Launching Nasional Kerjasama Pemberdayaan dan Pendampingan Umum UMKM Pos Indonesia dan GP ANSOR

Public Relations, 30/06/2021

Launching Nasional Kerjasama Pemberdayaan dan Pendampingan Umum UMKM Pos Indonesia dan GP ANSOR

Nomor : 28/PR/0621

 

Jakarta, 30 Juni 2021 - Dalam upaya untuk mengembangkan kewirausahaan pemuda di Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) bekerjasama dengan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dalam pemanfaatan layanan pos untuk pengembangan kewirausahaan anggota GP Ansor.

Kerjasama tersebut diperkuat dengan Penandatanganan Kerjasama antara PT Pos Indonesia  (Persero), GP Ansor, dan PT BNI (Persero) Tbk, yang diselenggarakan dalam acara Launching Nasional Kerjasama Pemberdayaan dan Pendampingan Umum UMKM PT Pos Indonesia (Persero) dan GP Ansor diselenggarakan secara luring dan daring  pada Rabu (30/6) bertempat di Kantor PP GP ANSOR, Jalan Kramat Raya No. 65A, Jakarta Pusat pada pukul 12.30 – 14.30 WIB.

Prosesi launching nasional kerjasama ini diselenggarakan secara simbolik dengan menekan tombol simbolik launching SOBAT BAYAR.

“Bagi Pos Indonesia, kerjasama ini adalah upaya nyata meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kewirausahaan Agen pos serta memperluas jaringan layanan sehingga lebih memudahkan masyarakat untuk menggunakan layanan pos,” ujar Faizal R Djoemadi, Dirut PT Pos Indonesia (Persero).

Sementara itu, Ketua Umum GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas menyatakan harapannya akan kerjasama ini:

“Bagi GP Ansor, kerjasama ini diharapkan akan menjadi salah satu cara meningkatkan kewirausahaan pemuda dengan dengan modal yang terjangkau, perluasan akses pemasaran atas produk-produk anggota GP Ansor dan perluasan jaringan pembayaran wakaf dan travel haji dan umroh,” ungkapnya.

Sambutan berikutny disampaikan Direktur Utama PT BNI (Persero) Tbk Royke Tumilar, Ketua Umum GP Ansor H Yaqut Cholil Qoumas dan ditutup oleh Menteri BUMN RI Erick Thohir.

Sebagai informasi, pemanfaatan layanan PT Pos Indonesia ini adalah sebagai berikut: Pengelolaan Agenpos berupa outlet fisik dan layanan bergerak dengan nama SOBAT BAYAR.

Agenpos SOBAT BAYAR adalah pengembangan jaringan PT Pos Indonesia melalui kerjasama kemitraan dengan GP Ansor, anggota GP Ansor dapat membuka Agenpos SOBAT BAYAR sebagai mitra PT Pos Indonesia (Persero) dan mendapatkan sharing fee atas transaksi yang dilakukan melalui Agenpos tersebut.  Dalam pola kerjasama ini, anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero) yaitu PT Pos Finansial Indonesia sebagai pengembang aplikasi akan turut mengawal implementasinya.

  1. Untuk perluasan pangsa pasar produk-produk binaan GP Ansor, PT Pos Indonesia (Persero) akan membuat etalase produk-produk binaan tersebut di Agenpos SOBAT BAYAR. Etalase ini akan menjadi marketplace bagi produk-produk binaan GP Ansor untuk memperluas jangkauan penjualan, memperkenalkan produk-produk binaan GP Ansor kepada masyarakat lebih luas dan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan produk-produk binaan GP Ansor. Keuntungan lainnya adalah kemudahan dalam pembelian produk, pembayaran dan pengiriman produk melalui Agenpos SOBAT BAYAR.
  2. Sinergi aplikasi NuJek dengan aplikasi Agenpos dengan tujuan agar aplikasi NuJek tidak hanya menyediakan layanan transportasi online namun juga terdapat fitur untuk pembayaran tagihan serta pengiriman surat atau paket melalui PT Pos Indonesia (Persero). Keuntungan dari mitra Nujek tentunya adanya sharing fee dan masyarakat dimudahkan dalam melakukan pembayaran kewajiban seperti pembayaran tagihan listrik, angsuran serta pengiriman surat atau barang.
  3. Kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan wakaf melalui GP Ansor dengan melakukan penyetoran di Agenpos SOBAT BAYAR dan kantor pos terdekat.
  4. Perluasan jangkauan pemasaran Travel Haji dan Umroh PT Sorban Nusantara, dengan kemudahan pendaftaran, penerimaan setoran dan pelunasan dapat dilakukan di Kantor Pos yang sudah tersebar secara nasional dan melalui Agenpos SOBAT BAYAR.
  5. Kerjasama lainnya yang dapat dikembangkan secara sinergis.

Dalam acara tersebut juga dilakukan demo Live Aplikasi Demo SOBAT BAYAR Live dalam jaringan Bersama Agen Nusa Mart Batang Jawa Tengah dan ditutup dengan doa bersama.