Pos Indonesia Garap Kiriman E-Commerce Bekerja Sama dengan Singapura Post dan AliExpress

Admin, 18/12/2015

Pos Indonesia Garap Kiriman E-Commerce Bekerja Sama dengan Singapura Post dan AliExpress

Jakarta, 2015 – Transaksi jual beli melalui sarana on-line, saat ini telah menjadi trend di seluruh dunia, baik untuk hubungan domestik maupun hubungan internasional. Diprediksi, di tahun 2015, di wilayah Asia Pasific akan terjadi transaksi e-commerce dengan nilai tidak kurang dari 681 Milliar US Dollar (sumber: Matthew Driver, Presiden Master Card Asia Tenggara).

Selama tahun 2013, menurut data Menkominfo, tidak kurang dari 130 Trilliun transaksi melalui e-commerce di Indonesia. Dengan jumlah sekitar 80 juta orang pengguna internet di Indonesia dan sekitar 40% dari penduduk dunia merupakan pengguna internet, maka menjadikan bisnis pengiriman barang dari pasar bisnis online merupakan potensi bisnis yang sangat besar bagi para penyelenggara pos dan kurir di Indonesia.

Pos Indonesia sebagai pemain utama dalam jasa pengiriman dokumen dan barang di Indonesia, senantiasa berupaya menjawab kebutuhan pasar melalui inovasi produk dan fitur-fitur produk yang berkualitas dan kompetitif.

Dalam rangka menjawab tantangan perdagangan on-line, Pos Indonesia telah bermitra dengan AliExpress dan Singapore Post, untuk meningkatkan pelayanan belanja on-line bagi konsumen di Indonesia. AliExress merupakan penyedia perdagangan ritel online untuk konsumen di seluruh dunia dan merupakan Perusahaan Bisnis dalam Alibaba Group (NYSE:BABA).

AliExpress akan bekerja sama dengan Singapore Post dan Pos Indonesia sebagai mitra di Indonesia, yang merupakan penyedia solusi logistik terkemuka di Indonesia, untuk memungkinkan waktu pengiriman yang lebih cepat dari China ke Jakarta. Dengan demikian, pembeli di Indonesia sekarang dapat mengharapkan paket mereka tiba dalam waktu 2 minggu, jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang dapat lebih dari 35 hari. Layanan pengiriman dan delivery Indonesia akan segera tersedia dan peluncuran telah dilakukan pada bulan Februari 2015.

Konsumen sekarang dapat berbelanja pada website AliExpress (id.aliexpress.com), yang baru diluncurkan dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dimana pembeli dapat memilih berbagai produk terpilih disesuaikan dengan preferensi lokal. Selain itu, pembeli sekarang dapat memilih “Doku” sebagai gateway pembayaran dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris melalui saluran layanan pembeli AliExpress yang ditunjuk.

“Pos Indonesia sangat senang dapat mendukung AliExpress dan Singapore Post dalam membantu konsumen online di indonesia untuk menikmati produk yang disediakan AliExpress. Kami akan mendukung kerjsama ini dengan semua kapasitas yang kami miliki termasuk sekitar 6.000 pengantar yang tersebar di Seluruh Indonesia. Semua pelanggan akan dapat memonitor dan melacak kirimannya melalui website ems.posindonesia.co.id. Pos Indonesia juga mendapat dukungan dari otoritas Bea Cukai untuk menjamin pemeriksaaan yang lancar terhadap produk-produk dari perdagangan online ini”, ucap Mohamad Said Haryadi, Vice President for International Services, PT Pos Indonesia (Persero).

