Filateli

Layanan Filateli tersedia di Kantorpos, berupa penjualan prangko dan berbagai macam produk filateli serta pelayanan khusus yang diberikan sesuai permintaan dan kebutuhan masyarakat baik di dalam maupun di luar negeri.

Pos Indonesia melalui Divisi Konsinyasi Filateli bertanggung jawab dalam pembinaan dan pengembangan bisnis melalui berbagai kegiatan usaha, diantaranya : proses produksi (penyediaan Prangko), pengelolaan persediaan dan distribusi Benda Filateli serta usaha penunjang lainnya.

Layanan Filateli secara khusus dapat diperoleh di Kantor Filateli Jakarta, yang berlokasi di Jalan Pos Nomor 2 Jakarta 10000 atau di beberapa Kantorpos selektif.

Saat ini pemesanan dan pembelian Prangko serta Benda Filateli lainnya dapat dilakukan secara online melalui web order https://filateli.co.id atau dapat mengunduh aplikasi Filateli Mobile pada playstore.

Informasi lebih lanjut terkait penerbitan prangko, benda filateli lainnya dan aktivitas Filateli di Indonesia dapat diperoleh secara lebih lengkap melalui indonesianstamps.ig

Produk Filateli

Prangko Bentuk Tertentu :

  1. Full Sheet. Lembaran lengkap prangko yang belum dipotong-potong dalam keping-keping prangko. Jumlah prangko dalam lembaran lengkap itu bervariasi tergantung ukurannya, ada lembaran lengkap yang memuat 20, 50, atau 100 keping prangko.
  2. Minisheet/ Miniature Sheet. Selembar kertas yang lebih besar dari prangko, memuat satu prangko atau lebih dan bagian pinggirnya dihiasi dengan gambar serta tulisan berkaitan dengan gambar tersebut.
  3. Souvenir Sheet (Carik Kenangan). Semacam Miniature Sheet yang diterbitkan untuk memperingati suatu peristiwa, misalnya pameran filateli.
  4. Booklet/ Stamp Booklet. Buku prangko. Lipatan kertas cukup tebal menyerupai buku kecil yang di dalamnya memuat lembaran prangko, biasanya terdiri dari eam sampai sepuluh keping prangko. Bagian luar buku prangko itu biasanya diberi gambar yang satu tema dengan desain prangkonya.
  5. Postal Stationery. Benda-benda pos seperti Sampul, Warkatpos, Kartupos yang bercetakan Prangko atau siap dipakai untuk pengiriman.

Prangko Identitas Milik Anda (Personalized Stamp) atau bisa disebut PRISMA adalah prangko yang dapat didesain sesuai keinginan pemesannya. Prangko Prisma dapat menampilkan foto wajah, logo, atau identitas lainnya di atas prangko tersebut. Prisma merupakan prangko resmi yang diterbitkan oleh Pemerintah dan dicetak di atas security paper dan dapat dipergunakan untuk pemrangkoan atau pengiriman surat.

Produk Filateli Cap Khusus dan Non Cap Khusus :

