Syarat dan Ketentuan Internasional

pos-internasional-min

SYARAT DAN KETENTUAN

  1. Syarat dan Ketentuan Jasa Pelayanan
  • Setiap pengirim berhak mendapatkan bukti pengiriman berupa resi atau struk pengiriman.
  • PT Pos Indonesia (Persero) bertanggung jawab terhadap kiriman yang dikirim bila pengirim telah membayar lunas semua biaya pengiriman dan biaya lainnya (kecuali bila ada kesepakatan tertentu, termasuk pembayaran kredit bagi pelanggan dengan Perjanjian Kerja Sama)
  • Selama belum diserahkan kepada penerima, hak atas kiriman masih berada di tangan pengirim, oleh karena itu tuntutan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan kiriman hanya dapat diajukan oleh pengirim.
  • Pernyataan tertulis pengirim tentang isi kiriman pada Formulir pengiriman, harus sama dengan isi kiriman sebenarnya. Bila tidak sesuai, maka pengirim bertanggung jawab sepenuhnya atas segala dampak yang timbul akibat pelanggaran hukum yang dilakukannya.
  • PT Pos Indonesia (Persero) hanya bertanggung jawab terhadap kerusakan fisik isi kiriman, dan tidak bertanggung jawab serta tidak memberikan ganti rugi atas kiriman yang diakibatkan oleh:
  1. Kerugian atau kerusakan yang disebabkan unsur kesengajaan oleh pengirim.
  2. Pelanggaran terhadap aturan Dangerous Goods, Prohibited Items dan Restricted Items.
  3. Isi kiriman yang tidak sesuai dengan pernyataan tertulis pada Bukti / Formulir Pengiriman.
  4. Semua risiko teknis yang terjadi selama dalam pengangkutan, yang menyebabkan barang yang dikirim tidak berfungsi atau berubah fungsinya baik yang menyangkut mesin atau sejenisnya maupun barang-barang elektronik seperti halnya : handphone, kamera, radio/tape dan lain-lain yang sejenis.
  5. Kerugian atau kerusakan sebagai akibat oksidasi, kontaminasi polusi dan reaksi nuklir.
  6. Kerugian atau kerusakan akibat force majeure seperti : bencana alam, kebakaran, perang, huru-hara, aksi melawan pemerintah, pemberontakan, perebutan kekuasaan atau penyitaan oleh penguasa setempat.
  7. Kerugian tidak langsung atau keuntungan yang tidak jadi diperoleh, yang disebabkan oleh kekeliruan dalam penyelenggaraan pos (UU No. 38 tahun 2009).
Express Mail Service (EMS)
menu-posinternasional-min
Paket Cepat Internasional
Pos Ekspor
Pos Tercatat Internasional
Paket Biasa Internasional
Pos Udara Internasional

2. Ketentuan Jaminan Ganti Rugi

RUANG LINGKUP
SYARAT JAMINAN GANTI RUGI
HAK ATAS TUNTUTAN GANTI RUGI
HILANGNYA HAK GANTI RUGI
NILAI JAMINAN GANTI RUGI
BEA LAYANAN JAMINAN GANTI RUGI
BESAR GANTI RUGI