Pos Indonesia Luncurkan Prangko Seri Dilan 1990

Admin, 06/03/2018

Pos Indonesia Luncurkan Prangko Seri Dilan 1990

Bandung, 6 Maret 2018 – Fenomena Dilan kini sedang melanda masyarakat di Indonesia, tak hanya di kalangan para milenial bahkan para dewasa mudapun ikut mewarnai kehebohan film yang di sutradarai oleh fajar bustomi bersama sang kreator tokoh Dilan yang oleh para fansnya dipanggil dengan nama “Ayah” Pidi Baiq. Film ini dibuat berdasarkan novel yang juga karya sang sutradara Pidi Baiq.

Untuk mengabadikan moment yang fenomenal ini, Selasa 6 Maret 2018 di Lobby Graha Pos Indonesia Jl Banda no 30 Bandung, PT Pos Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Pidi Baiq dengan bangga mempersembahkan penerbitan prangko seri “Dilan 1990”. Prangko seri Dilan 1990 ini diluncurkan langsung oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono, “Ayah” Pidi Baiq, para pemain film Dilan 1990, penyanyi OST Dilan,  Ajeng dan The Panasdalam.

Prangko ini terdiri dari empat desain, yang merupakan sekuensial perjalanan kisah cinta Dilan dan Milea. Prangko ini dikemas dalam lembaran minisheet yang menarik, pada bag tengah terdapat “gutter pair” yang menampilkan sosok Milea. Prangko ini rencananya akan dicetak sebanyak 100.000 lembar dan akan tersedia di Kantorpos mulai tanggal 6 maret 2018. Satu lembar prangko dijual dengan harga Rp 25.000,-. Selain prangko, juga diluncurkan kartupos dengan desain yang sama.  Kartupos ini diperuntukan bagi para fans yang akan berkirim kartupos dan menyampaikan kabarnya kepada Dilan dan Milea secara langsung. Silakan kartupos tersebut di alamatkan kepada :

P.O BOX DILAN
Bandung 40000

dan

P.O BOX MILEA
Bandung 40000

Dalam dunia filateli (hobi yang mempelajari tentang prangko dan benda pos) nama Pidi Baiq bukanlah nama yang baru dikenal. Sejak tahun 1995, si “Ayah” sebagai seorang desainer grafis memulai karirnya dengan mendesain prangko seri “cerita rakyat”. Prangko ini pun saat itu menjadi buah bibir di kalangan filatelis serta banyak diburu para kolektor ketika itu. Pidi Baiq mendobrak trend gaya desain prangko dimasa itu sehingga membuat kali pertama pemerintah RI menerbitkan prangko dengan gaya komik. Hingga saat ini sudah lebih dari 15 judul prangko karya “Ayah” Pidi Baiq.

AR Prangko Dilan

Teknologi Augmented Reality dimanfaatkan aplikasi AR Prangko Dilan untuk menambah fitur dari Prangko Seri Dilan 1990. Tidak hanya berisikan gambar, tulisan dan kopur prangko, tapi audio-visual animasi 2D akan muncul jika kita arahkan HP ke sisi depan gambar prangko-prangko tersebut.

Anda penasaran?
Silakan unduh aplikasinya (apk) di sini (Android versi 5 ke atas)

Penjelasan tentang Augmented Reality dapat anda baca di situs kemdikbud.go.id.

Cara menggunakan aplikasi AR Prangko Dilan untuk melihat Augmented Reality pada Prangko Seri Dilan 1990:

1. Gunakan HP Android dengan OS versi 5 ke atas

2. Buka www.posindonesia.co.id di browser HP anda

3. Klik slider banner “Prangko Dilan” untuk membuka halaman AR Prangko Dilan

4. Klik “di sini” pada kalimat “Silakan unduh aplikasinya (apk) di sini (Android versi 5 ke atas)”

5. Klik tombol [Download]

6. Klik/open/install aplikasi yang telah diunduh (terletak di folder Download) HP Android anda

7. Buka/jalankan aplikasi AR Prangko Dilan, tunggu sampai HP anda berada pada mode kamera

8. Arahkan kamera HP anda pada prangko Dilan, jika berhasil akan keluar tombol “play”, tekan tombol tersebut maka akan muncul audio visual animasi 2D dari gambar prangko-prangko tersebut

9. Tekan home / back pada HP anda untuk menutup aplikasi AR Prangko Dilan

10. Terima kasih, selamat mencoba…