Satuan Pengawasan Internal

header spi pos 97-min

DASAR HUKUM
  • Undang-Undang RI No.19 tahun 2003 tanggal 19 Juni 2003
    tentang Badan Usaha Milik Negara
  • Peraturan Menteri BUMN Nomor : Per.01/MBU/2011
    tanggal 01 Agustus 2011 tentang Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance) pada BUMN

 

TUGAS POKOK DAN TANGGUNG JAWAB
  • Efektivitas penetapan sasaran dan program pemeriksaan SPI dan Perwakilan SPI;
  • Perencanaan audit yang meliputi penetapan tujuan audit dan lingkup pekerjaan, memperoleh informasi pendahuluan (background information) tentang kegiatan atau obyek yang akan diaudit, menentukan jumlah dan kornpetensi auditor yang diperlukan untuk melaksanakan audit;
  • Tersedianya   pedoman   pemeriksaan   internal, kelengkapan   dan   keutuhan (comprehensiveness) kebijakan audit;
  • Pengembangan sistem pengawasan yang efektif dengan biaya yang wajar ;
  • Pelaksanaan audit terhadap Kantor Pusat PT Pos Indonesia (Persero) termasuk seluruh Direktorat dan Unit kerja di bawahnya, Kantor Regional, dan memastikan bahwa audit terhadap Pelaksana Teknis telah dilaksanakan oleh Perwakilan SPI;
  • Efektivitas   penyelenggaraan   fungsi   pemeriksaan   internal,  dan   kualitas   hasil pemeriksaan sehingga dapat  terdeteksi  secara  cepat  kemungkinan  fraud  yang akan terjadi;
  • Terselenggaranya koordinasi dan kerjasama yang efektif, baik dengan pihak internal (seluruh unit kerja} maupun dengan pihak eksternal (BPK, BPKP, Ak untan Publik);
  • Mengelola dan  mengendalikan tindak lanjut hasil pemeriksaan auditor external (BPK, BPKP, Akuntan Publik) untuk memberikan respon kepada auditor external;
  • Ketepatan, akurasi, dan kewajaran laporan hasil pemeriksaan yang berisi temuan pemeriksaan, analisa, dan rekomendasi yang disampaikan kepada Direktur Utama, Direktur terkait, dan Komite Audit;
  • Tercapainya sasaran pemeriksaan dan penilaian sesuai dengan program pemeriksaan yang telah ditetapkan;
  • Review terhadap pelaksanaan kegiatan Perwakilan SPI dan rnemastikan bahwa seluruh audit telah dilaksanakan sesuai dengan standar audit internal yang telah didokumentasikan dalam Manual Audit Internal Perusahaan;
  • Pengelolaan dan pengendalian anggaran di SPI.
Visi
Menjadi penilai profesional bagi kepentingan manajemen dalam mencapai tujuan perusahaan.
Misi
Melakukan kegiatan penilaian aktivitas Perusahaan yang objektif dan tidak memihak, memberikan masukan/informasi kepada manajemen melalui laporan yang lengkap, akurat dan tepat waktu, serta mengoptimalkan peran Colleague, Competence, Compliance, Catalyst dan Consultant.

Melaksanakan pengujian dan assurance, konsultasi dalam bidang pengendalian intern, Good Corporate Governance (GCG) dan Risk Management.

Kantor Perwakilan SPI di 11 Wilayah Kerja
  • Kaper SPI I : di Medan
  • Kaper SPI II : di Padang
  • Kaper SPI Ill : di Palembang
  • Kaper SPI IV : di Jakarta
  • Kaper SPI V  : di Bandung
  • Kaper SPI VI : di Semarang
  • Kaper SPI VII : di Surabaya
  • Kaper SPI VIII : di Oenpasar
  • Kaper SPI IX : di Banjarbaru
  • Kaper SPI X  : di Makassar
  • Kaper SPI XI : di Jayapura