Kebijakan Privasi PosIND
Pendahuluan
PT Pos Indonesia (Persero) selanjutnya disebut "PosIND”, menghargai kepercayaan dan loyalitas Pelanggan serta sepenuhnya menyadari bahwa data pribadi merupakan aset berharga bagi Pelanggan. Oleh karena itu, PosIND sangat menghargai kerahasiaan dan pelindungan terhadap data pribadi yang Pelanggan percayakan sehubungan dengan penggunaan Layanan kurir, logistik, serta jasa keuangan PosIND dan Layanan PosIND lainnya. Keamanan, kenyamanan, serta privasi Pelanggan menjadi prioritas kami.PosIND menerapkan kebijakan dan praktik terbaik yang bertujuan untuk menjaga serta memelihara privasi dan keamanan data pribadi Pelanggan, sesuai dengan peraturan Pelindungan Data Pribadi. Terkait pemrosesan data yang mempergunakan Layanan produk dan/atau jasa PosIND ("Kebijakan Privasi"). PosIND terus berupaya untuk meningkatkan Layanan kepada Pelanggan dan senantiasa melakukan pembaruan Layanan guna melindungi privasi dan keamanan data pribadi Anda sebagai Pelanggan PosIND.
1. TUJUAN DAN RUANG LINGKUP KEBIJAKAN PRIVASI
Kebijakan Privasi ini mengatur mengenai kebijakan-kebijakan dan praktik-praktik yang diterapkan oleh PosIND dalam memperoleh, memperbaiki, memperbarui, menyebarluaskan, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mengungkapkan, menghapuskan, dan memusnahkan (untuk selanjutnya disebut "Pemrosesan") data pribadi Anda sehubungan dengan penggunaan Layanan kurir, logistik, serta produk dan/atau jasa keuangan PosIND, hal tersebut meliputi:
- Layanan kurir, logistik, serta jasa keuangan dari PosIND, termasuk namun tidak terbatas pada produk Layanan POSPAY, produk keuangan lainnya, dan Layanan PosIND lainnya.
- Situs web, fitur, aplikasi, media sosial, atau bentuk media komunikasi lainnya yang disediakan atau digunakan oleh PosIND (selanjutnya disebut "Layanan").
Kebijakan Privasi ini berlaku untuk semua pemilik data Pribadi (Subjek Data), yang terkait dengan penggunaan Layanan kurir, logistik, serta jasa keuangan PosIND dan Layanan PosIND lainnya. (seluruhnya kemudian disebut "Anda")
2. TUJUAN PEMROSESAN DATA PRIBADI
Dalam melakukan Pemrosesan data pribadi Anda, PosIND memiliki tujuan dan kewenangan sebagai berikut:
- Untuk memenuhi kewajiban PosIND sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Untuk memfasilitasi penyelesaian masalah terkait akses Anda terhadap Layanan kurir, logistik, dan jasa keuangan PosIND serta dan Layanan PosIND lainnya.
- Untuk kebutuhan pemasaran terkait Layanan dan produk yang ditawarkan oleh PosIND termasuk mengirimkan promosi, penawaran produk baru, berita, survei, dan pembaruan terkait Layanan.
- Untuk melakukan evaluasi dan memperbarui fitur-fitur Layanan PosIND dari waktu ke waktu.
- Untuk kebutuhan pemrosesan data pribadi guna menghasilkan profil pelanggan yang lebih tepat sasaran.
- Untuk menawarkan iklan/promosi maupun penawaran dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan PosIND
- Untuk penyelesaian pengaduan yang diterima oleh PosIND
3. KEBIJAKAN COOKIES
Cookies merupakan file teks kecil yang tersimpan pada komputer atau perangkat Anda. Kami menggunakan cookies untuk melacak aktivitas pengguna untuk meningkatkan Layanan interface dan pengalaman pelanggan. Perangkat dan browser internet pada umumnya menggunakan cookies, merupakan kebijakan kami bahwa penggunaan cookies dan teknologi tracking digunakan hanya dengan persetujuan pelanggan pada Layanan digital yang kami berikan, kecuali dimana penggunaan cookies atau teknologi tracking sangat diperlukan untuk pelaksanaan dan penggunaan Layanan.