  1. Carnet (Karnet). Lembaran kertas tebal yang dilipat semacam kartu undangan. Di bagian dalamnya ditempeli prangko dan kadang kala dibubuhi cap pos khusus. Sedangkan di bagian luarnya memuat judul atau teks yang sesuai dengan prangko yang terdapat di bagian dalam karnet tersebut.
  2. Maximum Card (Kartu Maksimum). Kartupos bergambar yang memuat prangko dan teraan Cap Pos Khusus. Tema/ desain prangko dan cap pos tersebut relevan dengan gambar yang terdapat pada kartupos. Baik prangko maupun teraan cap pos terdapat pada sisi kartupos yang bergambar.
  3. First Day Cover (Sampul Hari Pertama). Sampul yang diterbitkan bersamaan dengan penerbitan prangko. Sampul Hari Pertama ditempeli prangko yang diterbitkan dan dibubuhi cap “Hari Terbit Pertama”.
  4. Exhibition Cover (Sampul Pameran). Sampul khusus yang diterbitkan untuk menandai suatu kegiatan pameran Filateli di dalam maupun luar negeri.
  5. Commemorative Cover (Sampul Peringatan). Sampul surat yang diterbitkan khusus untuk memperingati suatu peristiwa atau kegiatan penting. Di bagian kiri depan sampul tersebut dicetak gambar dan tulisan yang berkaitan dengan peringatan tersebut, dan di bagian kanan atas depan ditempel prangko yang sedapat mungkin satu tema dengan peringatan itu.
  6. Dokumen Filateli dan Dokumen Peringatan.
  7. Kemasan Prangko memuat Benda Filateli dalam format yang kompak dan dapat berupa Kemasan Tematik, Kemasan Tahunan atau bentuk kemasan lainnya.
  8. Album Koleksi Prangko (Stamp Collection Album) dan Album Tahunan (Annual Collection), diperuntukkan bagi konsumen yang ingin memiliki seluruh koleksi Prangko secara lengkap dalam setahun. Berbentuk buku disertai penjelasan tentang seri penerbitan dan moment serta latar belakang penerbitan Prangko.
  9. Stamp Frame, Completed Set, Special Pack dan bentuk-bentuk kreatif lainnya.

Complementary Product : Katalog Prangko, Perlengkapan Filateli (Album Prangko, Pinset, Perforator, Kaca Pembesar) dan lainnya atau Merchandising berupa Poster, T-Shirt, Pin, Mug, Cinderella Stamp dan produk sejenis lain yang diproduksi menyesuaikan dengan tema penerbitan Prangko.

Layanan Permintaan Khusus dapat diberikan untuk memenuhi harapan masyarakat yang menginginkan koleksinya menjadi unik/ spesial, berupa :

  1. Cancelled To Order. Prangko yang sengaja dibubuhi teraan cap pos, tetapi tidak digunakan untuk pengiriman surat pos. Biasanya dapat dikenali dengan melihat bagian belakangnya, yang masih lengkap perekat/ gum-nya.
  2. Block of Four. Empat prangko (dengan sobekan perforasi) pada posisi tertentu.
  3. Gutter Pair. Filatelis dapat memilih posisi tertentu yang memuat gutter-nya.
  4. Informasi Khusus berupa keterangan yang terdapat di pinggiran Prangko.
  5. Permintaan khusus lain dapat diberikan secara “gratis” sepanjang memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku di Pos Indonesia.

Jangkauan Pelayanan

  1. Prangko dan Benda Filateli lainnya tersebut tersedia di Kantorpos selektif.
  2. Permintaan Prangko dan produk Filateli Indonesia di luar negeri dapat juga dilayani oleh beberapa Agen Filateli Internasional, antara lain : Van Reijn di Inggris untuk wilayah Eropa, Herrick Stamp Company di Amerika Serikat untuk wilayah Amerika, Max Stern & Co. di Australia.
  3. Anda pun dapat menjadi Agen Filateli untuk membantu Pos Indonesia menjual Benda Filateli Indonesia di luar negeri maupun di dalam negeri berdasarkan fee based.

Peluang Usaha 

  1. Terbuka luas kesempatan bagi para Desainer Grafis untuk berperan dalam proses kreatif mendesain Prangko dan produk Filateli lainnya sesuai tema penerbitan.
  2. Kesempatan bagi para pengusaha percetakan untuk berperan dalam proses produksi/ pencetakan Prangko dan produk Filateli lainnya.
  3. Kesempatan bagi pengusaha/ individu untuk ikut serta memasarkan Filateli dan  bertindak sebagai Agen Penjualan Filateli di dalam maupun luar negeri.
  4. Anda dapat menitipkan produk yang relevan (Perlengkapan Filateli) dengan aktivitas Filateli untuk dijual melalui Kantorpos dengan sistem konsinyasi.
  5. Manfaatkan prangko dan berbagai variasi produk Filateli dan tema penerbitan Prangko sebagai sarana promosi dan pencitraan untuk perusahaan Anda.