Pos Indonesia Berikan Anugerah Kepada Agenpos Terbaik 2015

Admin, 05/12/2015

Pos Indonesia Berikan Anugerah Kepada Agenpos Terbaik 2015

Bandung, 6 November 2015 – PT Pos Indonesia (Persero) memberikan Anugerah kepada Agenpos Terbaik tahun 2015. Kegiatan ini merupakan sebuah ajang kompetisi dan pemberian apresiasi serta penghargaan kepada para pengelola Agenpos terbaik di seluruh Indonesia. Acara yang digelar di Graha Pos Indonesia (GPI) Bandung pada tanggal 6-7 November 2015 ini merupakan penyelenggaraan ketiga sejak tahun 2013 dalam memberikan penghargaan kepada mitra-mitra terbaiknya di bidang pelayanan pos (collecting) dengan mengusung tema “If You Don’t Do It Someone Else Will”.

Kesempatan Mengembangkan Usaha yang Mudah dan Menguntungkan

Pos Indonesia menawarkan peluang usaha yang proses dan pengoperasiannya mudah serta  menguntungkan, dan dapat dijalankan oleh siapapun anggota masyarakat Indonesia, untuk menjadi Agenpos. Agenpos adalah diversifikasi bisnis dari Pos Indonesia. Konsep Agenpos bisa dikategorikan sebagai salah satu bentuk keragaman usaha agar Perusahaan tidak bergantung pada keterbatasan bisnis tertentu dan produk tertentu yang dimilikinya. Sasaran pengembangan Agenpos, lebih diorientasikan dan fokus kepada upaya-upaya perluasan jaringan pelayanan pos secara lebih efisien dan efektif serta untuk meningkatkan kontribusi pendapatan Pos Indonesia melalui produk yang dijual di Agenpos.

“Layanan Keagenan Pos adalah penyediaan sarana dan prasarana layanan pos untuk kepentingan umum” (Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 Tentang Pos).

Potensi pasar pendapatan Agenpos yang mampu diraih dari Jasa Kurir (Registered) baru sekitar 7,33 % (2014) dibanding total pendapatan Jasa Kurir (Registered) Pos Indonesia secara nasional. Menurut data tahun 2009, pangsa pasar kurir dan logistik Pos Indonesia baru mencapai sekitar 16% sehingga keberadaan Agenpos diharapkan mampu mengambil alih pangsa pasar kurir dan logistik nasional yang masih cukup besar (84 %) sekitar 12,99 Triliyun sedangkan pasar untuk Jasa Keuangan baru 4,46 % diraih oleh Agenpos.

Agenpos diposisikan Pos Indonesia sebagai  konsep pengembangan jaringan melalui kerjasama kemitraan antara Pos Indonesia  dengan perorangan atau badan usaha dalam rangka memberikan pelayanan pos secara lebih luas kepada masyarakat, selain untuk lebih mendekatkan diri dengan konsumen, Agenpos  dimaksudkan juga sebagai bentuk pemberdayaan sektor ekonomi mikro melalui pengembangan pola-pola kemitraan dalam bisnis.

Jumlah dan Sebaran Agenpos

Menurut data tahun 2014, jumlah Agenpos telah mencapai 2.418, tumbuh 62,96 % dari tahun sebelumnya, sedangkan Agenpos yang melayani Jasa Keuangan ada sekitar 23.945, jumlahnya meningkat tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Sebaran Agenpos tertinggi didominasi oleh Regional  IV (Meliputi DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi dan Banten) khususnya yang terbesar berlokasi di wilayah DKI Jakarta. Selanjutnya didominasi oleh Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Jawa Barat dan Bali, Nusa Tenggara serta Sumatera Barat.

Target penambahan Agenpos tahun 2015 ini cukup tinggi 2.310 Agenpos dan target pendapatan dari Jasa Kurir yang akan diperoleh dari Agenpos adalah Rp 226,68 Milyar. Sampai dengan saat ini, jumlah Agenpos yang telah melakukan migrasi dan mengimplementasikan layanan terpadu adalah 3.600-an, dari 36.000-an yang masih melayani Jasa Keuangan saja. Kontribusi pendapatan Agenpos s.d. Oktober 2015 ini telah menyumbangkan sekitar Rp 310,19 Milyar dari 35,15 juta-an transaksi.

