilai positif di masyakat. hal ini sesuai denga tema yang diusung “Nurani Bangsaku”.

Banyak hal mengharukan, mengagumkan dan hal-hal yang membuat kita terperangah dengan ide-ide segar mereka. Meski dengan teknologi yang sederhana, budget produksi yang minimalis tapi mereka dapat menghasilkan karya yang sangat bagus dan inspiratif, yang nantinya akan mewarnai dunia cinematografi di tanah air. (***)