Saat Anda pertama kali mengunjungi Layanan kami, Anda akan melihat banner yang menawarkan kepada Anda pilihan untuk menerima atau menolak cookies atau teknologi tracking tertentu, dengan pengecualian Strictly Necessary cookies yang diperlukan untuk Layanan tertentu.
Anda dapat mengubah pilihan Anda kapan saja, dengan mengakses link Pengaturan cookies pada halaman utama. Mohon diperhatikan bahwa menonaktifkan cookies akan memengaruhi fungsionalitas atau fitur situs web ini.
Jika diinginkan, Anda juga dapat memilih bagaimana cookies browser web ditangani oleh perangkat Anda melalui pengaturan browser Anda. Beberapa perangkat memungkinkan Anda untuk mengontrol ini melalui pengaturan perangkat Anda. Jika Anda memilih untuk tidak menerima cookies, situs web mungkin tidak berfungsi dengan baik dan Layanan tertentu tidak akan disediakan. Setiap browser dan perangkat berbeda, harap periksa menu pengaturan browser atau perangkat untuk mempelajari cara mengubah pengaturan dan preferensi cookies Anda.
Kami menggunakan beberapa cookies dan teknologi tracking untuk tujuan yang benar-benar diperlukan untuk penggunaan Anda atas Layanan kami. Termasuk, antara lain, cookies yang mengingat preferensi dan pengaturan Anda; yang mengingat informasi yang mungkin Anda masukkan secara online (sehingga tidak harus dimasukkan kembali setiap kali Anda pindah ke halaman lain); atau untuk membuat Anda tetap masuk ke portal yang mungkin kami tawarkan di portal yang Anda inginkan.
Dengan persetujuan Anda, kami juga dapat menggunakan cookies dan teknologi tracking untuk tujuan lain, seperti pembuatan statistik agregat tentang cara orang menggunakan Layanan kami; untuk penanggulangan kerusakan teknis (error) dan pemecahan masalah (troubleshooting); untuk membantu Anda berbagi konten dengan orang lain; untuk memungkinkan Anda menerima informasi tentang produk dan Layanan lain, dan untuk meningkatkan pengalaman Layanan Anda.
Strictly Necessary cookies
Cookies ini diperlukan agar fitur inti situs kami dapat beroperasi dengan baik. Karena mereka diperlukan untuk operasi situs, pengaturan Strictly Necessary cookies selalu dipasang dalam keadaan "Aktif". Anda dapat menonaktifkannya dengan mengubah pengaturan browser Anda, tetapi ini dapat mempengaruhi fungsi situs web.
Functional cookies
Cookies ini digunakan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik di situs web kami, seperti dengan mengukur interaksi dengan konten tertentu atau mengingat pengaturan Anda seperti preferensi bahasa atau pemutaran video.
Performance cookies
Cookies ini memungkinkan kami menghitung kunjungan dan sumber lalu lintas pada situs web sehingga kami dapat mengukur dan meningkatkan kinerja situs web kami. cookies ini membantu kami mengetahui halaman mana yang paling dan paling tidak populer dan melihat bagaimana pengunjung bergerak di sekitar situs. Semua informasi yang dikumpulkan cookies ini adalah aggregat dan anonim. Jika Anda tidak mengizinkan cookies ini, kami tidak akan mengetahui kapan Anda mengunjungi situs web kami, dan tidak akan dapat memantau kinerja situs web kami.
Jika Anda telah mengizinkan penggunaan performance cookies, kami menggunakan Google Analytics untuk mengumpulkan informasi statistik tentang bagaimana Layanan kami digunakan. Layanan Google Analytics melibatkan penggunaan cookies yang mengumpulkan informasi seperti alamat IP Anda atau pengenal lainnya, informasi browser, dan informasi tentang konten yang Anda lihat dan berinteraksi untuk mencatat cara Anda menggunakan Layanan kami.
