Klarifikasi Pos Indonesia atas Berita Bohong tentang Rekrutmen Pegawai

Public Relations, 20/05/2021

Klarifikasi Pos Indonesia atas Berita Bohong tentang Rekrutmen Pegawai

 

Kembali beredar informasi palsu (hoax) yang berisi informasi tentang rekrutmen di PT Pos Indonesia (Persero) yang beredar melalui akun sosial media instagram @posindonesia.career. Beberapa waktu sebelumnya, akun sosial media yang sama juga telah menyebarkan berita bohong serupa.

Informasi hoax tersebut mengatasnamakan PT Pos Indonesia (Persero) dan dilengkapi dengan logo Pos Indonesia. Dalam informasi tersebut disebutkan beberapa kualifikasi untuk kebutuhan rekrutmen. Disebutkan bahwa tenggat waktu untuk pengajuan lamaran adalah tanggal 29 Mei 2021.

Senior Vice President Human Capital PT Pos Indonesia (Persero) Iwan Gunawan memastikan bahwa informasi tersebut adalah tidak benar. Pos Indonesia tidak membuat lowongan kerja seperti tertulis dalam informasi yang beredar di sosial media tersebut.

“Informasi yang beredar di sejumlah akun sosial media bahwa PT Pos Indonesia (Persero) melakukan proses rekrutmen karyawan adalah tidak benar. Saat ini Pos Indonesia belum merilis informasi terkait proses rekrutmen,” terang Iwan.

Selanjutnya, Iwan Gunawan menjelaskan mengenai prosedur resmi rekrutmen pegawai di Pos Indonesia.

“Dalam proses rekrutmen di PT Pos Indonesia (Persero), informasi akan diumumkan melalui media sosial resmi Pos Indonesia yakni IG : posindonesia.ig; FB: Pos Indonesia dan Twitter: @PosIndonesia. Informasi terperinci ada dalam tautan yang dilampirkan dalam informasi di sosial media tersebut. Selain itu, diumumkan lewat majalah dinding di Kantor Pos.”

Terkait berita hoax yang beredar tersebut, Iwan menyatakan bahwa berita hoax tersebut telah merugikan Pos Indonesia dan tentunya masyarakat.

Kerugian bagi Pos Indonesia adalah karena informasi bohong tersebut telah mencatut nama PT Pos Indonesia (Persero) dengan berita yang tidak benar.” Jelasnya.

Iwan juga menjelaskan Pos Indonesia telah melakukan pengecekan secara internal untuk melakukan tracing terkait akun tersebut. Lebih lanjut ia menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dalam menyerap informasi.

“Di era digitalisai informasi ini sudah sangat mudah diakses oleh masyarakat, agar lebih berhati-hati dalam menerima informasi  seperti rekrutmen pegawai, harus dikonfirmasi ulang kepada pihak terkait yang resmi. Kalau hendak mengetahui tentang informasi rekrutmen di PT Pos Indonesia (Persero) silakan memantau sosial media resmi kami atau bisa melalui call center Halo Pos 1500161,” pungkasnya.