Pos Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Badan Pembina Samsat

Public Relations, 16/10/2019

Pos Indonesia Jalin Kerjasama Dengan Badan Pembina Samsat

Bandung, 16 Oktober 2019PT Pos Indonesia (Persero) menjalin kerjasama dengan Badan Pembina Samsat yang terdiri dari Kepala Korp Lalu Lintas (Ka.Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, dan Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero) Gilarsi W. Setijono dan Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Polisi Drs. Refdi Andri,M.Si, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Drs.Syarifuddin,MM, Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Raharjo di Ruang Ramayana Hotel Prama Grand Preanger Bandung (16/10).

Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi pengiriman Stiker Registrasi Pengesahan Tahunan Surat Tanda Kendaraan Bermotor, Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran, pemanfaatan channeling produk Pos Giro Mobile dan layanan Pospay untuk menampung transaksi Samsat Online Nasional (Samolnas) Pajak Kendaraan Bermotor, Pemanfaatan Posmail untuk Pemberitahuan Pajak Kendaraan kepada para Wajib Pajak, Pemberitahuan Pajak Kendaraan Bermotor yang bermasalah (menunggak) baik melalui email (Posmail) maupun pemberitahuan melalui surat dan potensi pemanfaatan e-Materai untuk bukti pelunasan/pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Tidak hanya itu, dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman modern channel Samolnas antara PT Pos Indonesia (Persero) dengan PT Value Stream Indonesia (VSI) sebagai vendor aplikasi Samolnas tentang Penerimaan Setoran Pajak Kendaraan Bermotor melalui aplikasi Pos Giro Mobile dan layanan Pospay. Dengan kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membayar Pajak Kendaraan Bermotor melalui aplikasi Pos Giro Mobile dan datang ke Kantor Pos terdekat. Sinergi ini diharapkan dapat mengurangi jumlah penunggak pajak kendaraan motor.

Untuk percepatan eksekusi Kerja Sama di Tingkat Daerah (Provinsi) sehingga masyarakat akan semakin cepat dapat dilayani, pada acara ini hadir pula Direktur Lalu Lintas Polda se-Indonesia, Ka.Bapenda seluruh Indonesia, Kepala Wilayah Jasa Raharja se-Indonesia dan Kepala Regional Pos Indonesia dan Kepala Kantor Pos Ibukota Provinsi seluruh Indonesia.