Tips Aman Mengirim Barang Melalui Jasa Ekspedisi di Indonesia

Mengirim barang dari satu tempat ke tempat lainnya, atau dari satu kota ke kota lainnya memang sudah menjadi hal biasa saat ini. Terlebih lagi sekarang banyak sekali jasa ekspedisi di Indonesia yang menawarkan akan pengiriman yang cepat dan aman, sehingga memudahkan kita dalam mengirim barang.

Tips Aman Mengirim Barang Melalui Jasa Ekspedisi Di Indonesia

Untuk mengirim barang kepada jasa ekspedisi, perlu melakukan persiapan agar barang yang dikirim sampai dengan selamat seperti saat kita pertama mengirimnya. Berikut adalah tips aman mengirim barang melalui jasa ekspedisi di Indonesia:

  • Kenali Syarat Dan Ketentuan Perusahaan Pengiriman
    Sedikit sekali informasi yang bisa didapatkan secara online, mengenai bagaimana seharusnya perusahaan pengiriman bertindak. Anda akan lebih mudah menemukan tarif pengiriman secara online, daripada apa yang terjadi jika barang Anda rusak/hilang. Tidak ada salahnya menanyakan kembali beberapa ketentuan perusahaan, dalam melakukan pengiriman barang secara SOP (Standart Operational Procedur) agar kita lebih tahu bagaimana cara kerja dari jasa ekspedisi tersebut.
  • Packaging/Kemasan
    Tips aman berikutnya adalah memastikan bahwa packaging Anda memang aman, dan tidak membuat rusak barang yang akan dikirim. Banyak sekali model packaging yang bisa kita gunakan saat mengirim barang, contohnya adalah penggunaan packaging kayu jika barang yang Anda kirimkan berupa cairan yang dikemas dalam botol kaca.

    Semakin baik kemasan yang digunakan pada barang-barang yang Anda kirim, maka akan lebih aman juga barang yang Anda kirim. Selain penggunaan kemasan kayu, Anda juga bisa menggunakan mika yang tebal dan menggunakan kotak kemasan yang kuat dan tebal.
  • Photo Kondisi Kemasan/Packaging
    Untuk menghindari kesalah pahaman yang disebabkan oleh kerusakan barang, maka ada baiknya Anda dapat memotret kondisi pertama dari barang yang akan disampaikan kepada jasa ekspedisi. Setelah barang sampai di tempat tujuan, sebaiknya mintalah si penerima untuk membuka barang kiriman tersebut di depan si pengirim jasa ekspedisi sehingga ketika terjadi kerusakan barang, maka dapat mengajukan klaim barang rusak saat dikirim.
  • Jaminan dan Asuransi
    Tips aman berikutnya adalah menggunakan jasa asuransi, meskipun akan membutuhkan biaya ekstra tambahan, tetapi hal ini sangat baik dilakukan agar barang yang Anda kirim aman apabila terjadi kehilangan atau kerusakan.

Dari tips aman mengirim barang diatas bisa kamu jadikan referensi ketika mengirim barang, selain tips diatas Anda juga perlu melakukan pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi di Indonesia yang berkompeten dibidangnya. Karena, memang saat ini banyak sekali jasa ekspedisi yang menawarkan produk tersebut. Namun, hanya sedikit yang memang benar-benar berkompeten dibidangnya.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Memilih Jasa Ekspedisi di Indonesia

Lalu bagaimana cara memilih jasa ekspedisi di Indonesia yang memang patut dan layak untuk Anda pilih? Berikut adalah hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih jasa ekspedisi di Indonesia yang bisa Anda pilih:

  • Perhatikan jangkauan pengiriman
    Baik jasa pengiriman barang murah atau tidak, yang terpenting adalah bagaimana jangkauan dari penyedia jasa ekspedisi tersebut. Dalam mengetahui jangkauan pelayanan ini memang menjadi kunci utama dalam ketepatan pengiriman.
    Sebab, tidak semua penyedia jasa ekspedisi menjangkau berbagai wilayah, dan sebuah kekeliruan ketika Anda memilihnya namun lokasi tujuan tidak terjangkau oleh penyedia jasa ekspedisi tersebut. Untuk itu, pastikan kembali apakah jasa ekspedisi tersebut memiliki cakupan yang luas dan menjangkau berbagai daerah.
  • Pilih yang memberikan asuransi dan jaminan
    Asuransi dan jaminan tidak hanya harus dimiliki oleh jasa pegiriman barang antar pulau saja, tetapi juga pada jasa-jasa lainnya yang cakupannya terbatas. Adanya jaminan tidak lain untuk membuat pengiriman lebih aman, karena terkadang barang yang dikirim bisa saja mengalami kerusakan atau hilang akibat kekeliruan yang dilakukan oleh penyedia jasa ekspedisi.
    Maka, ketika hal ini terjadi. Penyedia jasa ekspedisi bisa mengganti barang tersebut sebagai bentuk tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukan oleh pihak jasa ekspedisi tersebut.
  • Customer service mudah dihubungi
    Pilihlah jasa ekspedisi yang memiliki layanan customer service (CS) yang mudah dihubungi. Jika CS mudah untuk dihubungi, maka Anda bisa dengan mudah mengajukan berbagai pertanyaan, bahkan juga komplain. Selain itu, mudahnya CS dihubungi itu menandakan jika jasa ekspedisi tersebut bagus. Karena, penyedianya bertanggung jawab untuk memberikan kepercayaan sepenuhnya buat calon pengirimnya.
  • Akses Tracking
    Memiliki akses tracking akan memudahkan Anda dalam memantau barang pengiriman yang Anda lakukan. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan Anda sebagai pengguna jasa ekspedisi, dengan adanya trancking ini tentunya akan memudahkan penerima dan pengirim untuk tahu status barang di website yang disediakan.

Dari tips di atas bisa Anda jadikan referensi dan bahan pertimbangan dalam memilih jasa ekspedisi di Indonesia, dan saat ini jasa ekspedisi di Indonesia yang memiliki kredibilitas tinggi adalah Pos Indonesia. Sebab, Pos Indonesia merupakan jasa ekspedisi yang memang telah berpengalaman dari tahun ke tahun. Selain itu Pos Indonesia memiliki jangkauan yang luas, dan telah banyak di percaya oleh masyarakat Indonesia.