Wujudkan Sinergi BUMN, Pos Indonesia Operasikan POSTshop Bersama PT RNI dan PT PPI

Bandung, 18 November 2015 – PT Pos Indonesia (Persero) tak henti-hentinya melakukan transformasi dan pengembangan bisnisnya. Kini, Pos Indonesia kembali meluncurkan POSTshop yang diberi nama POSTshop Jakartabarat Sukabumi Udik. POSTshop ini merupakan yang ke-43 dan menjadi POSTShop pertama yang dibangun dengan sinergi 3 BUMN yaitu PT Pos Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) , PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

Grand Opening POSTshop Jakartabarat Sukabumi Udik langsung dilakukan oleh Direktur Ritel dan Properti Pos Indonesia GNP Sugiarta Yasa, Dirut PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) Didik Prasetyo, Dirut PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Dayu Padmara Rengganis dengan dilakukan secara simbolis serah terima naskah Perjanjian Kerjasama Sinergi BUMN Pengelolaan POSTshop Jakartabarat Sukabumi Udik (18/11).

Konsep POSTshop sinergi BUMN ini adalah konsep penjualan ritel yang berada di ruang Kantor Pos dengan brand POSTshop dengan menggabungkan layanan milik 3 Perusahaan BUMN yaitu PT Pos Indonesia dengan layanan jasa Pos, PT RNI menyediakan produk consumer good dan PT. PPI menyediakan produk gula putih kristal.

Ketiga BUMN memiliki komitmen bersama-sama melayani masyarakat dalam sebuah tempat bernama POSTshop dengan pengelola POSTShop adalah Pos Indonesia. Namun tidak rnenutup kemungkinan kedepan, POSTshop bisa dikelola oleh Mitra baik dari BUMN, BUMD, Koperasi, UMKM, Perorangan, dsb.

Pada kesempatan peresmian Postshop ini dilaksanakan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pos Indonesia dengan PPI tentang Sinergi Kemitraan Penjualan Gula Kristal Putih. Kerjasama ini merupakan tindak lanjut MoU kedua Perusahaan BUMN tersebut yang dilakukan pada 10 Oktober lalu.

Seperti telah diketahui, PT Perusahaan Perdaganan Indonesia (Persero), sebagai representasi Pemerintah melakukan stabilisasi harga gula dan juga pemegang stok gula nasional untuk Gula Kristal Putih.

Inovasi Bisnis Pos.
POSTshop adalah inovasi bisnis Pos Indonesia yang menggabungkan layanan pos dengan layanan ritel modern. Bahkan di beberapa lokasi Kantorpos buka hingga pukul 22.00. Di POSTshop masyarakat dapat sambil berbelanja kebutuhan sehari-hari layaknya ke toko, minimarket atau convenience store, masyarakat bisa mengirim paket sekaligus membayar berbagai seperti tagihan listrik, air atau cicilan motor, kartu kredit dsb. “Di Bandung dan Denpasar bahkan POSTshop menjadi tempat nongkrong anak muda, sekaligus pebisnis online yang setiap malam bisa mengirimkan paket dagangannya”.¬† POSTshop memiliki Tagline “Kirim2-Bayar2-Belanja”.

Tidak Mengenal Jam Kantor.
Era digital sekarang ini, dimana perilaku pelanggan telah mengalami perubahan dalam bertransaksi dan mengirim barang. Kini pelanggan setiap saat dapat bertransaksi dan tidak lagi mengenal jam kantor; sehingga kantorpos harus mengantisipasinya. POSTshop saat ini memang masih memanfaatkan kantorpos yang lokasinya strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat seluruh Indonesia. Maraknya perdagangan online (e-commerce) direspon oleh Pos Indonesia dengan membuka layanan pos di POSTshop hingga pukul 22.00 Wib, bahkan beberapa POSTshop buka 24
jam.

Mitra Investor.
Sejak diluncurkan akhir 2012, Pos Indonesia telah melakukan kerjasama kemitraan POSTshop dengan peritel modern seperti Indomaret, Alfamaret, Circle K, Coffe Toffe, Lotte Mart, Dunkin Donnut, Koperasi dan beberapa pengusaha lokal dsb. Saat ini di seluruh Indonesia terdapat 38 Postshop Kemitraan dan 5 POSTshop Swakelola.

Revenue Sharing.
Yang menarik dalam mejalankan bisnis POSTshop adalah kerjasama dengan Mitra dilakukan dengan pola bagi hasil (revenue sharing), yaitu persentase hasil penjualan produk dan jasa dikurangi Ppn. Revenue sharing dibayarkan setiap bulan. Mitra memberikan revenue sharing kepada PT Pos Indonesia, antara 1,5 % hingga 10 % tergantung jenis toko POSTshop. Jadi kerjasama bukan sewa ruangan kantorpos. Makin tinggi penjualan, makin besar pula keuntungan kedua belah pihak. Keuntungan berasal dari penjualan barang dan fee penjualan layanan pos. Di POSTshop, Mitra sekaligus menjadi pengelola Agenpos dan mengoperasikan layanan kantorpos hingga malam hari. Untuk itu Mitra memperoleh keuntungan berupa fee/imbal jasa dari layanan pos, mulai dari 15% hingga 20%.

Mengundang Mitra lokal Menjadi Mitra Postshop.
Mitra atau investor yang bisa bekerjasama bukan saja dari peritel berjejaring namun juga terbuka kesempatan kepada BUMN, BUMD, Mitra Lokal, Koperasi dan UMKM. Investasi mitra dilakukan dalam bentuk renovasi gedung, penyedian rak-rak, penyedian barang dagangan (merchandise), sistem aplikasi, serta karyawan. Ke depan, POSTshop akan hadir sebagai pemain ritel yang unik di mana produk yang dijual adalah jasa pos dan produk yang berasal dari produk UMKM seperti kerajinan, oleh-oleh khas, bahkan mungkin batu akik dsb.

Untuk menjadi Mitra POSTshop bisa menghubungi Bagian Ritel dan Properti Kantor Regional Pos Indonesia, atau Divisi P0STshop Kantor Pusat Bandung, email: postshop@posindonesia.co.id