Rejuvenetion : Pos Indonesia Luncurkan Layanan dan Inovasi Baru

Bandung, 27 September 2017 – Maraknya jumlah pemain di dunia jasa kurir dipicu oleh aktivitias belanja online yang semakin tinggi, terutama di kalangan masyarakat Millennial, dan Pos Indonesia adalah perusahaan milik negara yang sudah sejak awal berdirinya memberikan jasa pengiriman paket kepada masyarakat.Pos Indonesia meresponnya untuk siap menjadi pemenang dan tumbuh menjadi perusahaan yang lebih modern mengikuti perubahan zaman.

Untuk mengembalikan keberadaan Pos Indonesia khususnya kepada generasi milenial, Pos Indonesia melakukan launching beberapa layanan yaitu m-kantorpos dan MailPos di Kantor Pusat Pos Indonesia Jl Cilaki Bandung (29/9).

“Di era milennial, persaingan dan tantangan bisnis jasapos saat ini semakin berat bukan hanya antar kompetitor tetapi juga dengan tuntutan kastemer semakin tinggi, pergeseran perilaku kastemer turut berubah beriringan dengan teknologi, produk teknologi akan mengikuti gaya hidup masyarakat millennial. Dengan dua layanan M-Kantorpos dan MailPos diharapkan dapat mengembalikan eksistensi Pos di generasi milenial.” ucap  Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono dalam sambutannya.

Tidak hanya itu pada kesempatan yang sama dilakukan peluncuran sarana kerja Pak Pos (Mr Postman) yaitu Jaket Pengantar Pos. “Saat ini Perusahaan sedang melakukan Brand Rejuvanetion (re-branding), terutama pada bisnis jasa kurir.Salah satu strategi yang akan ditempuh adalah campaign melalui sarana kerja yang bersifat mobile dan dapat dengan mudah dilihat langsung oleh masyarakat luas, yaitu sarana kerja pengantar pos atau yang lebih dikenal Pak Pos atau Secara Branding dikenal dengan Mr. Postman.” jelas Gilarsi.

Selain itu, imbuh Gilarsi, Pos Indonesia saat ini tengah fokus dan concern terhadap langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan agar bisnis Pos Indonesia bisa bertahan di tengah persaingan yang begitu ketat sehingga mampu bertahan di masa mendatang. Untukitu, pria kelahiran 10 Februari 1962 tersebut menyebut terdapat 3 langkah sebagai key success agar bisnis Pos Indonesia kompetitif yaitu, agile (lincah), adabtable (mudah beradaptasi) dan speed (kecepatan). “Ketiga langkah tersebut yang akan membawa Pos Indonesia jauh lebih kompetitif kedepan sehingga sebagai fungsi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mampu menciptakan kinerja keuangan yang jauh lebih baik,” jelas Gilarsi.
Dengan 3 langkah key success tersebut Pos Indonesia membuat sistem penjualan yang diberi nama Sales Force. Sales Force adalah layanan tim sales Kantor Pos. Tim sales force akan melakukan layanan Kantor Pos dengan door to door kepada pelanggan. Tim sales force ini akan dibekali dengan gadget yang sudah terintegrasi dengan sistem Kantor Pos, sehingga tim sales force dalam memberikan pelayanan Kantor Pos di manapun.

Penghargaan Agenpos Terbaik Nasional 2017
Saat ini Pos Indonesia tengah dihadapkan sejumlah tantangan besar salah satunya yaitu dengan situasi yang disruptif. Sebagai contoh pada sektor jasa keuangan, dimana pada tahun 2015 silam pemerintah telah meresmikan regulasi terkait izin perbankan yang mempersilahkan untuk membuka cabang tanpa harus memiliki kantor (branchless banking). Untuk menghadapi kondisi disruptif, Pos Indonesia mengembangkan dan membina Agenpos yang saat ini terdapat 4.747 Agenspos Kurir dan 49.297  Agenpos Pospay.
Kinerja Agenpos  posisi sampai dengan Agustus 2017, dengan kontribusi pendapatan sebesar Rp352 M atau 32 % dari total pendapatan Kurir Ritel Kantorpos (Rp1.052 M). Sedangkan Agenpos Pospay dengan kontribusi  Rp 68 M atau 30 % dari total pendapatan Bisnis Pospay.

Dalam rangka memotivasi kinerja Agenpos, pada tanggal 1 Sepetember 2017 telah diluncurkan sistem baru fee imbal jasa progressive, dimana fee imbal jasa tidak ddihitung flate rate, tetapi di hitung secara tiering  sesuai omset pendapatan : 1.Broncze ( sd. Rp 10 jt dengan Fee Imbal jasa 17,5 %), 2) Silver ( . Rp 10 Jt sd. Rp 50 Jt Fee Imbaljasa 20%) 3).Gold ( > Rp 50 Jt fee imbal jasa 22,5 %). Kondisi eksisting klasifikasikan agenpos bila di maping berdasarkan berdasarkan omzet pendapatan : 1)Agenpos Broncze  sebanyak : 75 %  2) Agenpos Silver sebanyak  = 20 %   3) Agenpos Gold  sebanyak = 5 %.

Atas kinerja dan kontribusi Agenpos kepada pendapatan Jasa Kurir dan Pospay, Pos Indonesia memberikan penghargaan kepada Agenpos Terbaik Nasional 2017.

“Untuk itu pada moment yang luar biasa ini, Atas nama Direksi PT Pos Indonesia saya ucapkan selamat kepada para Juara Agenpos Terbaik Nasional 2017,Semoga prestasi yanga telah dicapai bisa dipertahankan dan bahkan lebih ditingkatkan lagi.Saya ucapkan terima kasih dan pengahargaan setinggi-tinggiya kepada Agenpos Terbaik diseluruh Nusantara.” pungkas Gilarsi.