Seluruh masyarakat tidak perlu khawatir dan kebingungan menjalankan usaha Agenpos ini, karena Pos Indonesia akan memberikan/ melakukan pembinaan usaha melalui pelatihan-pelatihan, product knowledge dan sosialisasi bagi para pengelola Agenpos termasuk membantu dalam aktivitas promosi produk pos di Agenpos, sehingga setiap Agenpos yang telah dibuka dapat selalu aktif bertransaksi dan  terus tumbuh berkembang. Pos Indonesia juga menerapkan program standarisasi penerapan identitas Perusahaan di setiap Agenpos untuk meningkatkan daya saing dan nilai jualnya. Pos Indonesia juga melaksanakan program-program apresiasi dan kontes untuk memberikan motivasi bagi para pengelola Agenpos maupun pembinaannya untuk terus maju dan tumbuh berkembang dengan baik, sebagaimana yang hari ini dilaksanakan untuk ketiga kalinya.

Pos Indonesia menetapkan saluran informasi-komunikasi dan melakukan pertemuan-pertemuan dengan para mitra kerja untuk review, evaluasi dan up dating informasi terkait perkembangan Agenpos. Membangun dan mengembangkan komunitas dalam bentuk Asosiasi Pengelola Agenpos, Koperasi dan intense berkomunikasi dengan Main Agent dan unsur di bawahnya. Dukungan yang diberikan Pos Indonesia kepada Agenpos melalui Kantorpos, antara lain meliputi : Pelatihan pemahaman tentang Product Knowledge, instalasi dan pemeliharaan jaringan, layanan jemputan (Pickup Services) bantuan promosi dan pemasaran, serta pembinaan usaha sehingga Agenpos yang telah dibuka dapat terus tumbuh berkembang.

Tentang Agenpos

1.    Layanan di Agenpos

Agenpos melayani Jasa Kurir (Pengiriman surat, dokumen dan barang/ Paket untuk tujuan domestik maupun internasional, termasuk menjual Prangko, Benda Filateli, Benda Konsinyasi/ Meterai dan atau melayani Jasa Keuangan (Penerimaan pembayaran berbagai macam tagihan dan layanan pengiriman uang. Produk dan pelayanan di Agenpos akan terus dikembangkan sesuai kebijakan Pos Indonesia, dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat dan perkembangan lingkungan bisnis.

Produk unggulan Agenpos, diantaranya :
a.    POSKILAT KHUSUS adalah layanan pengiriman surat, dokumen dan barang yang mengandalkan kecepatan (Maximum H+4) untuk jaringan dalam negeri dengan jangkauan ke seluruh pelosok Nusantara.
b.    POSEXPRESS adalah layanan pengiriman dokumen penting dan barang berharga yang mengandalkan kecepatan (Maximum H+1) dan akurasi serta ketepatan kiriman untuk tujuan kota-kota tertentu di Indonesia.
c.    EXPRESS MAIL SERVICE (EMS) merupakan layanan premium pengiriman dokumen dan barang ke luar negeri dengan waktu tempuh dan standar waktu penyerahan maksimal H+3.
d.    WESELPOS INSTAN adalah layanan tercepat pengiriman uang untuk tujuan seluruh Indonesia.
e.    POSPAY merupakan layanan penerimaan pembayaran berbagai macam tagihan dan angsuran.
f.    FILATELI adalah hobi mengumpulkan atau mengoleksi dan mempelajari segala hal tentang Prangko dan Benda Pos atau Benda Filateli lainnya. Bukan sekedar hobi, tetapi aktivitas Filateli dapat memperluas wawasan dan pengetahuan sekaligus sebagai salah satu jalan untuk berinvestasi. Untuk keperluan tersebut, Pos Indonesia menyediakan semua kebutuhan para Filatelis (Kolektor) dengan menyediakan dan melayani penjualan Benda Filateli di Kantorpos, termasuk di Agenpos.
g.    PRISMA atau Prangko Identitas Milik Anda adalah prangko (asli) yang menampilkan gambar, wajah, logo atau image lainnya sesuai permintaan Anda. PRISMA dapat dipergunakan untuk pengiriman surat dengan desain yang unik, berbeda dan menjadi sangat pribadi. PRISMA dapat juga digunakan untuk keperluan pencitraan, kampanye atau untuk keperluan promosi produk atau perusahaan Anda.

