Pos Indonesia Akan Terbitkan Prangko Habibie-Ainun

Jakarta, 9 Oktober 2017 – PT Pos Indonesia (Persero) digandeng PT Thareq Habibie Carbon untuk penerbitan Prangko Habibie – Ainun beserta penjualannya. Perjanjian Kerja Sama Antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Thareq Habibie Carbon dilakukan di Gedung Pos Ibukota, Jakarta Pusat (9/10).

Ruang lingkup perjanjian ini adalah kerjasama dengan itikad baik dalam hal pencetakan Prangko Habibie & Ainun. Bentuk serta jenis kegiatan yang hendak dilaksanakan oleh kedua belah pihak meliputi pembuatan desain, tema dan gambar, pengaturan dan kesepakatan tentang hak cipta, dan Prangko Habibie & Ainun tersebut akan dijadikan sebagai benda koleksi berharga bagi mitra pihak PT Thareq Habibie Carbon maupun bagi masyarakat umum.

Prangko Habibie & Ainun dicetak dalam jumlah terbatas dan setiap edisi bernomor seri. Prangko tersebut menurut rencana dicetak dalam 7 (tujuh) edisi, masing-masing edisi/ seri sebanyak 100.000 lembar dan per serinya berisi 4 (empat) keping prangko.

Tidak hanya itu akan diterbitkan juga Replika Prangko Emas Habibie & Ainun, masing-masing sebanyak 18 (delapan belas) keping dengan 4 (empat) jenis desain yang berbeda, atau total akan diterbitkan sebanyak 72 (tujuh puluh dua) keping Replika Prangko Emas Habibie & Ainun.

Pihak PT Thareq Habibie Carbon pun akan menerbitkan Special Edition (Edisi 8 Windu Pernikahan Habibie & Ainun) yang dicetak dalam lembaran emas, masing-masing sebanyak 125 (seratus dua puluh lima) keping dari 4 (empat) jenis desain yang berbeda atau total sebanyak 500 (lima ratus) keping Replika Prangko Emas Edisi Khusus 8 Windu Pernikahan Habibie & Ainun. Penggunaan dan penyebaran Replika Prangko Emas tersebut sepenuhnya akan dilakukan oleh pihak PT Thareq Habibie Carbon.

Prangko Habibie-Ainun dibuat dalam jumlah terbatas dan dicetak melalui proses security printing oleh pihak Peruri. Keluarga Habibie telah berkomitmen untuk tidak mencetak ulang dengan alasan apapun Prangko Habibie & Ainun tersebut. Setiap lembar edisi Prangko Habibie & Ainun dilengkapi dengan QR code yang dapat di scan untuk link yang ditentukan, dan dilengkapi quote tentang cinta Habibie & Ainun yang inspiratif. Setiap edisi prangko tersebut, terdiri dari lebih kurang 5.000 foto-foto Habibie dan Ainun yang terangkai indah membentuk gambar (portrait).

Melalui momentum penerbitan ini, PT Pos Indonesia (Persero) berharap masyarakat khususnya generasi milenial mulai menunjukkan minatnya kembali terhadap prangko, bukan hanya sebagai media pelunasan bea pengiriman surat, tetapi lebih mengenal Indonesia melalui tokoh-tokohnya yang penuh inspiratif. Prangko dapat menjadi rujukan bagi masyarakat khususnya bagi sekolah, akademi dan perguruan tinggi sebagai dokumen, sumber literasi yang mampu mengabadikan sejarah dan peradaban dunia. PT Pos Indonesia (Persero) juga berharap melalui prangko, masyarakat memperoleh sumber daya baru dalam rangka meningkatkan ketrampilannya, khususnya ketrampilan kognitif membaca dan menulis. Dengan kemampuan literasi melalui media prangko, diharapkan dapat memberdayakan dan meningkatkan kualitas individu, keluarga, masyarakat melalui secarik kertas kecil yang merupakan jendela dunia tersebut.