Layanan analitik ini membantu kami mengetahui berapa banyak pengguna yang kami miliki, bagian mana dari situs kami yang paling populer, browser apa yang digunakan (sehingga kami dapat memaksimalkan kompatibilitas), negara atau wilayah tempat pengguna kami berada, dan demografi serta minat pengguna kami. Hal ini memungkinkan kami untuk lebih memahami siapa yang menggunakan Layanan kami dan untuk meningkatkan cara kami menyajikan konten di Layanan.
Targeting cookies
Cookies ini dapat diatur melalui situs kami oleh mitra periklanan kami. Mereka dapat digunakan oleh perusahaan-perusahaan tersebut untuk membangun profil minat Anda dan menunjukkan kepada Anda iklan yang relevan di situs lain. Targeting cookies tidak menyimpan informasi pribadi tetapi didasarkan pada identifikasi unik browser dan perangkat internet Anda. Jika Anda tidak mengizinkan cookies ini, Anda akan mengalami iklan yang kurang terpersonalisasi. cookies ini digunakan oleh perusahaan pengiklan untuk menginformasikan dan menayangkan iklan yang dipersonalisasi ke perangkat Anda berdasarkan minat Anda.
4. Definisi
- PosIND: Perusahaan PT Pos Indonesia (Persero)
- Pelanggan: orang-perseorangan, masyarakat, badan usaha, atau organisasi yang menggunakan layanan pengiriman surat, paket, logistik, dan jasa keuangan serta Layanan PosIND lainnya yang disediakan oleh Pos Indonesia.Untuk tujuan kebijakan ini, istilah Karyawan mencakup karyawan dan pensiunan PosIND saat ini dan sebelumnya.
- Informasi Pribadi: Setiap informasi yang berkaitan dengan individu yang diidentifikasi atau dapat diidentifikasi.
- Informasi Pribadi Sensitif: Informasi Pribadi yang mengungkapkan ras, etnis, pandangan politik, agama, kesehatan, orientasi seksual, keanggotaan serikat pekerja, data genetik atau biometrik, informasi tentang hukuman dan pelanggaran pidana, dan sebagaimana ditentukan oleh hukum.
- Situs Web PosIND: Situs Web PosIND dapat berisi tautan ke situs web pihak ketiga. Situs Web Pihak Ketiga ini semata-mata hanya untuk tujuan sumber informasi dan meningkatkan pengalaman Anda, dan Kami tidak mendorong, menganjurkan, menyetujui, menjamin, atau memperkenalkan pihak ketiga mana pun atau layanan/produk di dalam Situs Web Pihak Ketiga. Kami tidak akan bertanggung jawab mengenai kebenaran, keakuratan atau kualitas konten apa pun yang ditemukan dalam Situs Web Pihak Ketiga. Jika Anda memutuskan untuk mengakses Situs Web Pihak Ketiga, maka Anda dianggap menyetujui syarat dan ketentuan dalam Situs Web Pihak Ketiga dan Anda melakukannya atas risiko sendiri dan dengan ini melepaskan dan membebaskan Kami dari setiap kerugian dan kehilangan yang mungkin diderita oleh Anda.
Kebijakan Privasi LayananLayanan Kurir dan Logistik
1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi
Data Langsung dari Pelanggan
POS memperoleh data langsung dari Pelanggan saat membuat akun, menghubungi PosIND atau mengisi formulir. Data tersebut mencakup informasi data identitas, kontak, serta preferensi pengiriman. Jenis data langsung yang dikumpulkan antara lain:.
a. Data kontak : nama, nomor telepon, alamat, dan email.
b. Data identifikasi : ID unik, foto paspor, data biometrik (pemindaian wajah dan sidik jari) dan nomor jaminan sosial.
c. Data pengiriman : alamat pengiriman, dan dokumen pengiriman.
d. Data finansial : rekening bank, dan rincian pembayaran.
e. Data profil : preferensi pengiriman, dan riwayat pesanan.
