Badan afiliasi

Badan Afiliasi Pos Indonesia
 

 

dapenpos-logo


 

YAYASAN DANA PENSIUN POS (DAPENPOS)

www.dapenpos.co.id

 

Visi

Menjadikan Dapenpos sebagai pengelola Program Pensiun Manfaat Pasti yang profesional yang mampu memberikan kepuasan dan nilai tambah bagi Peserta, Pendiri, Karyawan dan Mitra Kerja.

Misi

Mengelola pembayaran manfaat pensiun berkala tepat waktu, tepat jumlah dan tepat penerima.

Mengelola dana yang berasal dari Peserta dan Pendiri dengan pertumbuhan yang dinamis dalam upaya memperbaiki penghasilan Peserta dan meringankan kewajiban Pendiri.

Turut serta membangun semangat kerja dan ikatan yang lestari diantara para Peserta.

 

Dana Pensiun Pos Indonesia (Dapenpos) didirikan untuk mengelola pembayaran Manfaat Pensiun bagi peserta pada saat memasuki usia pensiun. Masa pensiun ini tidak sama untuk setiap peserta, sedangkan Dapenpos dituntut selalu siap setiap saat membayarkan hak peserta. Oleh karena itu, ketersediaan kualitas pendanaan jangka panjang dalam rangka memenuhi kewajiban aktuaria, yaitu kewajiban untuk memberikan manfaat pensiun kepada peserta pada waktu peserta tersebut membutuhkan menjadi keharusan. Dengan demikian diperlukan perencanaan yang disusun dalam suatu dokumen tertulis yang menjelaskan rencana Dapenpos untuk memanfaakan berbagai peluang usaha di lingkungan eksternal serta startegi yang harus dilakukan untuk menjadikan peluang tersebut menjadi kenyataan, sehingga kebutuhan pendanaan untuk memenuhi kewajiban pembayaran Manfaat Pensiun maupun pendanaan jangka panjang senantiasa terpenuhi.

 

Tujuan Penyusunan Rencana Jangka Panjang Dapenpos

Menjadi pedoman  penetapan sasaran dan target pendanaan yang harus dicapai  dalam upaya percepatan dana terpenuhi 100% (Funded) dengan Rasio Kecukupan dana (RKD) 100 % atau lebih  (fully Funded dengan RKD 120 %).

Memberikan arah dan pedoman bagi manajemen Dapenpos dan segenap jajarannya dalam mengimplementasikan kebijakan pengelolaan Dapenpos secara profesional, efisiensi dan efektif dan memenuhi prinsip pengelolaan dana pensiun yang baik (Good Pension Fund Governance).

Menemukan peluang dan tantangan dalam pengelolaan portofolio investasi Dapenpos, sehingga diharapkan mampu memberikan hasil usaha maksimal.

Menetapkan strategi dan program untuk mengupayakan kemungkinan peningkatan kesejahteraan bagi Peserta Pensiunan oleh Pendiri dengan tetap mempertahankan going concern Dapenpos.

YAYASAN PENDIDIKAN BHAKTI POS INDONESIA

Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI) bernaung sacara langsung dibawah pengawasan PT Pos Indonesia (Persero) berdiri dibidang institusi pendidikan tinggi.

UNIVERSITAS LOGISTIK DAN BISNIS INTERNASIONAL

https://admission.ulbi.ac.id/

Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) berada dibawah naungan Yayasan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI). Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) hasil merger dari Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS) dan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 334/E/O/2022 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 24 Mei 2022. ULBI merupakan Perguruan Tinggi Pertama di Indonesia yang berfokus pada keilmuan bidang Logistik, Manajemen Rantai Pasok, E-Commerce, dan Bisnis.