2.    Persyaratan Mudah Menjadi Agenpos

a.    Pemohon berbentuk Badan Usaha atau Perorangan.
b.    Memiliki tempat usaha dan sumber daya manusia.
c.    Memenuhi persyaratan jarak minimal dari Agenpos atau Kantorpos lain dan memenuhi kelayakan bisnis.
d.    Menyiapkan peralatan kerja (Komputer/ Notebook, printer, modem, line telephone dan timbangan digital), biaya operasi dan akses jaringan (IP Publik).
e.    Akses jaringan dan aplikasi sistem disiapkan oleh Pos Indonesia.
f.    Mendapat persetujuan Pos Indonesia dan menandatangani Perjanjian Kerjasama.
g.    Melampirkan syarat-syarat sebagai berikut :
1)    Badan Usaha : Surat Keterangan Domisili Usaha; SIUP; NPWP; Denah Lokasi Agenpos; Keterangan status tempat yang akan digunakan; Tanda bukti identitas diri pimpinan perusahaan; Izin Tetangga/ Lingkungan.
2)    Perorangan : NPWP; Denah Lokasi Agenpos; Keterangan status tempat yang akan digunakan; Tanda bukti identitas diri pemohon; Izin Tetangga/ Lingkungan.
Dalam rangka memberikan dukungan optimal untuk pengembangan Agenpos, Pos Indonesia  menunjuk secara resmi Main Agent yang akan membantu menangani proses pembukaan dan pengoperasian aplikasi pelayanan Agenpos, khususnya dukungan teknis instalasi aplikasi pelayanan serta pemeliharaan jaringan. Beberapa perusahaan yang telah ditunjuk tersebut adalah : PT Ara Infra Indo, PT Gerbang Teknologi Nusantara, PT Prima Teknis Nusantara, PT Handaru Pratama Mandiri, PT Fusindo Soka, PT Bhakti Wasantara Net dan PT Dapensi Trio Usaha.

3.    Diferensiasi dan Keunggulan

a.    Agenpos dapat melayani Jasa Kurir sekaligus Jasa Keuangan.
b.    Membuka Agenpos berarti menjadi bagian dari 4.380 Kantorpos (590 Loket Ekstensi) dan sekitar 39.600-an outlet Pos Indonesia lainnya, termasuk Agenpos didalamnya. Keberadaan dan operasi Agenpos didukung juga oleh Kantor Tukar Pos Udara, Kantor Tukar Pos Laut, beberapa Mail Procesing Center, Delivery Center di berbagai kota, Sentral Giro Layanan Keuangan, Kantor Filateli Jakarta, Museum Pos Indonesia dan Museum Prangko. Tidak hanya itu, Agenpos juga menjadi bagian dari jejaring dunia yang menjangkau hingga lebih dari 228 negara.
c.    Keuntungan membuka Agenpos :
1)    Telah diakui keberadaannya. Pengelola tidak perlu repot melakukan branding karena nama KANTORPOS/ POS INDONESIA sudah sangat dikenal oleh masyarakat.
Atas kepercayaan masyarakat, Pos Indonesia telah tiga tahun berturut-turut, 2013, 2014, dan tahun ini telah meraih penghargaan tertinggi untuk KANTORPOS dari Superbrands, Indonesia’s Choice, based on independent consumer research by Nielsen representing a population of 10.000.000 consumers.

2)    Didukung penuh oleh Pos Indonesia, BUMN, perusahaan jejaring terintegrasi terbesar di Indonesia dengan ribuan outlet pos penghubung. Dukungan pemasaran, pembinaan usaha, operasi (Pick up) dan teknologi informasi terintegrasi yang real time on line.
3)    Jangkauan distribusi dan antaran yang sangat luas hingga ke pelosok-pelosok desa yang memberikan peluang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan serta jaringan luas hingga manca negara.
4)    Persyaratan pembukaan dan operasional pelayanan Agenpos mudah, dapat dikelola oleh siapapun, baik individu, institusi bisnis maupun Koperasi.
5)    Modal/ biaya operasi kecil dan prosesnya mudah dengan sharing fee menarik. Nilai investasi itu masih bisa berkurang bila calon pengelola telah memiliki ruang dan perangkat operasi sendiri, atau lebih diutamakan calon pengelola telah memiliki usaha yang bisa dipadukan dengan Agenpos, seperti Foto Copy, Warnet, atau Toko Stationary.