Logo POSIND

About Us

Products

Media & Information

Kemitraan Bisnis

PPID

Contact Us

DJPPI Kominfo Mengadakan Lomba Menulis Surat Remaja Nasional

Poster Lomba Menulis Surat Remaja Nasional

Halo SahabatPos, siapa di antara kalian yang gemar menulis? Jika kalian tertarik untuk mengikuti ajang lomba menulis, kalian dapat bergabung dalam Lomba Menulis Surat Remaja Nasional yang diadakan oleh Direktorat Pos DJPPI Kominfo, lomba ini merupakan bagian dari partisipasi Indonesia dalam 53rd International Letter-Writing Competition for Young People 2024, yang diselenggarakan oleh Universal Postal Union (UPU). Acara ini telah dimulai dari tanggal 13 Februari hingga 7 Maret 2024.


Sejak tahun 1971, UPU telah mendorong para penulis muda berusia 9-15 tahun untuk menulis surat dengan tema tertentu dan memenangkan hadiah menarik. Kompetisi ini adalah cara yang sangat tepat untuk membuat para generasi muda menyadari peran penting layanan pos dalam masyarakat.


Sekretariat UPU, Biro Internasional, memilih tema disetiap tahunnya. Tema lomba pada tahun ini adalah "Pada usia ke-150 tahun, UPU telah melayani masyarakat di seluruh dunia selama lebih dari delapan generasi. Dunia telah banyak berubah sejak saat itu. Tulislah surat kepada generasi mendatang tentang dunia yang Anda harapkan untuk mereka warisi.”
Tema ini merupakan adopsi dari tema lomba yang diselenggarakan UPU yaitu "At 150 years old, the UPU has served people around the world for more than eight generations. The world has changed enormously since then. Write a letter to future generations about the world you hope they inherit."


Tema tersebut mendorong generasi muda untuk mengungkapkan pemikiran mereka mengenai tantangan global dan menawarkan solusi inovatif, sejalan dengan Agenda Bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain itu, juga untuk memperkuat solidaritas antargenerasi dalam membangun masa depan berkelanjutan, serta memungkinkan generasi muda untuk merangkul prinsip-prinsip Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030, untuk memberikan panduan visi tentang dunia yang lebih baik.
Sebagai referensi, tulisan pemenang lomba tahun-tahun sebelumnya dapat dilihat melalui website UPU:

www.upu.int.
Ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi sobat DJPPI untuk menyusun surat dengan lebih baik.
Bagi SahabatPos yang tertarik untuk mengikuti lomba ini, formulir pendaftaran dapat diakses melalui laman Brosur & Formulir Data Diri Lomba Menulis Surat Remaja Nasional 2024.
Informasi lebih lanjut dapat hubungi kontak di bawah ini:
1.    Fifik : 081295990654
2.    Effry.N : 081295990651
Melalui lomba ini, DJPPI Kominfo berharap generasi muda Indonesia dapat berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan penting kepada dunia, memperkuat ikatan persahabatan internasional, serta menginspirasi kolaborasi global untuk menciptakan solusi-solusi inovatif, sehingga dapat menjadi agen perubahan untuk masa depan yang lebih baik.

Pos Indonesia Logo

Follow PosIND

  • Icon Facebook
  • Icon Instagram
  • Icon Twitter
  • Icon TikTok
  • Icon YouTube
© PT Pos Indonesia (Persero) 2023