Perluas Layanan 020 (Online To Offline) Mataharimall.com Gandeng Pos Indonesia

Admin, 06/12/2015

Perluas Layanan 020 (Online To Offline) Mataharimall.com Gandeng Pos Indonesia

Kerjasama yang dijalin meliputi penempatan eLocker, penambahan titik pembayaran, dan logistik

Jakarta, 7 Desember 2015 – Salah satu fitur unggulan dari situs belanja online terkemuka MatahariMall.com (“MatahariMall”) adalah O2O (Online-to-Offline) yang memungkinkan pelanggan untuk mengambil, mengembalikan, bahkan membayar barang yang sudah dipesan secara online di lokasi offline. Salah satu layanan O2O yang diberikan adalah melalui eLocker. Hari ini (7/12), MatahariMall mempertajam sekaligus memperluas jaringan layanan eLocker melalui penandatanganan nota kesepakatan dengan PT Pos Indonesia di Jakarta.

Kerjasama pertama dijalin antara MatahariMall dan Pos Indonesia terkait penempatan eLocker di 10 lokasi strategis di Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi dan Bandung.

“Dalam menyajikan pengalaman berbelanja tak terlupakan bagi para pelanggan, MatahariMall tidak akan berhenti untuk menghadirkan serangkaian terobosan. Salah satu terobosan tersebut adalah penempatan eLocker sebagai bagian dari layanan O2O MatahariMall dimulai dari 10 lokasi Pos Indonesia. eLocker ini secara bertahap akan dioperasikan mulai esok hari, 8 Desember 2015,” kata Emirsyah Satar selaku Chairman MatahariMall.com dalam kata sambutannya.

Pengaplikasian teknologi di dalam eCommerce serta fitur pendukung seperti eLocker yang secara efektif memicu kegiatan perdagangan di Indonesia juga menjadi salah satu fokus dari pemerintah saat ini. “eCommerce memegang peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, kami akan terus berupaya untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur teknologi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan ekosistem eCommerce di Indonesia,” ujar Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Republik Indonesia Rudiantara yang turut hadir dalam penandatanganan kerjasama ini. “eLocker merupakan sebuah langkah cerdas dalam memanfaatkan infrastruktur teknologi guna memudahkan kebutuhan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online. Pemerintah sepenuhnya mendukung langkah yang diambil MatahariMall dan Pos Indonesia dalam menjalin kerjasama ini,” tambahnya.

Selaku CEO MatahariMall.com, Hadi Wenas menyambut baik dukungan yang diberikan Pemerintah. “Penandatanganan nota kesepakatan ini merupakan wujud keseriusan MatahariMall dalam menyajikan pengalaman berbelanja yang unik bagi para pelanggan di berbagai daerah di Indonesia. Kami percaya bahwa kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam berbelanja merupakan salah satu faktor utama pendukung pertumbuhan industri eCommerce di Indonesia. Saat ini, konsumen MatahariMall.com sudah bisa melakukan pembayaran di 4.500 titik kantor Pos Indonesia,” ujarnya usai menandatangani nota kesepakatan dengan PT. Pos Indonesia.

Kita menawarkan dua konsep O20, untuk di kota-kota besar kita akan menyediakan eLocker sedangkan di 199 kota lainnya MatahariMall.com memberikan jasa pickup and pay. Kami yakin dengan adanya konsep O2O ini akan memberikan kenyamanan lebih bagi konsumen se-Indonesia terutama dalam hal pembayaran dan kepercayaan masyarakat akan belanja online. Ke depannya masyarakat Indonesia juga dapat mengembalikan atau menukar barang di seluruh Kantor Pos Indonesia, tambah Hadi Wenas.

Sebagaimana diketahui, industri eCommerce di Indonesia sedang mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, dengan nilai transaksi yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Transaksi eCommerce menyentuh angka US$12 miliar pada tahun 2014 dan diproyeksikan meningkat menjadi US$18 miliar pada akhir tahun ini, bahkan mencapai angka US$130 miliar pada tahun 2020.

Selain penempatan eLocker yang dimiliki oleh PopBox Asia, MatahariMall juga menjalin kerjasama dengan Pos Indonesia terkait jasa pengiriman barang, dan penambahan titik pengambilan produk dan pembayaran. Kerjasama ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran di 4.500 titik layanan Pos Indonesia yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia.

Selaku mitra, Pos Indonesia menyambut baik terjalinnya kerjasama ini. “Pos Indonesia senantiasa berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia. Jumlah masyarakat Indonesia yang berbelanja online pun terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini mendorong kami untuk memenuhi kebutuhan mereka dalam berbelanja online dengan cepat dan nyaman melalui penempatan eLocker MatahariMall di seluruh kantor cabang Pos Indonesia,” kata Gilarsi WS, Direktur Utama PT Pos Indonesia.

“Kerjasama ini merupakan langkah yang baik untuk turut menjadi bagian dalam menumbuhkan perekonomian Indonesia. Semoga kerjasama strategis ini dapat terus dikembangkan guna memberikan manfaat ke lebih banyak masyarakat di berbagai daerah bahkan di seluruh pelosok Indonesia,” tutup Emirsyah Satar.