Tata Cara Kirim Dokumen Lewat Pos Indonesia

Mengirim dokumen penting kini terasa lebih mudah dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Aman dan terpercaya, dokumen apapun pasti selamat sampai tujuan. Jumlah titik layanan (Point of Sales) Pos Indonesia saja mencapai 58.700 titik dalam bentuk Pos Indonesia, Agenpos, Mobile Postal Service, dan lain-lain. Pos Indonesia memiliki jaringan yang dedicated, sistem distribusi yang handal, Track and Trace, layanan yang prima, kecepatan, ketepatan,  serta harga yang kompetitif. Pos Indonesia merupakan tempat strategis  untuk transaksi penjualan dan atau distribusi barang dan jasa. Apa sajakah jenis kiriman khusus dokumen di Pos Indonesia tersebut?

Pos Express

Pos Express merupakan layanan premium milik Pos Indonesia untuk pengiriman cepat dan aman dengan jangkauan luas ke seluruh wilayah Indonesia. Layanan ini menjadi pilihan tepat dan terpercaya untuk mengirim dokumen.

Surat Pos Biasa

Layanan pengiriman dokumen, surat, dan kartupos untuk semua lapisan masyarakat menggunakan prangko sesuai dengan tarif yang berlaku untuk wilayah tertentu. Kemudahan akses dan jangkauan pelayanan.  Surat Pos Biasa dapat dikirim melalui loket Pos Indonesia mana saja.

Express Mail Service (EMS)

Layanan pengiriman surat atau barang dengan standar waktu penyampaian maksimum H+5 dalam jaringan internasional terbatas. Jaringan EMS menjangkau lebih dari 230 negara yang terus akan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat.

Cara kirim dokumen tersebut juga tidaklah sulit. Untuk mengetahui cara kirim dokumen yang benar lewat Pos Indonesia, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Cara kirim dokumen yang pertama tentu datang ke Pos Indonesia terdekat. Segera ambil antrian setelahnya, atau bisa langsung ke meja Pegawai untuk menanyakan prosedur pelayanan terlebih dulu.
  • Selanjutnya pegawai Pos Indonesia akan membuka menu pengiriman barang di komputer, lalu menanyakan alamat tujuan secara detil. Sebutkan juga kode posnya agar lebih cepat. Setelah itu, petugas juga akan meminta identitas pengirim paket (biasanya KTP) untuk diinput ke dalam formulir pengiriman paket di komputer.
  • Lain dulu lain sekarang. Jika dulu saat mengirim paket, Anda diberikan kertas formulir untuk dilengkapi, sekarang semua prosedur yang dijalankan sudah lebih terkomputerisasi. Cara kirim dokumen dengan sistem ini tentu akan lebih memudahkan Anda. Tak terkecuali di Pos Indonesia tingkat kecamatan.
  • Jika Anda memilih layanan kilat tanpa perangko, umumnya dokumen tersebut sampai di tujuan pada hari berikutnya. Namun usahakan tidak datang ke Pos Indonesia lewat dari jam 1 siang. Sebab jika lewat dari jam tersebut, dokumen Anda akan dikirim pada hari berikutnya. Layanan kilat sangat dianjurkan untuk dokumen penting agar cepat sampau tujuan.
  • Setelah data selesai diinput dengan benar, kalkulasi biaya pengiriman pun akan muncul. Sebagai contoh, jika barang yang dikirim adalah SIM dengan nilai barang Rp. 250.000,- kemudian dikirim dari Wonosari ke Semarang, maka kalkulasi biaya pengiriman yang muncul adalah seharga Rp. 14.000,-. Biaya pengiriman ini berbeda-beda, tergantung nilai barang dan jarak tempuh antar kota atau negara tujuan Anda.
  • Cara kirim dokumen yang terakir, lakukan pembayaran sesuai nominal yang diminta. Lalu, jangan lupa simpan resi pengiriman yang diberikan. Resi pengiriman tersebut berisi nomor yang bisa Anda pakai untuk melacak keberadaan dokumen setelah dikirim nantinya.

Semua proses pelayanan ini hanya memakan waktu kurang lebih 5 sampai dengan 10 menit. Karena sudah komputerisasi dan online, hal yang membuat lama biasanya saat menunggu antrian saja. Itulah cara kirim dokumen yang mudah melalui Pos Indonesia. Kemanapun tujuan pengiriman Anda, Pos Indonesia akan mengantarnya!