Unggul dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Terima Penghargaan Prominent Award 2023

Publisher, 23/09/2023

Unggul dalam Transformasi Bisnis, Pos Indonesia Terima Penghargaan Prominent Award 2023

Jakarta: PT Pos Indonesia (Persero) terus menorehkan berbagai prestasi berkat langkah transformasi yang dilakukan perseroan. Terbaru, Pos Indonesia menerima penghargaan dalam ajang Prominent Award 2023.

Pada ajang tersebut, Pos Indonesia dinobatkan sebagai kategori The Most Prominent State-Owned Company In Business Process Transformation. Penghargaan tersebut diterima Corporate Secretary Pos Indonesia Tata Sugiarta di Studio Grand Metro TV, Jakarta, pada Jumat, 22 September 2023.

"Alhamdulillah, kita meraih award ini. Keren sekali acaranya. Memang meraih penghargaan ini tidak mudah. Kami berjuang terutama dalam dua tahun terakhir, dengan hantaman covid-19 dan sebagainya, kita bisa survive. Terutama kami melakukan transformasi dengan menghasilkan net income terbesar selama berdirinya PT Pos Indonesia," ujar Tata.

"Jadi sekali lagi, terima kasih kepada Metro TV dan penyelenggara Prominent Award tahun ini. Kami tunggu Prominent Award tahun depan," tambahnya.

Pos Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut lantaran transformasi yang dilakukan sehingga membuat bisnis perseroan terus berkembang. Pos Indonesia mencatatkan laba bersih terbesar sepanjang sejarah berdirinya, sebesar Rp650 miliar pada tahun buku 2022. Asetnya naik 15,1 persen menjadi Rp11,149 triliun dan EBITDA naik 12 persen dibandingkan tahun 2021.

"Transformasi yang dilakukan pertama adalah transformasi dilakukan dalam proses bisnis. Kuncinya digitalisasi. Dengan digitalisasi ini semua proses dilakukan secara digital, terukur, dan governence. Semuanya menghasilkan hasil yang pertama meningkatkan kinerja keuangan dan juga tentu saja meningkatkan bisnisnya," kata Tata.

"Banyak transformasi yang dilakukan. Terutama yang paling banyak adalah di transformasi SDM dan human capital. Karena transformasi SDM dan human capital ini, Pos Indonesia memiliki kurang lebih 30 ribu head account di seluruh Indonesia," sambungnya.

Ke depan, inovasi-inovasi terbaru akan terus dilakukan oleh PT Pos Indonesia untuk dapat beradaptasi dengan pesatnya kemajuan teknologi dan perkembangan zaman. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tertua di Indonesia, PT Pos Indonesia sadar harus terus berinovasi untuk dapat bertahan dalam era digital seperti yang terjadi saat ini. Dan pada tahun 2020, PT Pos Indonesia yang bergerak dalam layanan logistik ini, menerapkan tujuh transformasi usaha di antaranya business transformation, product and channel transformation, transformation process, technology transformation, human resource transformation, organization transformation, dan culture transformation.

Salah satu langkah yang menjadi andalan PT Pos Indonesia saat ini adalah superapp Pospay. Sebuah aplikasi yang mampu mengakomodir kebutuhan masyarakat, akan layanan jasa keuangan yang cepat, dan aman.

Prominent Awards diselenggarakan oleh Metro TV dan Solutee.Id. Acara yang diselenggarakan di Grand Studio Metro TV, Jakarta, pada Jumat malam, 22 September 2023, dibuka oleh Don Bosco Salamun selaku Direktur Utama Metro TV. 

"Malam ini kami memberikan apresiasi kepada perusahaan dan lembaga yang benar-benar prominent, sangat unggul, menonjol, dan terkemuka. Penghargaan diberikan untuk level korporasi dan foundation yang telah berhasil memberikan dampak besar kepada masyarakat maupun bangsa," ujar Direktur Utama Metro TV Don Bosco Salamun.

Arief Hidayat Thamrin selaku CEO Solutee.Id menambahkan, "Prominent Awards ini unik, karena sebagai satu-satunya penghargaan yang merangkum tiga bidang, yaitu Prestasi BUMN, Emiten, dan Program CSR.”