Sekarang Anda Bisa Cek Kiriman Pos Via Situs Pos Indonesia

Pos Indonesia di seluruh dunia mulai berbenah. Berusaha menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Seperti yang diketahui jika saat ini sudah sangat jarang orang yang mengirimkan surat menggunakan layanan Pos Indonesia. Hampir semua manusia saat ini sudah memanfaatkan email untuk mengirimkan surat atau dokumen lainnya yang dianggap lebih praktis dan dan bisa diakses lewat gadget.

Kini Pos Indonesia bukan hanya melayani mengiirm surat saja, tapi juga merambah ke layanan jasa kurir. Melalui jasa kurir, layanan pos memudahkan Anda untuk mengirimkan berbagai jenis barang. Biasanya jasa paket menyediakan beberapa pilihan yang dibedakan dari harga dan juga lamanya paket tersebut sampai ke penerima. Semakin cepat, paket diantarkan maka harga akan lebih mahal. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan Anda.

Sebenarnya layanan jasa kurir di PT Pos Indonesia bukan hal baru, karena PT Pos Indonesia telah melayani jasa pengiriman paket. Tapi saat ini jasa kurir lebih digencarkan karena seiring adanya kemunculan jual beli online yang praktis lewat gadget dan ditambah dengan banyaknya pesaing perusahaan jasa kiriman dari swasta.

Bukan hanya layanannya saja yang mengalami kemajuan. Perubahan PT Pos Indonesia juga bisa dilihat dari kemunculan situs resmi PT Pos Indonesia. Ini menandakan juga jika perusahaan jasa kirim ini lebih kekinian daripada yang dulu. Di situs resminya yakni www.posindonesia.co.id, salah satu aktivitas yang bisa Anda lakukan adalah melakukan cek kiriman.

Anda pasti pernahkan merasa khawatir, cemas, atau tidak sabar menunggu paket atau dokumen yang Anda kirimkan apakah sudah sampai pada orang yang dituju atau alamat yang benar atau malah tertukar bahkan hilang? Nah, untuk mengatasi “rasa penasaran” tersebut, PT Pos Indonesia dalam situsnya menyediakan laman khusus untuk memudahkan Anda melakukan cek kiriman.

Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cek kiriman melalui situs Pos Indonesia.

  • Buka situs resmi pos Indonesia yakni www.posindonesia.co.id
  • Setelah muncul halaman utama, di bagian atas kiri, disediakan menu untuk melacak kiriman. Anda bisa memasukkan nomor barcode kiriman Anda di kolom tersebut. Setelah itu masukkan juga kode keamanan yang sudah disediakan lalu klik “cari kiriman” atau tekan enter. Atau bisa juga mengakses link http://www.posindonesia.co.id/tnt/?ii=lacak-kiriman. Di link tersebut akan muncul laman lacak kiriman. Caranya hampir sama dengan yang di halaman utama, hanya saja di link tersebut, Anda harus memilih jenis pencarian. Terdapat 3 pilihan dalam jenis pencarian ini yakni kiriman umum (default), kiriman korporat/mitra, dan kiriman wesel pos.
  • Setelah itu akan terbuka hasil lacak kiriman di layar baru dan memuat informasi-informasi terkait kiriman Anda seperti nomor resi kiriman Anda, lokasi, status, tanggal status, dan keterangan keberadaan status kiriman Anda.

Pada kolom nomor kiriman atau barcode berisi nomor resi kiriman Anda. Sementara pada kolom lokasi, berisi lokasi terakhir tempat kiriman Anda berada. Untuk kolom status, akan berisi status kiriman pos Anda. Sementara tanggal status akan berisi tanggal status keberadaan kiriman Anda. Dan pada kolom keterangan akan berisi keterangan keberadaan status kiriman Anda. Dengan Anda melakukan cek kiriman melalui situs PT Pos Indonesia, akan sangat memudahkan Anda untuk memantau kiriman Anda secara real time.