Hari Umkm Online Nasional Pos Indonesia Bantu Onlinekan Umkm

Admin, 25/03/2017

Hari Umkm Online Nasional Pos Indonesia Bantu Onlinekan Umkm

BANDUNG, 31 Maret 2017 – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mempengaruhi perubahan dalam tatanan kehidupan masyarakat. Bahkan, pertumbuhan ekonomi saat ini pun dapat berpengaruh besar dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), yang dikenal sebagai digital economy. Kinerja UMKM telah memberikan kontribusi lebih dari 50% terhadap kemajuan ekonomi, karena hal ini Presiden Jokowi berkomitmen untuk mengonlinekan 8 juta UMKM pada tahun 2020.

PT Pos Indonesia (Persero) berkomitmen untuk membantu mengonlinekan setidaknya 2 juta UMKM pada akhir 2018, dimana setidaknya 80% database akan didapatkan dari penerima KUR BRI. Pos Indonesia bekerjasama dengan pihak Nurbaya Initiative dalam usaha pengonlinean UMKM yang akan mengerahkan 25.000 karyawan untuk dilatih menjadi digital fasilitator untuk membantu pengonlinean UMKM.

Selain dari memasaran produk UMKM yang telah dionlinekan di market place terkemuka, Pos Indonesia bersama Nurbaya Initiative juga akan menyiapkan e-kiosk di seluruh kantor Pos untuk mengoptimalkan penjualan produk UMKM. Diharapkan melalui gebrakan dalam pengonlinean dan pembuatan toko online dapat membantu UMKM dalam  lebih efektif dan efisien.

“Pos Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung strategi pemerintah terkait Ekonomi Digital 2020 dan memilih produk buatan Indonesia.” ujar Kepala Regional V PT Pos Indonesia Apang Pramuntyas.

Pada 31 Maret 2017 ditetapkan sebagai Hari UMKM Online Nasional dimana akan terlaksana aktifitas pengonlinean 100.000 UMKM, Bazaar multi produk UMKM secara offline dan online juga pertunjukan kebudayaan daerah secara serentak di 30 Kota di seluruh Indonesia selama 31 Maret – 2 April 2017.