Logo POSIND

Tentang Kami

Produk Kami

Media & Informasi

Karir

PPID

Hubungi Kami

Kolaborasi Pos Indonesia dan Kominfo: Pembukaan 84 KCP LPU Baru dan Standardisasi KCP LPU

Foto bareng kolab pos indonesia kominfo

Lampung - 27 November 2024 Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Dirjen PPI Kementerian Kominfo) Wayan Toni Supriyanto didampingi oleh Direktur Pos Direktorat Jenderal PPI Kementerian Kominfo Gunawan Hutagalung meresmikan Pembukaan 84 Kantor Cabang Pembantu Layanan Pos Universal (KCP LPU) Baru dan Standardisasi KCP LPU.

Bertempat di Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur, kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Direktur Utama Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi, Direktur Business Development dan Portfolio Management Prasabri Pesti beserta jajaran dari Kementerian Kominfo dan Pos Indonesia.

Dalam sambutannya Dirjen PPI Kementerian Kominfo menyampaikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kominfo dan Pos Indonesia menjamin penyelenggaraan perposan yang menjangkau seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memungkinkan masyarakat mengirim dan atau menerima kiriman dari satu tempat ke tempat lain di dunia.

“Penyediaan Layanan Pos Universal diberikan sebagai kehadiran Negara dalam mendukung ketersediaan akses layanan pos bagi masyarakat di seluruh Indonesia sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar kantor LPU,” ungkap Wayan. Ketentuan tentang LPU tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pos.

Adapun 84 KCP LPU yang diresmikan hari ini tersebar sebanyak 37 KCP di wilayah Regional 1 (Sumatera), 11 KCP di Regional 5 (NTT dan NTB), serta 36 KCP di Regional 6 (Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua). Tahun 2023 Kementerian Kominfo dan Pos Indonesia telah menambah 124 KCP baru, 40 KCP pada Februari lalu dan 84 KCP di hari ini. Sehingga saat ini total ada 2.460 KCP LPU yang dikelola.

Pada kesempatan yang sama Direktur Utama Pos Indonesia menyampaikan bahwa  Pembukaan ke 84 KCP LPU Baru merupakan bukti komitmen Kementerian Kominfo dan Pos Indonesia dalam menjangkau layanan hingga ke daerah 3T, tertinggal, terdepan dan terluar. “Pembukaan kantor cabang baru ini juga merupakan bagian dari strategi kami untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan kami kepada pelanggan,” jelas Faizal.

Saat ini Pos memiliki 1.072 Mitra LPU dan akan ada penambahan 464 Mitra yang masuk pada jaringaan LPU pada Desember 2023. Secara keseluruhan unit layanan Pos Indonesia telah menjangkau 6.210 kecamatan atau 85% dari total kecamatan di Indonesia. Kerja keras ini dilakukan agar Pos Indonesia dapat memperluas cakupan akses dan konektivitas layanan pos kepada masyarakat Indonesia.

Tahun 2023 menjadi bagian besar dalam transformasi Pos Indonesia menjadi Perusahaan Logistik. Dalam kegiatan ini Pos Indonesia sekaligus memperkenalkan corporate brand dan corporate color baru yang ditampilkan pada standardisasi wallsign KCP LPU Raman Utara. Wallsign ini selanjutnya akan diterapkan di seluruh KCP LPU secara bertahap.

Pos Indonesia Logo

Ikuti PosIND

  • Icon Facebook
  • Icon Instagram
  • Icon Twitter
  • Icon TikTok
  • Icon YouTube
© PT Pos Indonesia (Persero) 2023