Sebelum Mengirim Barang Ke Luar Negeri, Perhatikan 3 Hal Berikut

Semenjak berbagai jasa ekspedisi hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat, mengirim barang ke daerah yang berbeda kini semakin terasa mudah. Bahkan Anda punbisa mengirim barang ke luar negeri dengan beberapa prosedur tertentu.

Berbeda dengan aktivitas pengiriman barang di dalam negeri yang dapat dilakukan dengan sangat mudah, mengirim barang ke luar negeri cenderung tricky karena harus melewati tahapan khusus. Tidak hanya itu, jumlah perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang melayani aktivitas pengiriman barang ke luar negeri juga jauh lebih sedikit jumlahnya. Namun untung saja, POS Indonesia memiliki layanan tersebut!

Pada dasarnya prosedur standar pengiriman barang ke luar negeri hampir sama dengan prosedur pengiriman barang di dalam negeri. Singkatnya, untuk mengirim barang ke luar negeri, Anda harus:

Mengajukan Permohonan Pengiriman Barang

Sama seperti halnya proses pengiriman dalam negeri, langkah awal yang harus dilakukan saat hendak mengirim barang ke luar negeri adalah mengajukan permohonan pengiriman barang ke perusahaan jasa ekspedisi yang akan digunakan. Dalam langkah ini, Anda dapat mengunjungi perusahaan pengiriman barang secara langsung, atau memanggil kurir perusahaan untuk menjemput barang kiriman Anda (jika perusahaan yang digunakan menyediakan layanan jemput barang).

Memberikan Informasi Terkait Pengiriman Barang

Setelah Anda mengajukan permohonan mengirim barang ke luar negeri, selanjutnya pihak perusahaan ekspedisi akan meminta beberapa informasi pendukung yang terakit dengan aktivitas pengiriman barang seperti alamat tujuan pengiriman, nomor telepon yang dapat dihubungi, jenis layanan pengiriman yang ingin digunakan, layanan asuransi, dan berbagai macam informasi terkait lainnya.

Membayar Ongkos Pengiriman Barang

Setelah semua informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan telah selesai Anda berikan, karyawan perusahaan ekspedisi biasanya akan langsung memberitahu Anda mengenai besaran tarif kirim yang akan dibebankan kepada Anda sekaligus memberikan beberapa alternatif pembayaran yang dapat Anda gunakan. Lalu setelah Anda membayar tarif yang ditagihkan, permohonan pengiriman barang Anda ke luar negeri akan segera diproses.

Tarif Pengiriman ke Luar Negeri dengan POS Indonesia

Tak hanya melayani pengiriman paket barang maupun dokumen dalam cakupan domestik, Pos Indonesia juga memudahkan Anda dalam mengirim barang ke luar negeri dengan produk andalannya yang bernama EMS (Expess Mail Service). Bahkan untuk urusan tarif, Pos Indonesia menawarkan ongkos kirim yang tergolong lebih murah dari pada kompetitor lainnya.


Pada umumnya, biaya mengirim barang ke luar negeri pada POS Indonesia turut dipengaruhi oleh beberapa hal di bawah ini:

  • Bobot dan dimensi barang yang akan dikirim
  • Jenis layanan yang akan digunakan (laut / darat / udara)
  • Besaran biaya asuransi yang akan digunakan
  • Biaya packing, dll.

Itulah hal-hal yang patut Anda perhatikan sebelum mengirim barang ke luar negeri. Bersama POS Indonesia, percayakan barang Anda selamat sampai di negara tujuan tanpa kurang sedikitpun.