Data Tidak Langsung
Data juga dapat diperoleh dari pihak ketiga seperti pengirim barang, yang memastikan akurasi dan kepatuhan hukum saat memberikan informasi kepada POS. PosIND Jenis data tidak langsung yang dikumpulkan, meliputi :
a. Informasi pengiriman: nama penerima dan alamat penerima.
b. Data kontrak: aktivitas dalam kontrak dan nama para pihak.
2. Pengolahan dan Penganalisisan
Pengolahan Data
POS memproses data pribadi Anda untuk keperluan operasional yang sah, seperti pelaksanaan kontrak, kepatuhan terhadap hukum, serta optimalisasi Layanan. Data diproses melalui berbagai sistem internal PosIND guna mendukung proses pengiriman, komunikasi, dan Layanan pelanggan.
Penganalisisan Data
Data yang dikumpulkan juga dianalisis untuk meningkatkan Layanan PosIND. Ini meliputi penggunaan umpan balik pelanggan, analitik situs web, dan cookies untuk mempelajari perilaku pengguna, preferensi pengiriman, serta untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.
Keamanan Data
POS melindungi data pelanggan dengan menggunakan firewall, sistem intrusi jaringan, dan pemantauan aplikasi. PosIND mengamankan data pelanggan dengan Teknik Pseudonimitas (pelindungan data dengan menghapus beberapa data sensitif) dan enkripsi saat menyimpan serta memindahkan data pelanggan.
3. Penyimpanan
POS akan menyimpan data Pelanggan selama masih dibutuhkan diperlukan untuk menjalankan Layanan, memenuhi kewajiban kontrak, dan kepatuhan hukum. Untuk memenuhi kewajiban hukum yang berlaku, PosIND akan menyimpan beberapa data Pelanggan untuk jangka waktu hingga maksimal 10 (sepuluh) tahun dan/atau sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Indonesia.
4. Perbaikan dan Pembaharuan
POS memberikan hak kepada Pelanggan untuk memperbaiki atau memperbarui data pribadi yang tidak akurat. Jika Pelanggan menemukan bahwa data yang disimpan oleh PosIND tidak benar atau sudah tidak relevan, Pelanggan dapat meminta mengajukan permohonan untuk perbaikan.
5. Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau Pengungkapan
Transfer data
POS akan membagikan atau meneruskan data Anda untuk tujuan yang tercantum dalam Kebijakan Privasi dan jika hanya diizinkan oleh hukum yang berlaku dan dengan pelindungan yang memadai. Kategori penerima data meliputi yaitu :
a. Pos Indonesia: Data Anda mungkin ditransfer ke Pos Indonesia untuk tujuan penyediaan dan peningkatan Layanan.
b. Mitra Bisnis: Kami mungkin perlu mentransfer data kepada mitra membantu dalam pengelolaan dan penyediaan Layanan.
c. Pihak Berwenang: Jika diwajibkan oleh hukum atau peraturan, data Anda dapat ditransfer kepada pihak berwenang.
Pengungkapan Data
POS tidak akan mengungkapkan data Anda untuk tujuan selain yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini tanpa izin Anda, kecuali jika diwajibkan oleh hukum atau diperlukan untuk tujuan yang sah.
6. Penghapusan atau Pemusnahan Data Pribadi
Penghapusan Data
Pelanggan berhak untuk meminta penghapusan data pribadi pelanggan dalam kondisi tertentu. Proses penghapusan data akan dilakukan sesuai dengan permintaan pelanggan dan peraturan hukum yang berlaku.
Pemusnahan Data
POS memastikan bahwa data pribadi pelanggan dihancurkan atau dimusnahkan dengan cara yang aman dan sesuai dengan hukum yang berlaku ketika tidak lagi diperlukan.
Prosedur Penghapusan
Untuk penghapusan data dari sistem PosIND Pelanggan harus mengajukan permohonan tertulis (bermeterai) kepada Pos Indonesia melalui email ke
Kebijakan Privasi LayananLayanan Jasa Keuangan
1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi
Perolehan Data
POS memperoleh data pribadi secara langsung dari Pelanggan atau melalui pihak ketiga. Data ini diperoleh, antar lain, saat Pelanggan mendaftar atau menggunakan Layanan jasa keuangan PosIND atau pada saat berinteraksi dengan Layanan pelanggan.
