Upacara Jadi Acara Puncak Peringatan Harbak Ke-73

Jakarta, 27 September 2018 – Hari Bhakti Postel diperingati setiap tahun oleh Komunitas Pos dan Telekomunikasi yang terdiri dari lembaga pemerintah, penyelenggara layanan telekomunikasi, dan para pejuang PTT. Tahun ini acara puncak peringatan dengan tema “Ekonomi Digital Untuk Kesejahteraan Bangsa”. bertolak dari diambil-alihnya Jawatan Pos Telegrap dan Telepon (PTT) dari kekuasaan pemerintahan Jepang oleh putra putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegrap dan Telepon (AMPTT) pada tanggal 27 September 1945.

Peringatan Hari Bhakti Postel ke-73 tahun 2018 mengusung Tema “Ekonomi Digital Untuk Kesejahteraan Bangsa”. Pada peringatan tahun ini komunitas Postel bermaksud melebarkan cakupan stake holder yang terlibat dalam kegiatan ini, yang tidak terbatas di kalangan industri Pos dan Telekomunikasi saja tetapi lebih kepada kalangan industri digital secara lebih luas. Kegiatan pun dibuat tidak sekedar melibatkan komunitas Pos dan Telekomunikasi secara terbatas namun lebih menyasar dan melibatkan kalangan masyarakat umum.

Rangkaian dalam rangka memperingati Hari Bhakti Postel ke-73 diawali dengan Turnamen Futsal memperebutkan Piala Menteri Kominfo yang gelar pada 15 September 2018 di Planet Futsal Jakarta. Kompetisi antar komunitas itu dimenangkan oleh tim SDPPI Kementerian Kominfo. Dilanjutkan dengan kegiatan Bali Digi Run pada 23 September 2018 di Kawasan Nusa Dua Bali. Kegiatan lomba lari menempuh jarak 7,3 kilometer ini diikuti lebih dari 400 peserta baik putra maupun putri dari segala usia dari dalam dan luar negeri ikut dalam Bali Digi Run.  Ratusan juta rupiah disiapkan untuk pemenang dalam lima kategori pelari asing laki-laki dan perempuan, pelari dalam negeri laki-laki dan perempuan, Master 40+ Foreigner, Master 40+ Indonesia dan hadiah hiburan. Peserta dalam negeri pria dan wanita serta peserta warga negara asing (foreigner) putra dan putri, dengan hadiah juara pertama Rp15 juta, juara dua Rp10 juta, dan juara tiga Rp5 juta. Untuk kategori peserta warga negara asing pria, baik juara satu, dua, dan tiga semuanya disapu peserta dari negara Benua Afrika, Kenya. Sementara untuk kategori Master 40+ (foreigner) dan peserta dalam negeri, baik putra maupun putri, berhak mendapatkan hadiah masing-masing juara pertama Rp3,7 juta, juara dua Rp2,5 juta, dan juara tiga Rp1,250 juta. Kemudian untuk hadiah hiburan diberikan kepada peserta dengan selfie unik terbaik dan kostum unik terbaik, yang masing-masing, mendapatkan hadiah Rp2,5 juta. Peserta termuda dalam lomba ini, Daniel (11 tahun), yang juga seorang turis domestik di Bali, mendapatkan hadiah sebesar Rp2,5 juta.

Puncak kegiatan Hari Bhakti Postel ke-73 dilaksanakan kegiatan upacara di halaman kantor pusat PTT (yang saat ini menjadi Kantor Pusat Pos Indonesia) Jl Cilaki No 73 Bandung pada tanggal 27 September 2018. Dalam upacara peringatan dilakukan pula penandatanganan Sampul Peringatan Hari Bhakti Postel ke-73 serta penyerahan tali kasih kepada pinisepuh anggota AMPTT-KVK LVRI.

Sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dan bakti komunitas Pos dan Telekomunikasi kepada masyarakat, dilakukan kegiatan Donor Darah di beberapa titik di Kota Bandung.

Sekilas Tentang Maskot Peringatan Hari Bhakti ke-73 “BLIP”

Mascot Blip diciptakan untuk mewakili masa depan digital Indonesia dengan tidak melepakan sentuhan kultur pada bentukannya. Blip adalah Robot yang Friendly, Helpful dan Versatile. Lengkungan antena di kepala Blip adalah visualisasi reference dari Petruk, salah satu karakter pada kisah perwayangan. Blip adalah robot yang friendly dan akan melakukan multiple roles dalam rangka peringatan Hari Bhakti Postel ini sebagai Goodwill Ambassador.

Selain sebagai nama yang terdengar sederhana, pendek dan mudah diucapkan secara universal, ada alasan unik di balik nama Blip untuk maskot Hari Bhakti Postel-73. Blip, seperti “beep” (bip) adalah bunyi atau suara pendek yang dihasilkan secara elektronik (jika anda pernah memainkan permainan _Pong_ pada komputer di awal tahun 80-an, anda akan terbiasa dengan bunyinya). Suara yang dihasilkan oleh komputer primitif dan robot pada umumnya dapat dikarakterisasi sebagai blip dan beep.

Kami juga terinspirasi oleh istilah “A blip in the continuum” yang berarti satu momentum terisolasi dalam perjalanan waktu dari masa ke masa atau dengan kata lain pada peringatan Hari Bhakti Postel ke-73 ini, kami merayakannya dengan satu identitas untuk berbagai kegiatan yang beragam guna menampilkan satu kesatuan.