Badan Afiliasi

Written by Super User on . Posted in Profil Perusahaan

YAYASAN

Dana Pensiun Pos (Dapenpos)

Keputusan Direksi PT. Pos Indonesia (Persero), Pendiri Dana Pensiun Pos Indonesia Nomor : KD 53/Dirut/1204 tanggal 6 Desember 2004 tentang Peraturan Dana Pensiun Pos Indonesia pada pasal 12 ayat (7) menyatakan bahwa salah satu tugas dan kewajiban Pengurus adalah Menyusun Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Dapenpos yang didalamnya juga memuat Rencana Investasi Tahunan.

Rencana Kerja dan Anggaran Dapenpos tahun 2007 disusun dengan tetap berpedoman pada Sasaran Pokok Dapenpos yaitu mempercepat pencapaian Rasio Kecukupan Dana lebih dari 100% serta memperhatikan visi dan misi Dapenpos maupun Arahan Investasi Dana Pensiun Pos Indonesia yang dituangkan dalam Keputusan Direksi PT. Pos Indonesia (Persero) selaku Pendiri Dapenpos No. KD.40/Dirut/0606.

VISI dan MISI
Visi
Menjadikan Dapenpos sebagai pengelola Program Pensiun Manfaat Pasti yang profesional yang mampu memberikan kepuasan dan nilai tambah bagi Peserta, Pendiri, Karyawan dan Mitra Kerja.
Misi
  • Mengelola pembayaran manfaat pensiun berkala tepat waktu, tepat jumlah dan tepat penerima.
  • Mengelola dana yang berasal dari Peserta dan Pendiri dengan pertumbuhan yang dinamis dalam upaya memperbaiki penghasilan Peserta dan meringankan kewajiban Pendiri.
  • Turut serta membangun semangat kerja dan ikatan yang lestari diantara para Peserta.

Sasaran Pokok

Pengelolaan Dana Pensiun Pos Indonesia berorientasi pada sasaran pokok, yaitu:

  1. Mempercepat pencapaian dana terpenuhi (fully funded) dengan Rasio Kecukupan Dana 100% atau lebih.
  2. Penyempurnaan pengelolaan Dana Pensiun Pos Indonesia.

Sasaran Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2007

Dalam upaya mencapai Sasaran Pokok tersebut di atas, dengan melihat kondisi makro dan mikro ekonomi pada umumnya serta hasil evaluasi kinerja tahun 2006, maka ditetapkan sasaran Rencana Kerja dan Anggaran tahun 2007 adalah:

  • Implementasi strategi investasi berupa pencapaian hasil investasi sebesar 12,93%.
  • Optimalisasi hasil usaha dan pemberdayaan unit usaha.

Strategi Operasional

Untuk mencapai sasaran Rencana Kerja dan Anggaran Tahun 2007 tersebut, maka ditetapkan strategi operasional sebagai berikut:

  • Optimalisasi struktur portofolio investasi.
  • Peningkatan kualitas tata kelola dan kompetensi SDM.
  • Pembangunan dan pengembangan kesisteman Dapenpos.