Jenis data yang di kumpulkan
a. Data Umum: Nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, kewarganegaraan, agama, nomor handphone, email, NIK, dan lainnya.
b. Data Khusus: Biometrik (sidik jari, gambar wajah), data keuangan (penghasilan, nomor wajib pajak), serta data terkait sesuai peraturan yang berlaku.
c. Data Penelusuran: Riwayat pencarian, interaksi di Layanan, serta preferensi pengguna.
Sumber Data
Data dikumpulkan melalui berbagai Layanan, termasuk situs web, aplikasi, media sosial, atau melalui komunikasi langsung antara Pelanggan dengan PosIND
Pemrosesan Data
Data yang dikumpulkan diproses untuk berbagai tujuan seperti personalisasi Layanan, pemasaran, evaluasi, kepatuhan hukum, dan program loyalitas.
Penyimpanan
Data yang dikumpulkan disimpan selama diperlukan untuk menyediakan Layanan atau sesuai kebijakan retensi data yang berlaku.
2. PENGOLAHAN DAN PENGANALISAAN
Pengolahan Data
Data pribadi yang diperoleh oleh PosIND diolah untuk berbagai keperluan, seperti personalisasi Layanan dan pemenuhan kewajiban hukum.
Penganalisaan Data
a. Profiling: Data digunakan untuk menilai risiko, memetakan preferensi, dan segmentasi Pelanggan berdasarkan data transaksi dan penggunaan Layanan keuangan PosIND
b. Evaluasi dan Peningkatan Layanan: Data dianalisis untuk mengevaluasi serta memperbarui fitur Layanan dari waktu ke waktu, guna meningkatkan pengalaman pengguna.
c. Manajemen Risiko: Analisis data digunakan untuk mengidentifikasi potensi risiko terkait Layanan keuangan yang diberikan, termasuk mencegah pencucian uang atau pendanaan terorisme.
Penggunakan Data Untuk Kepentingan Bisnis
Data dianalisis untuk pemasaran Layanan, promosi produk baru, serta penawaran program loyalitas seperti hadiah atau undian. Selain itu, PosIND juga menawarkan iklan dan promosi dari pihak ketiga yang bekerja sama dengan PosIND, berdasarkan analisis perilaku dan preferensi Pelanggan.
Keamanan Data Dalam Proses Pengolahan
POS memastikan bahwa data yang diolah tetap aman dan terlindungi dari akses yang tidak sah, dengan penerapan teknologi seperti Secure Socket Layer (SSL) untuk mengenkripsi komunikasi dan penggunaan sistem pengamanan berlapis.
3. PENYIMPANAN
Komitmen Penyimpanan Data
POS berkomitmen untuk menyimpan data pribadi Pelanggan dengan pelindungan terbaik selama data tersebut diperlukan untuk menyediakan Layanan.
Lokasi Penyimpanan
Data pribadi dapat dikelola, diproses, dan disimpan oleh pihak ketiga yang bekerja sama dengan PosIND baik di Indonesia maupun di luar wilayah Republik Indonesia, dengan tetap mematuhi peraturan dan kewajiban hukum yang berlaku.
Durasi Penyimpanan
POS akan menyimpan data pribadi sepanjang diperlukan untuk mencapai tujuan pengumpulannya, selama Pelanggan masih menggunakan Layanan, atau selama penyimpanan tersebut diwajibkan oleh kebijakan retensi data milik POS PosIND serta peraturan perundang-undangan di Indonesia.
Penghentian Penyimpanan
POS akan berhenti menyimpan data pribadi atau menghapus cara-cara yang memungkinkan identifikasi Pelanggan segera setelah tujuan pengumpulan data tersebut tidak lagi diperlukan, baik untuk keperluan hukum maupun bisnis.