Untuk menandai mulainya dari kerjasama tersebut, serangkaian kegiatan promosi telah dimulai pada 26 Januari 2015, termasuk Flash Sale 24 jam pada produk yang popular dengan pembeli Indonesia seperti ponsel, gadget, perangkat hiburan rumah dan produk kecantikan; diskon besar pada lebih dari 1.000 produk terlaris; dan pengiriman lokal produk sehari-hari seperti makanan. Selain itu, AliExpress telah bekerjasama dengan Bank BNI, LINE Instant Messaging dan Kakao Talk untuk memberikan kupon tunai kepada konsumen untuk belanja di Situs.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan perushaan lokal untuk meningkatkan pengalaman belanja bagi konsumen lokal di Indonesia” kata Joe Yan, Direktur Global Operations & Strategi Ekspansi, AliExpress.com. “Melalui kerjasama tersebut, konsumen kini dapat berbelanja dengan cara yang mudah dan aman bagi jutaan produk termasuk merek Indonesia yang mereka sukai. Kami yakin bahwa kami dapat terus meningkatkan lingkungan online-shoping dan dengan demikian akan memberikan nilai terbaik dalam perdagangan online untuk konsumen global kami, termasuk konsumen di Indonesia”.

“Singapore Post telah memperkuat kemampuan logistik e-commerce kami, untuk memenuhi kebutuhan pasar konsumen e-commerce yang berkembang. Inovasi dan pengembangan yang berkelanjutan merupakan kunci dalam mendukung pengalaman belanja online pelanggan. Kami senang bahwa kami mampu menyediakan pilihan layanan pengiriman baru untuk Ali Express melalui kemitraan dengan Pos Indonesia. Pelanggan di Indonesia dapat menikmati layanan pengiriman yang jauh lebih murah dan lebih cepat untuk melengkapi pengalaman berlanja mereka” kata Goh Hui Ling, Senior Vice President Of International Mail, Singapore Post.

Tentang PT Pos Indonesia (Persero) 
Pos Indonesia mempunyai jaringan yang sangat luas yaitu 4.154 Kantor Pos di Indonesia, dan 3.746 diantaranya telah Online. Sedangkan jumlah titik layanannya (Point of Sales) mencapai 24.410 titik dalam bentuk Kantorpos sendiri, 11.835 Agenpos, Pos Keliling Kota/Desa, Pos Sekolah, Postmall, dll. Dengan jaringan yang sangat luas ini, Kantorpos merupakan media yang sangat strategis  menjual dan atau mendistribusikan barang atau jasa. Kami memiliki jaringan yang dedicated sistem distribusi yang handal,  Fasilitas Track and Trace, Layanan yang berkualitas serta harga yang kompetitif.

Tentang AliExpresss
Diluncurkan pada bulan April 2010, Alixpress (www,aliexpress.com) adalah penyedia perdagangan ritel global dengan target konsumen di seluruh dunia, banyak dari mereka yang berada di Rusia, Amerika Serikat dan Brazil. Platform ini memungkinkan konsumen dari seluruh dunia untuk membeli langsung dari grosir dan produsen di Cina dan memiliki akses ke berbagai macam produk dengan harga grosir. AliExpress adalah bisnis dalam Alibaba Group.

Tentang Singapore Post Limited
(reg. No 199201623M)
Singapore Post (SingPost) merupakan penyedia jasa terkemuka dalam bidang mail, logistik dan solusi e-commerce di Singapura dan kawasan Asia Pasifik, yang beroprasi di 15 negara. Sebagai penyedia layanan pos nasional Singapura, SingPost menawarkan layanan komunikasi terpercaya melalui layanan pos domestik dan internasional serta solusi end-to-end email terpadu yang meliputi antara lain pencetakan data yang aman, surat-belanja, pengiriman dan manajemen mail-room. Sebagai bagian dari transformasi, SingPost terus berkembang keluar Singapura, memanfaatkan Platform regional QUANTIUM Solution, anak perusahaan dan mitra lainnya. Dengan jaringan dan infrastruktur regional, SingPost menawarjan solusi Logistik e-commerce kepada pelanggan, SingPost tercatat di papan utama bursa efek singapura pada tahun 2003.