Peringatan Hari Filateli Nasional 2018

Bertepatan dengan Hari Filateli Nasional, Jumat, 29 Maret 2018 Pos Indonesia kembali menggelar Launching Prangko Prisma Dilan di Kantor Filateli Jakarta.

Acara dihadiri oleh Kasubdit Prangko dan Filateli Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo RI, Widodo Adi dan Sekretaris Perusahaan Pos Indonesia Cahyat Rohyana, serta para pegiat filateli.

Acara dimeriahkan pula dengan Talkshow bersama Pidie Baiq yang merupakan desainer Prangko Seri Dilan sekaligus penulis dari Novel Dilan yang semakin populer setelah diangkat ke layar lebar berjudul “Dilan” beberapa waktu lalu.

Pos Indonesia Luncurkan Prangko Seri Dilan 1990

Sejarah Hari Filateli Nasional

Pada bulan Maret 1922, sekelompok kolektor prangko membentuk klub filateli di Batavia yang bernama “postzegelverzamelaars club batavia”. Perkumpulan ini telah diakui oleh penguasa setempat pada tanggal 29 Maret 1922. Aspirasi lokal dari berbagai tempat di Indonesia kemudian terhimpun dalam suatu wadah dan menjadi gerakan terorganisasi secara nasional yang diwujudkan melalui pembentukan “nederlandsch indische vereeniging van postzegel verzamelaars” pada tanggal 15 Agustus 1940, berkedudukan di Jakarta.

Setelah proklamasi kemerdekaan RI, nama perkumpulan berubah menjadi “algemene Vereeniging Voor Philatelisten in Indonesia” pada tahun 1953 menjadi Perkumpulan Umum Philateli Indonesia (PUPI). Selanjutnya tahun 1965 berubah menjadi Perkumpulan Philatelis Indonesia (PPI) dan akhirnya tahun 1985 menjadi Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) hingga kini.

Untuk dapat mengikuti setiap perkembangan filateli dunia, tahun 1969 Indonesia menjadi anggota fédération international de philatélie (FIP) yang berkedudukan di Swiss. Indonesia dan beberapa anggota FIP wilayah asia kemudian membentuk federation of inter–asian philately (FIAP), yang berkedudukan di Singapura tahun 1974, dengan anggotanya terdiri dari Perkumpulan Filateli di wilayah Asia–Pasifik .

Pada tahun 2018 ini, dengan mengambil tema “Filateli Membentuk Karakter Bangsa” peringatan Hari Filateli Nasional dirayakan di berbagai tempat, antara lain di Gedung Filateli Jakarta, pada tanggal 29, 30, 31 Maret 2018.