4. PERBAIKAN DATA DAN PEMBAHARUAN
Hak Untuk Meminta Perbaikan
Pelanggan berhak meminta PosIND untuk memperbaiki, melengkapi, dan/atau memperbarui data pribadi yang ditemukan tidak akurat. Hal ini dapat dilakukan dengan menghubungi saluran komunikasi yang tersedia dalam Kebijakan Privasi PosIND
Kewajiban Pelanggan
Pelanggan dihimbau untuk turut berperan aktif dalam memastikan keakuratan dan pembaruan data pribadi mereka dari waktu ke waktu, guna menjaga kualitas Layanan.
Tindakan PosIND terhadap Ketidakakuratan
Jika terdapat ketidakakuratan dalam pemberian data pribadi oleh Pelanggan, PosIND berhak menghentikan Layanan dan/atau transaksi berdasarkan pengetahuan dan pertimbangan PosIND
5. PENAMPILAN, PENGUMUMAN, TRANSFER, PENYEBARLUASAN, ATAU PENGUNGKAPAN
Kerahasiaan Data
POS tidak akan menjual, menukar, menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, menyebarluaskan, dan/atau mengungkapkan data pribadi Pelanggan atau informasi apapun yang berkaitan dengan penggunaan Layanan PosIND kecuali diatur oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Pengungkapan Data untuk Kepentingan Hukum
Data pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan oleh PosIND dapat diungkapkan kepada lembaga pemerintah atau pihak lain yang berwenang berdasarkan undang-undang atau perjanjian kerja sama, termasuk untuk kepentingan:
a. Proses hukum yang sedang berjalan.
b. Pelindungan keselamatan PosIND, Pelanggan, atau orang lain.
c. Keamanan nasional, penegakan hukum, atau penyelenggaraan negara.
d. Pengawasan sektor jasa keuangan, moneter, sistem pembayaran, dan stabilitas sistem keuangan.
Audit dan Forensik Digital
Data pribadi dapat diungkapkan untuk kepentingan audit internal dan/atau forensik digital atas tindak pidana atau pelanggaran peraturan di lingkungan PosIND dan afiliasinya.
Pengungkapan Kepada Pihak Ketiga
POS dapat mengungkapkan data pribadi kepada pihak ketiga untuk memastikan Layanan kepada Pelanggan, seperti mendukung pemerintah atau pelaksanaan fungsi-fungsi negara. Pengungkapan ini dilakukan dengan menjaga keamanan data, sehingga tidak terjadi penyalahgunaan data pribadi.
6. PENGHAPUSAN DAN PEMUSNAHAN
Hak Untuk Penghapusan dan Pemusnahan
POS dapat menghapus dan/atau memusnahkan data pribadi Pelanggan dari sistem (right to erase) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau kebijakan retensi data milik PosIND atau atas permintaan Pelanggan.
Pengecualian untuk Penghapusan Data
Penghapusan tidak berlaku jika data tersebut masih diperlukan untuk:
a. Memenuhi kewajiban hukum.
b. Keperluan pembuktian di kemudian hari, pajak, audit, dan akuntansi.
c. Jika data masih berada dalam periode retensi berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Prosedur Penghapusan
Untuk penghapusan data dari sistem PosIND Pelanggan perlu mengajukan permohonan tertulis (bermeterai) kepada Pos Indonesia melalui email ke halopos@posindonesia.co.id agar proses pemusnahan data dapat dilakukan.
7. HUBUNGI PosIND
Pos Indonesia siap membantu dan menjawab semua pertanyaan yang mungkin Anda miliki mengenai Kebijakan Privasi ini. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan informasi tambahan, Anda dapat menghubungi tim Layanan pelanggan kami melalui:
a. Pos Call: 1500161
b. Email:
c. Instagram/Threads: @posindonesia.ig
d. X: @PosIndonesia
e. Facebook: Pos Indonesia
Kami dengan senang hati akan membantu menjawab pertanyaan serta menanggapi setiap kekhawatiran Anda mengenai Pelindungan Data Pribadi dalam penggunaan Layanan kurir, logistik, dan jasa keuangan dari PosIND serta Layanan PosIND lainnya.