Sukseskan Program Pemerintah Pos Indonesia Dukung Penuh Program Literasi Nasional di Kantorpos Bandung

Bandung, 17 Juli 2017 – Sebagai bentuk implementasi “BUMN Hadir Untuk Negeri” setiap perusahaan BUMN dituntut untuk memberikan kontribusi nyata dalam membantu masyarakat. Peran Pos Indonesia melalui program layanan kiriman buku bebas biaya pengiriman diharapkan bisa menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap buku serta turut mendukung pemerataan pendidikan melalui budaya literasi sampai ke pelosok nusantara.

Dalam rangka mensukseskan Gerakan Literasi Nasional, Pos Indonesia di Kantor Pos Bandung Jl Asia Afrika no 49 Bandung (17/7) menggelar acara Kiriman Buku Secara Gratis yang diisi dengan berbagai acara antara lain talkshow, sosialisasi dan donasi buku. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, Direktur Keuangan dan Umum PT Pos Indonesia (Persero) Eddy Santosa, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Perpustakaan, dan para pegiat literasi.

“Program kirim buku gratis setiap tanggal 17 ini sebagai bentuk impelementasi BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan Pos Indonesia untuk mendukung gerakan pemerataan pendidikan melalui budaya literasi sampai ke pelosok nusantara”, ujar Kepala Regional V Jawa Barat.

Pengiriman buku bebas biaya bisa dilakukan di kantorpos (kecuali agenpos). Pengirim donasi buku merupakan pegiat literasi dan masyarakat umum yang akan menyumbangkan buku kepada pengelola Taman Bacaan masyarakat di seluruh Indonesia. Melalui program ini donatur dapat mengirim 1 buah paket buku seberat maksimal 10 kg secara gratis. Kebijakan pembebasan biaya pengiriman buku ke seluruh Indonesia ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebagai solusi dari keluhan para aktivis literasi atas tingginya biaya pengiriman terutama ke wilayah pelosok dan daerah terluar Indonesia.

Deputi Edwin Hidayat Abdullah dalam sambutannya pada gelaran acara soft launching tanggal 17 Juni 2017 di Kantorpos Jakarta Timur mengatakan, program pengiriman buku secara gratis ini sudah seharusnya menjadi tanggungjawab kita bersama. “Tidak hanya Pos, nanti saya akan minta BUMN-BUMN terkait untuk mendukung program ini,” katanya.

Program pengiriman gratis donasi buku ini lanjutnya murni kegiatan sosial yang kelihatan kecil tapi diharapkan berdampak luas di masyarakat.

“Pos Indonesia tidak bisa sendiri, tentu juga akan didukung oleh BUMN-BUMN terutama yang skala besar, agar lebih besar kapasitas dan berkesinambungan.” terang Edwin.

 

Daftar Alamat Taman Bacaan Masyarakat