Pos Indonesia dan IFG Life Jalin Kerja Sama, Perkuat Ekosistem BUMN

Public Relations, 14/09/2022

Pos Indonesia dan IFG Life Jalin Kerja Sama, Perkuat Ekosistem BUMN

JAKARTA - PT Pos Indonesia (Persero) dan PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) menjalin kerja sama pemanfaatan jasa dan pengembangan potensi bisnis masing-masing pihak, sebagai bentuk penguatan ekosistem antar BUMN di Indonesia. Kerja sama ini juga mencakup  pengiriman dokumen dan barang melalui Pos Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman antara kedua belah pihak dilakukan di Ruang Prangko, Gedung Pos Ibukota, Jakarta, Rabu (14/9/2022). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana, Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja, beserta jajaran manajemen lainnya dari kedua belah pihak.

Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi mengatakan, terdapat lima poin penting kerja sama yang akan dibangun antara Pos Indonesia dan IFG Life. Meliputi kerja sama penyediaan payment gateway untuk agency; kerja sama penjualan asuransi personal accident kepada kurir O-Ranger PT Pos Indonesia (Persero); kerja sama pengiriman dokumen dan barang; kerja sama referral layanan PT Asuransi Jiwa IFG; dan Kerja sama penyediaan jasa proteksi asuransi bagi seluruh karyawan PT Pos Indonesia (Persero), baik dalam program Employee Benefit maupun program individual.

"Ini merupakan momen yang bagus dalam rangka penguatan kolaborasi antar BUMN. Melalui kerja sama ini, diharapkan bisa dibangun pemanfaatan jasa masing-masing pihak untuk berkembang dan tumbuh bersama, " jelas dia.

Direktur Bisnis Kurir & Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana atau akrab disapa Ana mengatakan, salah satu poin kerja sama yang akan menjadi fokus Pos Indonesia adalah pada pengiriman dokumen dan barang. Nantinya, IFG Life bisa melakukan pengiriman dokumen nasabah baru atau existing melalui Pos Indonesia. Saat ini, Pos Indonesia memiliki dukungan lebih dari 4.850 Kantor Pos dan lebih dari 20.000 agen yang tersebar luas di seluruh pelosok negeri.

Pos Indonesia, saat ini juga telah didukung oleh aplikasi mobile digital courier PosAja dengan berbagai layanan kiriman barang dan logistik yang handal. Terdapat layanan premium, same day service, next day, dan reguler. Aplikasi ini akan memudahkan pelanggan melakukan pengiriman barang tanpa harus datang ke kantor Pos.

Lebih lanjut Ana menjelaskan, kerja sama ini juga akan memberikan proteksi asuransi bagi karyawan Pos Indonesia termasuk bagi O-Ranger. Namun tidak menutup kemungkinan potensi kerja sama lainnya yang bisa terus dikembangkan untuk memberikan kemanfaatan yang lebih luas bagi kedua belah pihak.

Pada momen bersejarah tersebut juga  disediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan serta tes antigen kepada peserta yang hadir termasuk tenaga O-Ranger Pos Indonesia. Pemeriksaan kesehatan yang disediakan meliputi pemeriksaan glukosa sewaktu, kolesterol total dan asam urat.

Direktur Utama IFG Life Harjanto Tanuwidjaja mengatakan,  penandatangan nota kesepahaman ini merupakan langkah awal dimulainya kerja sama antara IFG Life dan PT Pos Indonesia (Persero).

"Kerja sama yang sekarang telah terbangun tentunya tidak terbatas pada hal yang tercantum dalam Nota Kesepahaman saja. Kedepannya kami yakin banyak potensi kerja sama yang  terbuka lebar bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

IFG Life telah ditunjuk pemerintah untuk menerima dan melanjutkan kewajiban dari polis restrukturisasi PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Sebagai perusahaan penerima mandat dari program penyelamatan nasabah Jiwasraya, sampai dengan Agustus 2022 IFG Life telah membayarkan lebih dari Rp4,4 Triliun klaim dan telah menerima polis sebanyak 157.252 polis. ***